Review Korean Drama Where stars Land Episode 31-32 (final) + EPILOGUE

Sebelumnya: Review Where Stars Land episode 29-30

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to other site. Take out infos and link with credit. You're a good person.

I didn't expect this post will burst out like now. Because my previous didn't.

Come here to let you know, I need some time to write all my thoughts. So it can't be now. After watching the last episode, the feels are too much lingering in my mind lol. Thank you.

Rata-rata rating episode final ini 9.7 hampir sama dengan rating episode sebelumnya. Rata-rata rating seluruh episode sekitar 8.5
Now, every time I go to the airport, many people who are working in the invisible place, seem I'd like to think about it. Thank you for the viewers who have been together for a long time. -Lee Dong Geun (rough trans from original article ©tenasia)
Eh btw sampai siang sebelum episode terakhir ditayangkan, editingnya belum selesai? ©dolpoooh ig

Review Korean Drama Where Stars Land Episode 31-32 (Final)


Credit: SBS

"Kita semua hanya lewat..."

Gimana, gimana,  kesannya? Saya sih suka hahaha. Judulnya mana pas banget buat ending. Meski ya, mirip sama 100 Days My Prince, episode terakhir ini agak antiklimaks. Tidak diketahui apa isi harddrive itu dan bagaimana In Woo bisa terus bersama orang-orang ini. Dan mereka juga tidak ditangkap polisi. Seolah tertutup begitu saja kejahatan mereka ranpa terungkap lebih jauh. Dasarnya penulis yang memang belum terlalu bisa dalem kalau bikin cerita kriminal dan mafia sih. Maklum mah kalau saya.😅 Udah sering nonton drama beliau.

Tapi selalu, kehangatan keluarganya tuh dapet! In Woo yang melihat Soo Yeon, adiknya terkepung, akan dihajar, tidak lagi bersikap heran akan kekuatan yang Soo Yeon miliki. Bisa dilihat betapa ia mengkhawatiran adiknya. Begitu pula Soo Yeon, ia tidak lagi melihat kakaknya sebagai komplotan orang jahat, melainkan seorang kakak yang masih menyayanginya. 😣 Nonton adegan mereka nyesek.. Berkaca-kaca mata saya haha. Soo Yeon langsung lemes sepulangnya dari menghajar 21 pria. Ia sangat kuat untuk menyusul kakaknya. Kekuatan yang tercipta saat ada kemauan 👏

Mereka kakak adik yang ternyata tidak mudah masa mudanya. Soo Yeon harus hidup sendrian 2 tahun setelah kecelakaan, ditinggal ibunya yang menikah lagi ke Amerika. Sementara ayah In Woo tak terlalu peduli padanya. Berdua menjalani hidup (seolah sendiri) tanpa merasakan cukupnya cinta orang tua, tahukah bagaimana memberi cinta ke orang lain? Tidak ada yang mengajarkan mereka caranya. Lee Je Hoon seneng main action kayaknya... dia seneng bisa ikut drama Where Stars Land. Sampai bilang Lee Je Hoon minus Lee Soo Yeon itu sama dengan 0 😭 segitunya! 

Buktinya sih bisa ya? In Woo dan Soo Yeon romantis banget tuh. Saling menyelamatkan satu sama lain 😭😭😭

Cinta Lee Soo Yeon ke Yeo Reum juga kelihatan kan? Yeo Reum bisa sangat merasakannya. Ia sampai tak mau Soo Yeon pergi atau menghentikan keinginan Soo Yeon untuk terus mengenakan alat bantunya. "Apakah tidak apa-apa orang lain menghentikan hidup yang ia pilih, menentang keinginannya?"

Saya nggak tahu apa mereka menganggap rs Korea nggak bisa nangani Soo Yeon yang sudah parah.. Kenapa harus Amerika tujuan pengobatannya, 

The most fav words:
"Saya dengar anda pensiun hari ini."

"Ah.. Bukan apa-apa. Kita semua akan melaluinya kok. Kita tak ada bedanya dengan para penumpang itu. Seperti mereka yang hanya lewat sini untuk pergi ke tempat lain, kita di sini untuk sementara saja sebelum berpindah. Tidak perlu merasa terikat." 😊

"Tidak bisakah kau tetap di sisiku? Aku kan jadi kaki dan tanganmu."

"Kenyataan.. Akan lebih sulit dan berat dari apa yang kau pikir. Ketika berhadapan dengan kenyataan, kau akan kelelahan. Aku tak ingin membawamu ke sana."

Huhuuuu Lee Soo Yeon tahu karena udah ngerasain terbatas ini itu. Makanya dia mau melepas Yeo Reum, anggap saja dirinya sebagai orang yang lewat di hidup Yeo Reum. Udah cukup kok diingat sebagai orang yang pernah mencintainya ㅠㅠ Akting melonya Chae Soo Bin dan Lee Je Hoon 👍 Mereka kelihatan sangat soft. 

Eo-nya Soo Yeon bikin keinget Soo Jung Romantic Doctor Teacher Kim. Sama kayak iyakan? Bukankah begitu? Kalimat yang suka dibilang Dong Joo nggodain Soo Jung di sini diucapin Yeo Reum.

Ada adegan Romantic Doctor Teacher Kim lagi di episode ini wkwk. Kamu sudah bangun? Kapan? Barusan? Wah sudah tidak panas. Aku mau buatkan makanan ya? Sejak kapan kalian pacaran? Hahahahaha.

Nggak hanya itu, Lee Soo Yeon juga pakai alat seperti squishy buat ngelatih tangan kirinya biar nggak kaku. Tangan kanan yang biasa ia pakai soalnya sudah tidak bisa digerakkan sejak kecelakaan tempo dulu.

Hubungan manager Tim Yang Seo Goon dan kepala satuan keamanan Choi Moo Ja akhirnya terungkap. Mereka suami istri yang pernikahannya di ujung tanduk. Sepertinya Seo Goon sering tidak cocok dengan beberapa keputusan Moo Ja. Hihihi kalau di episode ini ya menyangkut Soo Yeon. Soo Yeon dibiarin ke sana sendirian tanpa temen karena ia percaya dengan In Woo yang bilang akan menanganinya. 

Mmm se-nggaknya kali ini Seo Goon nggak sendirian minum-minum melepas kesedihan. Ada Moo Ja di sampingnya, menepuk pundaknya pelan. Dan panggilan Seo Goon-ah itu hahaha enak bener didengernya.. Kok bisa masih senyum habis ditampar. Gubrak dah.

Manager Tim Yang merasa dirinya seperti sampah nggak bisa bantu Soo Yeon apa-apa itu woah, nggak terkatakan. 

wait wait, apa maksud kembali ke markas btw? NIS?!! 

Oh ya, banyak yang terhenyak tahu mereka pasangan? Saya malah sudah yakin dari awal lol. Yang nggak nyangka ya apa hubungan mereka dengan In Woo. Kok nggak diceritain? Masa season 2? 

Di akhir episode kemarin, Dae Gi dan tim keamanannya diminta memberi jalan buat  sekelompok gangster yang alasannya ingin mengajak bicara Soo Yeon di tempat lain, luar bandara. Dari sini saja sudah kelihatan judulnya, biarkan mereka lewat.

Dae Gi yang kesal keren banget wkwk. Mengepalkan tangannya, banting loker, nekat minta kunci mobil rekannya buat ngikutin Seo In Woo yang hendak menyusul Soo Yeon. Ngerti kan yang dirasain Young Joo ketika melihat sendiri penjahat kabur di depan matanya dulu? Young Joo ngulang apa yang dbilangin Dae Gi dulu. "Kita bukan polisi," LOL.

Yang nguntit penjahatnya btw untung nggak ketahuan ya, kayak deket banget soalnya hehe. Dae Gi juga nggak markir mobil. Ditaruh di tengah jalan aja gitu^^" Takut ketahuan kali.

Young Joo perhatian cie cie tanya Dae Gi luka apa nggak, padahal mah saya aja yang baper 😂 Dua orang ini lucu dasar (Lee Soo Kyung  dari sananya emang cute. Liat aja vlivenya Kim Kyung Nam sama postingan ignya sendiri) Kan Young Joo sama Yeo Reum tinggalnya bareng kenapa malah jalan pisah sama cowok rekan kerja masing-masing? Ada yang nyadar nggak sih warna bibirnya bisa sama. Ini siapa yang make up.in? Atau efek editan jangan-jangan. 

Pokoknya ohna couple (Oh Dae Gi-Na Young Joo) ini paling nggak nyangka perkembangannya dibanding awal-awal episode. Kayak: kok bisa sih mereka saling suka hahahahaha. 

Terakhir, percakapan manager Tim Lee sama direktur emang ngademin. Kita semua bukan apa-apa, cuma orang lewat, aku nggak tahu keputusan yang akan dibuat penerus kita, tapi untuk sekarang aku percaya melindungi tempat ini (bandara) seperti seharusnya adalah tugas kita.

So cool manager Tim Yang di sini. Tenang kayak aer, meski menghadapi direktur yang udah meluap-luap. Karismanya makin keluar. Tambah cantik. 

Endingnya Soo Yeon jadi buka resto Yeowoo Gaksibyeol yang dimulai ayah Yeo Reum dulu? Ayah Yeo Reum sepertinya memang bekerja sebagai pekerja bandara? Nyambi kreator buku cerita anak dan pemilik resto heol..

Kenapa Ayah menamai restonya Fox Bride Star, karena baginya itulah tempat bintang-bintang kembali. Dan mungkin putrinya suatu hari nanti..

Akhir kata: Eun Seob teman sejati. Selalu ada di samping Yeo Reum bila dibutuhkan. Apa bisa cowok dan cewek jadi temen aja? Bisa. Seperti mereka^^

"Bintang-bintang tak terhingga lewat hari ini. Tempat yang mereka selalu lewati.. Ke pengantin serigala itu, ia kembali." bandara Incheon.

Trivia
"Peran yang ditawarkan ke Lee Je Hoon, Kang Ki Chan, bekerja di tim perencanaan operasional. Meski begitu keinginannya untuk bekerja di dunia penerbangan masihlah ada. Dan ia kemudian bertemu dengan Yoon Seo Wool." ©soompi on June

Jadi lagi lagi sepertinya ada perubahan cerita (read artikel sebelumnya). Mungkin saja ide disabilitas dan karakter utama sebagai staf pelayanan penumpang sebelumnya tak pernah ada. Bahkan seorang Yeo Reum. 

Namanya berarti musim panas dan dengan ini jadi kepikiran kenapa penulis menamainya Yeo Reum. Ingat festival tanabata Jepang? Tradisi yang disebut chilseok di Korea (aslinya punya cina, Qixi fest) tentang dua bintang yang hanya bisa 'bertemu' setahun sekali ini hanya terjadi di bulan ketujuh penanggalan Cina yang biasanya jatuh di musim panas. 

Begitulah. Lalu nyambung (atau saya sambung-sambungin? Wkwkwk) dengan judul di posternya. "aku bertemu denganmu yang mengingatku" hehehe. Yeo Reum dan Yeowoo Gaksibyeol, indeed fairytale.. Kalau dikaitkan jadi:  Yeo Reum mempertemukan, Soo Yeon dan In Woo? Haha ngarang. Coba ada yang nerjemahin interview penulis nanti.



Saya beneran penasaran sama isi dongeng yang dibuat ayah Yeo Reum. Epilognya siapa yang nerjemahin coba TT.TT
*Ketika drama ini tayang, saya suka mampir ke webpage Naver untuk baca-baca artikelnya. Tapi sehari setelah drama ini tayang, saya kaget menemukan epilog yang tidak masuk episode finalnya.. and it seems many people also don't know about it. That's why I share it here with help from Lee Jehoon Global Fanbase as tagged there in video

Sekedar info, Knetz kurang suka sama ppl di episode ini. Haha mereka nggak suka emotional episode begini jadi keganggu wkwk. Banyak juga yang komen kualitasnya menurun. Kok nggak diliatin wajahnya Soo Yeon full. Tapi mereka suka akting 2 otp. Terus ada yang nyevote minta season 2. Credit to melohwa. 

Terlepas dari cerita masing-masing karakter yang kurang diceritain backgroundnya (apalagi hubungan Kepala Tim keamanan Choi Moo Ja, manager tim pelayanan penumpang Yang Seo Goon, dan Seo In Woo yang disebut terus namun nggak dijelasin), drama ini tetap berkesan. Saya akhirnya ngerasain sendiri bagaimana sebuah drama yang memulai dan meneruskan perjalanan sesuai dengan style saya (pengambilan gambar, akting, skenario, efek musik dan cahaya) akan tampak baik-baik saja meski penutupannya tak bisa mencapai ekspektasi. Bias? Mungkin ada pengaruhnya.. Sekarang pun masih nyaman nonton romansanya meski lebih banyak yang suka second couple. Perkembangan otp utama nggak tahu kenapa lebih ngena aja. Saya lebih ngerasa gimana dengan perkembangan second otp. Udah hilang si sunbaenim dan hoobae cool yang di episode kedua mengagumkan sekali, karena keduanya sering diberi scene manis hehe. Ketika banyak yang minta adegan manis mereka nggak sebatas ini, saya lebih suka mereka cuma sebatas ini dulu. Lebih cocok sama imej yang udah nempel ke saya^^

Terimakasih sudah mengenalkan banyak tokoh dengan kemampuan aktor-aktor yang potential.. Saya maklum juga kenapa mereka membiarkan Soo Yeon kembali dengan normal. Tidak lagi di kursi roda.  Mungkin hendak menyampaikan bahwa masih ada harapan untuk mereka yang senasib dengan Soo Yeon ^^ Next project,

Selanjutnya: Kumpulan Review Korean Drama Where Stars Land / Fox Bride Star episode 1 - 32 (Final) 

0 Response to "Review Korean Drama Where stars Land Episode 31-32 (final) + EPILOGUE"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the others mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!

*Pssssst I'd like you to join my little survey here, wanna know from what fanbase you come.. so "who's your favorite actor/es from this drama?"