Review Korean Drama Black Dog Episode 1

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to other site. Take out infos and link with credit. You're a good person.

Komentar seo hyunjin dalam wawancara dengan agensinya di channel YouTube soop management, "Saya juga menunggu lama untuk bisa bertemu drama seperti Black Dog. Saya harap pesannya dapat tersampaikan dengan baik sebagaimana saya menyukainya."




Teaser yang cukup mengesankan. Saya sendiri sudah merasakan kesedihan dari situ.



Teaser kedua meski punya bgm yang lebih santai, masih impresif dan menarik keingintahuan. Sudah mulai menunjukkan realita.

Saya lebih suka nyeritain Black dog (meski lebih banyak yang ngeklik rdtk) karena ide ceritanya yang baru. Guru. Ditunjang dengan favorit saya yang main di sana serta akting pemain lain, plus musik bagusnya, saya betah nonton. Meski yah akhirnya setelah nonton malah males re-watch untuk bikin review 😬 padahal pingin ngeshare.. Jadi maklum kalau saya akan lambat bikinnya.

Poster utama drama ini berbunyi kurang lebih,
Mungkin aku akan tahu kalau sudah jadi guru
Mari kita melewatinya bersama.. 

Episode ini nyeritain proses Go haneul (Seo hyunjin) untuk menjadi guru. Walaupun hanya guru kontrak. Ia terinspirasi guru kontrak yang menyelamatkannya tanpa pamrih (tidak ada kompensasi atau ganti  asuransi/jaminan yang didapatkan seorang guru kontrak). Ia tidak mempermasalahkan tidak diangkat menjadi guru tetap. Mungkin di sini ya, letak ketidak relatable-an beberapa penonton. Apakah ada yang senaif haneul? 

Drama dimulai menggambarkan lebih panjang cerita teaser 1. Aktris yang memerankan go haneul (seo hyunjin) muda adalah hasil audisi terbuka dari pihak produksi dan merupakan aktris musikal. Mirip kan?

Saya suka feelnya. Entah.. berasa dekat. Apik pemandangan dari atas. Juga, itu hp jadul masih aja dibuat ngerekam hehe. Terus yang kehilangan sinyal di terowongan. Lupa mgepack barang. Relate.

Btw mobil mogok(?) di dalam terowongan nggak ada penumpangnya kan? Udah ditabrak truk, ditabrak bis pula.

Waktu kecelakaan tuh nggak kerasa blockbuster gimana (memang dibikin demikian), tapi waktu meledak, boom! Di situ baru yang woa.

"Hitung mereka, ada 30 orang." 

Oh ya, bisa dilihat di balik layar adegan kecelakaan busnya di ig staf jongu4368.

Guru kontrak yang mengajar dan menyelamatkan haneul di sini dimainkan im taeho yang juga berperan sebagai tunangan Yoon Seojung (Seo Hyunjin) yang meninggal di romantic doctor teacher Kim 1 episode 1. 

Pak guru Kim Yongha namanya, bahkan tidak boleh disebut sebagai guru Daechigo untuk laporan kecelakaan(?). Jelas ibu Pak guru (memerankan ibu Jungin di one spring night sebelumnya) tidak terima. Putranya keluar dari perusahaan karena kepsek menjanjikannya pekerjaan guru dan ia sampai 3 tahun bekerja di sana, lalu balasannya begini. 

Drama_joha ig pernah memposting kalau hal yang sama juga terjadi pada guru kontrak yang terlibat kecelakaan kapal sewol. Guru-guru kontrak yang telah melakukan tugasnya dan gugur dalam tugas tidak mendapat timbal balik yang setimpal, tak sama dengan guru tetap. Sampai ada aksi kalau nggak salah..

Haneul remaja melihat perdebatan ini. Iya, di usia semuda itu. Saya bisa mengerti darimana tekadnya yang kuat untuk menjadi guru berasal. Meski ia harus menghadapi tudingan (di sana ada portal forum tempat guru sampai bisa menghembuskan rumor ckck) diterima masuk  penerimaan guru kontrak karena koneksi (dengan pamannya) oleh satu sekolah. Haneul.. Kakinya bahkan lemas dan terjatuh, di hari itu-hari pertamanya sekolah-hari pertamanya makan sendirian.

Makan sendirian di sini bisa digambarkan bentuk diskriminasi. Tidak ada yang menemaninya.

Nepotisme. Pernah ada cerita serupa. Pencipta Mario Bros. Ia juga mendapat tudingan serupa tapi berhasil membuktikan dirinya kompeten untuk mendapatkan posisi tersebut. Nepotisme tanpa kemampuanlah yang dianggap salah.

Haneul sudah mau mengundurkan diri. Tapi lalu pamannya yang merupakan adik ibunya mengingatkannya kembali soal  pertarungan hebat mendapat pekerjaan di luar sana. Dan haneul memilih keluar? Bertahanlah untuk dapat pengalaman setidaknya 😭

Saya salut banget dan mau mengabsorbsi semangat haneul. Really! Dia belajar sungguh-sungguh dan punya pengalaman ngajar selain bekerja paruh waktu pula. Persaingan ketat ditunjukkan. Ketika ia melamar kala itu sudah ada 100 orang yang melamar untuk sebuah posisi guru. Jumlah yang mungkin akan bertambah. Sebelum anak-anak masuk setelah liburan, ia juga lembur di sekolah mempersiapkannya. 

Saya suka diperlihatkan bagaimana senangnya ia saat dipanggil wawancara sampai ga konsentrasi di tempat kerja paruh waktunya. 

Hal lain yang saya suka adalah bagaimana mereka lebih memilih merekrut guru muda yang tidak terlalu tahu persoalan guru kontrak. Guru yang berpengalaman kebanyakan melarikan diri dari pekerjaan itu. Mereka sudah tahu kelemahannya. 

Bertahun-tahun berlalu, saya tidak menyangka kalau haneul akhirnya malah akrab dengan istri pak gurunya. Merasa bersalah? Tapi bukankah melihat haneul bisa mengingatkan kejadian menyakitkan lampau? Nyonya Song, istri beliau sepertinya berkali-kali 'mengusir' haneul, namun haneul gigih terus kembali. Setidaknya menemaninya yang sudah kehilangan pasangan hidup. Ngomong-ngomong, apa keluarga haneul tahu soal kedekatannya dengan nyonya song?

Episode 1 berdurasi 86 menit. Cukup panjang dan gamblang. 

Termasuk tentang catatan siswa di rapot yang tidak boleh sama untuk setiap siswa karena hal ini dapat mempengaruhi penilaian untuk masuk perguruan tinggi.

Penonton ditunjukkan ada tim pra perguruan tinggi, Tim kelas senior terdiri dari guru wali kelas 3, dan Tim pengembangan kreatif (cmiiw) yang berkaitan dengan aktivitas club. Tim pra perguruan tinggi yang diketuai Park Seongsoon (Ra Miran) lumayan disegani disebabkan kepemimpinan beliau. 

Mmm.. Guru juga manusia. Mereka punya keluarga dan hal hal trivia yang mereka sukai. Termasuk girlgroup hehe.

Satu lagi yang saya notice adalah setelan haneul yang dipakai interview. Kata ayah haneul itu dibeli Ibu. Tapi kenapa selanjutnya malah ada pelanggan yang komplain karena setelannya nggak ada?

Feel interviewnya dapettttt. Tegangnya, sedikit kesalahan.. (sampai kepikiran di rumah)  Namun saya nggak seconfident haneul. Dia pinter sih ya. 

Ia membahas kemungkinan karya yang jadi soal ujian sbmptn dan yang bukan. Heol.

Yang melihat bagaimana ia beradaptasi sebagai guru baru juga mengagumkan. Cukup cepat.

Episode 1 mendapat tanggapan yang baik. Ostnya juga sempat trending di melon search. Salah satu situs online streaming musik. Yang dimainkan adalah lagu klang berjudul horizon. Ost part 3. (Epic banget adegan dengan ost ini! Kerasa sedihnya. Park seongsoon ssaem yang ngeliat huhuuu)
Di matamu.. berjalan di angkasa tanpa udara. Mengontrol api, tak ada angin.. Bawakan padaku ruang kecil. Aku bisa hidup sendiri.
serta moonlight by Sondia ost part 2 (ending song).
Semua jejak langkahku.. Jejak kita.. Tertinggal di luar jendela. (sementara) semua tentang diriku masih sama.. 
Selain itu, mereka juga memainkan Geurimja (Shadow) English version untuk highlight teaser. Namun belum rilis sampai saat saya menamatkan membuat ini ketika dramanya sudah tayang 14 episode.

Di konferensi pers drama ini, Hyunjin yang punya ibu seorang guru SD juga bercerita, mendiskusikan guru kontrak dan guru tetap dengan ibunya. Dari sana ia tahu pula bahwa memang begitulah aturannya. Keduanya tidak sama haknya.. Hyunjin mungkin merasa iba. Meski tidak dipungkiri ia juga merasakan ketidak adilan.

Hyunjin juga mengatakan agar ia terlihat lebih muda untuk karakternya di drama ini, ia memilih memotong rambutnya (mirip dengan Yoon Seojung rdtk kan?)

Kalau dikaitkan dengan guru honorer di negeri sendiri? Makanya sudah mau ditiadakan ya. Di sana belum sampai tahap ini sayangnya.
Ketika kau terjebak kegelapan, yang bisa kau lakukan adalah duduk dan menunggu membiarkan matamu terbiasa dengannya 

Selanjutnya: Black dog episode 2

0 Response to "Review Korean Drama Black Dog Episode 1"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the others mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!

*Pssssst I'd like you to join my little survey here, wanna know from what fanbase you come.. so "who's your favorite actor/es from this drama?"