Review Romantic Doctor Teacher Kim Episode 20

Sebelumnya: Review Romantic Doctor Teacher Kim Episode 19

Oke, selesein yang ini dulu sambil inget-inget dulu waktu tayang episode terakhirnya gimana feelnya haha.

Jadi episode 19 kemarin berakhir dengan adegan terlukanya Direktur Do dan Kim Sa-bu akibat terkena pecahan hiasan es yang jatuh menimpa mereka. Syukurlah keduanya baik-baik saja. Tidak terlalu parah karena Kim Sa-bu masih mau mengoperasi pasien baru yang datang ke RS mereka.

Tapi yang khawatir tentu anak-anaknya. Kalau direktur Do punya In Bum, Kim Sa-bu punya Yoon Seo Jung dan Kang Dong Joo. Kim Sa-bu kan dirawat di Geodae tuh karena peristiwanya di Geodae, di situlah dokter Yoon bertemu dengan suster yang dulu sempet dicurigai punya hubungan spesial sama tunangannya Seo Jung. Dari sini penonton udah gemes banget mau tahu kebenaran hubungan mereka bertiga. Mana Dong Joo juga nggak bilang apa-apa (udah nebak sebenernya Dong Joo bakal nggak cerita. Soal In Bum yang bohong soal pengalamannya saja dia nggak ngaduin, apalagi soal hal yang belum dia ketahui secara utuh). Tapi apa? Meski agak yakin penulis bakal memperjelas status mereka, nyatanya penonton Cuma dikasih tahu kalau suster sudah punya anak yang lucu berusia 5 tahun yang mirip banget sama anaknya. Lah. Lima tahun adalah waktu Seo Jung meninggalkan Geodae sejak kematian tunangannya, jangan-jangan.... Diliatin lho Seo Jung mikir.


Pertanyaan yang menggantung karena tidak terjawab jelas.

Yang saya kagumi di sini adalah akting Yang Se Jong. Cukup meyakinkan untuk ukuran aktor baru berkonfrontasi begitu di depan ayahnya. Ia menitikkan air mata mengatakan keinginannya. Meski dulu dia merasa nyaman dengan nama ayah yang selalu ia bawa, tapi setelah dikenal dengan namanya sendiri ia justru makin senang. Ia jadi ingin seperti itu mulai sekarang. Yang Se Jong cute banget!

Nggak Cuma Seo Jung yang cocok banget jadi dokter (yang friendly ke semua pasiennya), tapi In Bum juga cocok jadi senior buat Yeon Hwa. Dia tegas. Beneran udah dicek belum alerginya. Jangan bilang mungkin. Awwww berasa real. Siapa hayo yang pernah diginiin sama kakak tingkatnya?

Dan sementara itu chemistry Kim Sa-bu sama junior-juniornya seperti Dong Joo dan Seo Jung beneran nyentuh banget. Ngeliat dia percaya sama mereka semua di Doldam beneran heartwarming. Pingin rasanya punya senior macam Kim Sa-bu TT.TT

If I say it’s okay, then it’s okay. Aih!!! Positive banget jadi orang. Makanya OSTnya pun judulnya It is Always Okay. Terharu lagi kan ini, hadu. Please give that award to Kang Eun Kyung SWnim, Baeksang. Cerita Noh Hee Kyung bakal seterusnya tentang keluarga, Kim Eun Sook juga bakal ngehit lagi dramanya apapun itu apalagi setelah dia sukses besar sama drama fantasinya. Penulis Park Hae Young juga baru mulai dengan drama pendek macam Another Oh Hae Young jadi maybe ke depannya dia masih bisa bikin, tapi Kang Eun Kyung? Saya kok ngerasa Cuma ini drama tentang guru yang ia tulis spesial untuk anak muda di luar sana tanpa kemakjangan rahasia kelahiran (rahasia kelahirannya Seo Jung aja nggak di bahas di drama ini)? Tahun ini aja biar dia menang penghargaan sebesar ini. *maksa

Beralih ke barley tea couple. Mereka masih dapet bagian yang sedikit di episode ini. Tapi seperti biasanya tetep manis. Untuk pertama kalinya Seo Jung tersenyum mengiyakan Dong Joo yang mengatakan sayang padanya haha. Momennya pas sih. Pas ketahuan kalau Seo Jung sama Dong Joo itu ada yang nyukain di Doldam. Mungkin yang paling diarepin itu momen Seo Jung bales bilang dia juga sayang Dong Joo ya. Tapi meski kecewa hal itu nggak terjadi, rupanya SWnim lebih tahu gimana cara naruhnya di drama ini :P

Ekspresi Dong Joo waktu ngeliat Seo Jung nggak gemes sama perkataannya yang cheesy dapet banget! Senyum bingung tapi seneng hahahaha. Suka sama akting Yoo Yeon Seok kan jadinya. Dua orang ini meski umurnya udah segitu tetep gemes liat mereka.

Gambar sampul episode ini adalah ikan paus yang menyemburkan balon dengan awan-awan di sekitarnya. Hihihihi. Mempertahankan romantisme. Bener kalau ini happy ending. Udah kerasa mulai awal.

Cerita pasien di sini yang pertama soal artis daerah yang bawa asisten dan mengeluh sakit. Padahal yang sebenernya sakit parah tuh asistennya. Ealah. Yang kedua adalah seorang pasien penyakit jantung yang tetep berkarya karena tahu bisa mati kapan saja. Yap! Pesan tersirat.

Eh In Bum bilang tipe idealnya Seo Jung lho! Hahahahaha kayaknya tuh anak emang sepi banget hidupnya sampe suka ma cewek yang banyak ngomong kayak Seo Jung. Ehem dan berdedikasi sih sama kerjaannya^^

Ada lagi nih cerita direktur Do yang diceramahin ma Kim Sa-bu. Hehe beda tingkatan emang dua orang itu. Satunya mikir untung, satunya mikir betapa berharganya nyawa seseorang yang seolah di tangan mereka. Lebay sih sebenernya. Tapi emang gitu kebenarannya. Nggak semua orang mau jadi dokter karena uang dan mereka udah tahulah tanggung jawab apa yang menunggu mereka. Jadi, bisa dikatakan romantis? Mereka mementingkan yang lain dibanding diri mereka sendiri?

Nggak Cuma Kim Sa-bu yang bangga sama timnya di Doldam. Direktur Yeo sebagai pimpinan pastinya udah terbang kali ke awang-awang liat anak-anak muda yang keren begini. Mana komiknya tentang dedikasi dokter ini udah jadi lagi. Tambah mewek...akankah season 2 RDTK muncul dan bikin mewek lagi?

Kertas putih yang menunjukkan dunia baru yang tercipta dari seorang dokter jadi jawaban. Esok masih putih. Jadi mau isi apa hari esok?

“Aturan mempertahankan romantisme. Tidak memercayai sesuatu meski semua orang tahu itu ada. Dan mereka masih mengharapkan seseorang untuk dilindungi. Menjalani hidup berarti berjalan di atas jalan yang berbeda setiap hari. Menghadapi realita meski kau suka atau tidak. Mungkin seseorang tidak bisa menemukan jawabannya dengan cepat, tapi Kim Sa-bu selalu mengatakan agar tak berhenti mempertanyakan untuk apa kau hidup. Karena momen ketika kau menyerah mempertanyakan itu, adalah akhir dari romantisme kita.”

Narasi Dong Joo berakhir di sini menunjukkan bagaimana cerita drama memang sudah tamat dan betapa so sweetnya ketika episode depan yang membaca narasi adalah Seo Jung. Ini ide siapa sih? Passsssss. Kalau emang Kang Eun Kyung mau main sama Seo Hyun Jin lagi, maybe ini tandanya. Siap siap untuk female center buat drama terbaru Kang Eun Kyung.

Yang saya tangkap dari narasi Dong Joo terakhir:

Saya akan artikan romantisme itu kebaikan. Meski dunia seolah sudah tidak percaya romantisme/kebaikan itu ada di zaman sekarang, masih ada orang-orang yang ingin melindungi orang lain. Karena itu jika kau berhenti mempertanyakan untuk apa hidup di dunia ini, maka di saat itulah romantisme/kebaikan berakhir. Sebab tidak ada lagi yang mengingat tujuan hidupnya.


Kadang mikir, penulis penulis yang kayak gini dalemnya mikirin pesan yang mau ia sampaikan tentang kehidupan, seperti apa kehidupan mereka sendiri.

Berikutnya: Final Review Romantic Doctor Teacher Kim Episode 21

Artikel terkait

Comments