Romantic Doctor Teacher Kim : Halfway To Go, What Are You Waiting For?

Sudah separuh jalan drama ini mengudara, sudah cukup pula ratingnya naik sesuai harapan. Lalu apa yang tertinggal? Bagaimana kesannya? Ini bisa berbeda dengan yang diinginkan/diterima penonton lain ya.

Heroic novel-like drama which has title for their each chapter and somehow i have this feeling, that all title and pic just match with the episode story...

1 : Bagaimana memasukkan gajah ke dalam kulkas (hari-hari doker magang)
Dong Joo narration...
Zaman ketidak adilan. Zaman diskriminasi.  Zaman ketidakpuasan dan ketidakpercayaan. Menjadi peradaban di mana pasien terdiskriminasi berdasarkan siapa mereka dan berapa banyak uang yang mereka punya.



2 : Hari Terakhir Hipersekresi Adrenalin (PTSD Seo Jung tak akan terulang. Ini hari terakhirnya untuk meningkatnya adrenalin yang membuat jantung berdegup kencang)
Zaman diskriminasi. Zaman di mana keluargamu mendikte tempatmu di dunia ini melebihi kemampuanmu. Bahkan di rumah sakit, tempat yang seharusnya menghargai nilai kemanusiaan dan membantu yang lain menghadapi kesulitan mereka. Ada sistem  hirearki monarki di lingkungannya. Bahkan di bad ke-21.

3 : Jumat-nya 13 orang (lambang kesialan di hari Jumat bagi UGD Ddoldam)
Berapa lama waktu yang kau butuhkan untuk bisa jadi spesialis? Sekitar 20 jam sehari selama 11 tahun yang berarti 80.300 jam totalnya. Kau hanya akan menjadi spesialis setelah menghabiskan 80.000 jam belajar dan melayani sebagai residen (magang, koas). Kau juga harus melewati ujian nasional. Kau juga harus melakukan yang terbaik sehingga dapat memenuhi 11 tahunmu. Namun, masih ada yang belum pasti. Karena itu aku cemas dengan masa depan.

4 : Kondisi yang penting dan cukup (mengenai nasihat dan keputusan yang tepat – terlalu umum hehe)

5 : Prinsip ke-relatif-an (bicara subjektivitas dan pandangan indvidu)
Zaman ketika mendaki tangga adalah keseluruhan masalah. Orang-orang membelakangi nurani dan bahkan kemanusiaan. Hal itu tidak termasuk dalam perhitungan. Mereka membenarkan pengorbanan orang lain dengan mengatakan itu tak dapat dihindari. Orang-orang yang tak berkuasa tidak mau melawan keinginan orangyang berkuasa. Mereka tidak sepenuhnya mengabaikan kebenaran. Orang-orang itu membentuk sebuah kelompok dengan suatu ketertarikan dan mengatur dunia. 

6 : Motivasi (buat mereka jadi dokter). 
Sebenarnya tentang apa hidup itu? Orang-orang terlalu sibuk mengumpulkan uang untuk hidup sampai mereka bahkan tak tahu tentang apa sebenarnya hidup itu. 

7 : Faktor Tidak Stabil (titik kelemahan)
Zaman persaingan tiada akhir. Kau harus membunuh kalau tidak kau yang akan mati. Pertarungan untuk bertahan. Mereka bawa harga diri untuk mengalahkan lawannya. Dan dunia mendukung mereka untuk melakukannya. Jika kau tidak mengalahkan lawanmu, kau akan tampak rendahan. Ketakutan menjadi pecundang megnarahkan orang-orang memasuki dunia persaingan.

8 : Manifestasi kemanusiaan (speechless, judul ini sudah cukup bicara banyak)

9 : Batas kebaikan 
Zaman pengabaian luka. Orang-orang mau mengabaikan luka orang lain demi kepentingan mereka. Untuk menjaga harga diri mereka, mereka tak pernah peduli luka orang lain dan bahkan tak memperhatikan lukanya sendiri. Mereka semua membuang muka dari kenyataan dan luka mereka demi pertahanan diri. 

10 : Tabrakan (atas semua prinsip yang berbenturan, juga kekacauan)

Tambahan episode 11 dan 12 karena nggak sempet dipost minggu lalu :P

11 : Entropi secara Psikologi (wah ini istilah fisika, SWnim beneran ya! ada yang menyamakannya dengan kesemrawutan dalam suatu sistem fisika? tapi dari wikipedia kurang lebih besaran mengukur energi -dlm sistem per satuan temperatur- yang tak dapat digunakan untuk melakukan usaha. Jadi hmmm bisa lah nyambung ke narasi Dong Joo aja. Atau bisa saya sebut ketidakmampuan psikologi?)
Zaman penyembunyian kebenaran. Zaman pembelokan kenyataan dan penuh kebohongan. Dengan semua rumor tak berdasar dan gosip yang kejam, makna seorang manusia harus dipinggirkan. Apa yang nyata? Dan apa yang bukan? Kita bahkan tidak tahu mana yang sungguhan di dunia ini.

12 : Titik Didih (waktu meluapkan yang meledak ledak)


Melihat episode-episode ini, saya kemudian bertanya-tanya mengenai apa yang akan terjadi kepada mereka, karakter-karakter yang telah membangun drama ini menjadi sesuatu yang menarik. 

Kim Sa-bu
Semakin sempurna penggambarannya, saya rasanya semakin rela membiarkannya pergi di episode terakhir. Dengan kepergiannya, orang-orang yang selama ini ia bimbing akan menjadi lebih dewasa. Lebih bisa belajar mandiri. Cukup rasanya ia mendampingi mereka, saatnya mereka menunjukkan diri sendiri nanti. Akan lebih bangga ngeliatnya. Saya pun menyamakannya dengan Nanny 911 hehe. Di bread Love and Dreams dan What Happens with Family sang guru meninggal soalnya.

Entah dibuat meninggal atau pergi lagi ke suatu tempat untuk bertemu orang-orang baru karena ia melakukan kesalahan di kemudian hari, bisa jadi akhir drama ini justru memantik kemungkinan season baru. Drama ini cocok untuk itu di tangan SWnim sebenernya. Cuma nggak tahu juga kasus medis apa lagi yang bisa diangkat SWnim. Kalau dibuat macam Gods Quiz lumayan. SWnim God Quiz sudah tahu caranya bisa nyampe season 4 untuk drama itu. Kalau Kang Eun Kyung SWnim lebih suka agak makjang dengan kekeluargaannya jadi saya nggak tahu bisa lanjut season 2 atau nggak. 

Cerita Jang Hyun Joo saja belum diceritain sampai lebih dari tengah episode. Pemilihan nama Kim. Kenapa? Sampai kapan cerita ini diundur?

Dong Joo
Saya belum bisa bayangin akhir kisah cintanya bareng Seo Jung. Romance ala apa buat dokter yang pantas setelah sampai episode 12 mereka baru bisa gandengan tangan waktu salju pertama turun. Akankah ada kenyataan yang menguji kisah mereka? Misal Seo Jung beneran anak direktur Do? Trus Dong Joo tetep di Ddoldam atau bisa naik lebih tinggi lagi? Itu juga teka-teki.

Seo Jung
Selain cerita Hyun Joo, murid Kim Sa-bu yang meninggal, tes DNA yang dibawa-bawa sama In Bum juga belum kesampean. Sampai sekarang penonton dibuat bertanya-tanya benarkah apa yang diceritakan Seo Jung ke In Bum? Psikatri yang memeriksa Seo Jung sempat mengatakan ia diberitahu suatu hal oleh dokter Moon. Dan dokter Moon di deskripsi karakternya dikatakan mendekati Seo Jung karena suatu maksud. Kalau ini nggak terungkap sampai akhir, wah...hahahaha

Direktur Do
Sebelumnya saya bilang, sudah biasa kalau SWnim bikin karakter yang jahat banget. Di Bread Love and Dreams ada ibunya Ma Joon yang hadu endingnya dia ditinggal sendirian oleh anak-anaknya. Di Gu Family Book, juga ada karakter yang nggak bisa dimaafin, yang endingnya ya jelas berakhir di tempat nggak enak. Trus di drama ini ada lagi karakter gini. Sama-sama emang karena serakahnya sih, cuma sayang aja kalau nggak dijelasin lebih dalem kenapa bisa kayak gitu. Dia dokter soalnya. Beda sama chaebol di drama-drama sebelumnya.

Statusnya sebagai wali Seo Jung juga semakin kabur LOL

In Bum
Anak ini jarang banget muncul. Pertama kali muncul di depan Seo Jung masih bisa senyum, episode berikutnya dia cemberut lagi, terus mulai akrab lagi sama Seo Jung. Karakternya masih abu-abu pula, Moodnya gampang ganti. Jadi aneh aja buat saya. Sebenarnya dia orang seperti apa belum dijelaskan lebih jauh. Tapi kayaknya ada perhatian sih ke Seo Jung diam-diam.

Manajer Jo
Saya suka manajernya Bos Shin ini. Selain cantik dia pun pintar. Namun belakangan jarang hadir...kapan ya bisa ngeliat lagi.

Suster Oh
Melihat dia akrab dengan Seo Jung jadi ingin tahu bagaimana pertemuan keduanya. Bagaimana suster ini mengenal Kim Sa-bu juga bikin penasaran. Di deskripsi karakternya dia diketahui pernah menikah dan bercerai dengan Manajer Jang. Bener nggak sih? Atau saya aja salah baca wkwk. Ddoldam avenger ada banyak kan ya? Tapi yang penonton tahu masa lalunya cuma beberapa aja. Yaelah penonton banyak mau :P

Manajer Jang
Kadang kelihatan mendukung, kadang kelihatan nggak. Mencurigakan apa yang ia cari dan dapat di tempat sampah kantor Kim Sa-bu. 

Suster dari Geodae
Sampai kapan mereka di Ddoldam ya? LOL Sejak insiden kecelakaan 6 mobil yang bikin rusuh itu kayaknya adem-adem mereka ^^ Nggak tahu deh kelanjutannya. 

Suster Park
Pukulannya ke inspektur yang dikirim RS Geodae itu sempat memunculkan pemikiran kalau dia ahli banget pukul memukul haha. Ngaco ya kalau ngeliat dia juga diliatin ahli bantuin para dokter. Saya sampai mikir pekerjaannya dulu bukan suster cuma gegara adegan itu.

Yeon Hwa
Warga Cina yang sepertinya mahasiswa kedokteran ini belum balik, meski kehadirannya dinanti penonton. Haha gimana nggak, kalau dia keluar tanpa introspeksi berarti untuk bisa jadi kayak Ddoldam avenger lain. Sayang kesannya... Toh dia juga katanya jadi saingan cintanya Seo Jung - Dong Joo. Duh lebay bahasanya.

Mr. Go
Woaaaaaa kok kangen ya sama si mister. Penampilannya memang cuma sebentar, tapi bisa bikin trenyuh kalau liat badan gedenya diiringi sama sikap lembutnya ke pengunjung yang dateng LOL. Nggak tahu ke mana ngilangnya belakangan ini.

Direktur Yo Ddoldam
Diketahui kalau beliau temen Direktur Do, tapi malah akrab sama Kim Sa-bu. Pernyataan suster Oh yang mengatakan kalau cuma Ddoldam RS yang bakal menerima Kim Sa-bu, jelas memunculkan pertanyaan, bagaimana mereka bisa menerimanya di sana. Tanpa sepengetahuan Direktur Do selama beberapa tahun.

Dokter Song
Kaki tangan Direktur Do ini nggak tahu mau dibahas apanya haha. Kayaknya nggak bisa balik jadi orang baik, sih kelihatannya ._.

Ibu Dong Joo
Saya tahu beliau nggak bisa muncul sering-sering di drama. Karena banyak banget karakter di drama ini. Bayangan saya nanti muncul lagi kalau Dong Joo pacaran sama Seo Jung haha. Kapan banget itu kejadian?

Dokter Jung In Soo
Sunbaenim ini juga ngangenin lho. Humornya dapet. Meski nggak terlalu heroik karena masih kelihatan capek tiap dapet banyak pasien, tapi karakternya realistis hihihi. Harapannya dia nggak lama di Ddoldam biar nggak kasihan keluarganya ditinggalin lama #eh

Dokter Nam
Ini juga temennya Kim Sa-bu udah lama. Mantan dokter Geodae juga apa bukan ya? Kayaknya kok nggak kalau lihat restorannya buka sejak lama

Bos Shin
Selamat atau tidak. Bos yang battere jantungnya ini mau diganti akankah berhasil melewati operasi atau tidak. Direktur Do soalnya mengerikan. Entah rencana apa yang mau dia laksanakan supaya Kim Sa-bu tercekal dari dunia kedokteran. Jika selamat, apa yang kemudian akan dia lakukan terhadap Ddoldam? Bisakah Ddoldam tetap bertahan melawan keserakahan direktur Do hanya dengan bantuan Bos Shin? Bagaimana caranya?

Mungkin banyak pertanyaan lain terlintas mengenai bagaimana drama ini berakhir. Meski sudah menembus rating 20%, belum ada bau-bau penambahan episode. Biasanya emang SBS jarang sih. KBS yang sering. Dulu drama SWnim What Happens with This Family dapet penambahan episode di KBS. Tapi kayaknya yang ini nggak. Dengan sisa kurang lebih 8 episode, bisa dapet cerita yang memuaskankah?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Daughter Seo Young - "Ahjussi" Episode 15 - 24

My Daughter Seo Young - Jealous Episode 15

Spesial Spoiler Ending My Daughter Seo Young Episode 16 - 30