Romantic Doctor Teacher Kim 2 Episode Spesial: 3 Years After (Part 4)

adsense 336x280
Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to other site. Take out infos and link with credit. You're a good person.

sebelumnya: Romantic Doctor Teacher Kim 2 Episode Spesial: 3 Years After (Part 3)

Credit: SBS dan S-ONE

Nyambung ke cerita Kim Minjae sebagai suster Park Euntak. Euntak cukup tegas jika itu menyangkut pasien dan harga diri. Ia percaya diri dengan profesinya dan juga tak suka melihat orang dibentak.

Minjae berkata, sejak shooting dengan Han Seokkyu (Kim sabu), ia memang sudah memanggilnya sabu/master/guru. Sebab bukan hanya mengajarinya akting, dari aktor Han Seokkyu Minjae belajar banyak hal pula. Sama halnya dengan karakter Kang Dongjoo. Dongjoo sering bimbang di antara realita dan idealismenya. Bersama Kim sabu-lah ia mendewasakan diri menjadi seorang dokter hebat. Banyak orang yang bisa merasakan seperti Dongjoo ini. 

Playing Background music (bgm): song title Walk on by Jeon Inkwon (Romantic doctor teacher Kim ost part 4) 
Bunga mekar dan layu
Melewati jalan batu di atas gunung
Perih akan terlupakan
pikiran-pikiran yang tak berujung
Tempat di mana aku dilahirkan di bumi ini
Semuanya mungkin adalah tempat yang diberkati
Aku berjalan, berjalan, dan berjalan lagi
Melewati bintang berkelip yang jauh di atas sana
Aku berjalan, berjalan, dan berjalan lagi
Melewati jalan yang kau tinggalkan pada waktu fajar
Pagi akan datang lagi
Di jalan fajar biru ini (indo trans by kdlirik wordpress)
Flashback: adegan Dongjoo menyerahkan surat pengunduran diri langsung di pertemuan petinggi Doldam: Kepala Yeo, Kim sabu, Manager Jang, dan suster kepala Oh. Dongjoo yang tidak tahan dengan sindiran Kim sabu yang mengatainya pecundang dan kurang pintar, berseru di sana, membenarkan. Lantang ia mengungkap, ia bekerja keras meraih titel murid terbaik Geodae karena takut tak mendapatkannya,  bahkan bersedia 'mencium pant**' untuk mendapatkan kesuksesan, itu karena dunia ini yang menginginkannya demikian.. Dunia yang para orang tua ciptakan.. (iya, di hadapannya adalah orang tua. Orang yang hidup lebih lama darinya dan menciptakan sistem sekarang). Seisi ruangan tertegun. Plus Seojung di luar yang bisa mendengarnya jelas. Saya dan Seo Hyunjin (Seojung) -serta beberapa yang lain mungkin- dibuat terkagum. Keren banget Dongjoo menyuarakan pendapatnya. Ada benarnya. 

Flashback: adegan Dongjoo menemui kasus serupa dengan yang dulu tak dapat ia selamatkan. Trauma terpantik di pikirannya, namun telepon Kim sabu menguatkannya melanjutkan operasi. "Keputusan mengenai pasien itu urusanmu. Tidak ada yang akan menyalahkanmu bila kau menyerah. Tapi apa kau tahu yang lebih buruk dari kematian di meja operasi? Berpikir kau mungkin akan mampu menyelamatkannya jika saja kau tak menyerah. Penyesalan membuatmu lebih 'gila' daripada kegagalan."

Flashback: Sebelum Dongjoo memutuskan apa yang akan dia tulis sebagai penyebab kematian tentara yang kabur, ia makan malam bersama Kim sabu. Kim sabu menanyai alasannya menjadi dokter. Dongjoo tidak ingin dipandang gampangan. Kim sabu mengerti dan mengaitkannya dengan keinginan Dongjoo terhadap pengakuan. "Aku orang tanpa kekuatan. Apa untungnya berpegang pada kesadaranku (terhadap kebenaran, moral, atau kemanusiaan)? Anda tahu betapa sakitnya dijatuhkan karena anda bukan siapa-siapa?" Terkadang orang lemah tidak bisa memilih yang benar karena nantinya mereka juga akan ditindas dan kehilangan lebih. 
"Keserakahan ternyata membantumu merasionalkan mengapa kau melakukannya. Sepertinya rasa sakitmu bukan berakar dari ketidaksadaranmu, tapi dari keserakahanmu." 
"Mengetahui caranya menjadi dokter tapi tak tahu mengapa menjadi dokter, apa nilainya?"
 "Kau bisa menyalahkan sistem, dunia, dan orang-orang dewasa yang membuatnya. Namun mencari kesalahan orang lain tak akan membantu mengubah keadaan. Yang kau salahkan saja tak ingat namamu. Bila kau ingin balas dendam, jadilah yang orang-orang butuhkan. Berhenti mengkambinghitamkan yang lain dan buktikan dengan kemampuanmu. Semua akan tetap sama selama kau tak berubah."
"Teruntuk semua anak muda yang sedang menjalani hidupnya, hidup itu seperti menapaki jalan yang baru setiap hari. Kau tak akan menemukan jawaban untuk setiap momennya, tapi Kim sabu selalu berkata..
Jangan pernah berhenti menanyakan mengapa kita hidup dan untuk apa. Ketika kau berhenti mempertanyakannya, romansa akan hilang dari kehidupan kita." 
Playing Background music: Regarding romance by Choi Baekho.

Definisi romansa. 낭만: perasaan gembira atau misteri yang kau punya dari suatu pengalaman atau kejadian.

Aktor Han Seokkyu ditanya arti romantic mengaku belum mendapat jawabannya hehe. Tapi mungkin, kemanusiaan?

Kalau Lee Sungkyung: romantic itu semuanya. Semua yang ia temukan dalam hidup.

Yoon Namoo: romantic itu idealism yang ia cari dalam hidup dan kemewahan mendapatkannya. Ini yang saya pikirkan merupakan maksud drama ini haha. 
Aktor Yoon Namoo mengajak pemirsa menonton season 2 dan memikirkan artinya..

Im Wonhee: Romantic itu kehangatan. Romansa adalah ketika kau melakukan kebaikan untuk satu sama lain.

Ahn Hyoseob: romantic itu tentang yang membuatmu senang. Suatu hal kau suka mengerjakannya dan punya nilai. Sesuai definisi di atas ya. 

Kim Minjae: romantic itu ketika kau bermimpi.

Jinkyung: romantic itu sebuah kebodohan tertentu.. Untuk mencari nilai penting dari sesuatu tanpa penyimpangan dan perkelahian.

Penonton lalu diputarkan teaser romantic doctor teacher Kim 2.

Cha Eunjae (diperankan Lee Sungkyung): bolehkah saya bertanya siapa Anda?
Kim sabu: Kau pernah mendengar RS Doldam? (tampak RS Doldam dengan suasana misteriusnya. Ada asep-asepnya gitu. Dan lampu menerangi huruf 'dam' sebagai identitas RS yang berkedip-kedip. Dari season 1 begini haha.) Di sanalah aku bekerja. (Kim sabu dengan coat gelap khasnya membenarkan kacamata). Saya Kim sabu.

Chapter 3 Perang Romansa: Kembalinya Doldam Avengers*
*mereka menggunakan sebutan ini sejak season 1. Bak pahlawan..

Aktor Han Seokkyu berkata, mereka kembali setelah 3 tahun untuk mendiskusikan apa yang belum sempat kemarin (season 1). Mereka akan mengenalkan ide-ide baru.

Kembali ke teaser/preview.
Ada kepala suster Oh yang mewanti-wanti staf Doldam akan kedatangan penantang.

"Mulainya perang lain"

Kepala Do: bagaimana menurut anda? Bersediakah bekerja dengan saya?

"Seorang lawan yang lebih kuat dari yang sebelumnya tiba"

Seo Woojin (diperankan Ahn Hyoseob): Saya butuh uang.

"Anak muda yang tidak punya apa-apa"

Cha Eunjae: Kau mengambil 'ruang operasiku'!

"Anak muda yang ingin lebih"

Tampak IGD Doldam dimasuki segerombolan preman? Dokter Yoon Ahreum (diperankan So Jooyeon) sampai kebingungan.

"Kisah-kisah yang menggali lebih dalam dan lebih bervariasi."

Kim sabu meneriaki mereka yang ramai. Nggak tahu apa, ini rumah sakit?

Tiga tahun berlalu dan keluarga Doldam tidak berubah. Kim sabu, Kepala Yeo, kepala perawat Oh serta manager Jang (Im Wonhee)  yang masih suka debat. Suster Park rekannya kepala perawat Oh. Dokter Jung yang meski ingin kembali ke Seoul, malah tinggal dan bekerja keras di Doldam, telpon-telponan sama putri kesayangannya. Satu-satunya dokter spesialis kegawatan/ER di sana.

Suster Park sendiri mengaku nggak berubah banyak tapi saya lihat di teaser dialognya udah lebih berbobot. Ia ditugaskan memeriksa obat yang diminum pasien dan mencari peresepannya. Selain itu, ia juga punya line menghentak. "Pasien dapat memilih dokter (untuk diri)nya, namun saya diberitahu bahwa dokter tidak boleh memilih pasiennya. Anda harus malu. Itulah sebabnya saya mengatakan ini."

Manager Jang: Seperti yang saya katakan, ini adalah kesempatan yang dikirim dari atas.
Kim sabu: Jangan melakukan apapun sampai pasien stabil!

Aktor Im Wonhee bercerita bahwa Doldam sudah diupgrade untuk season baru. Fasilitasnya dan staf-stafnya.

Suster kepala Oh pada Kim sabu: Kau memberitahu mereka untuk menyerahkan semua pemantauan dan rekam operasi kita?
Kim sabu: Kau tahu kata lain dari krisis?
Suster kepala Oh: marah

Aktris Jinkyung berkata karakternya memang meledak-ledak saat ia melihat hal-hal yang tidak dilakukan dengan adil, tapi ia sungguh menghormati Kim sabu. Cara pikir dan nilai-nilainya 100% sama dengan Kim sabu.

Playing background music, scoring: met you again Inst. (romantic doctor teacher Kim ost). Saya inget ini memang dimainkan saat Dongjoo dan Seojung bertemu pertama kalinya di Doldam.

Sebuah mobil hitam terlihat melaju dan parkir di depan RS Doldam siang hari. Angin agak mengacaukan rambutnya.

Malam harinya, giliran seorang pria datang menjatuhkan tasnya dari dalam taksi. Ia seperti kesakitan.

Rupanya ada pula yang sudah menunggu di dalam lobi Doldam sebelum mereka berdua.

Yup. Seo Woojin datang tanpa tedeng aling-aling bertanya berapa yang bisa dibayarkan Kim sabu untuknya. Ia seorang fellow dua tahun (katanya fellow itu belum spesialis), jenius bedah dan terkenal sangat bagus fokus dan talentanya. Tapi kehidupannya sulit. "Meski kau bekerja keras, tak ada seorangpun yang menyadari. Kau juga tidak diberi upah lebih." Woojin sinis dan tidak percaya kebahagiaan.

Sementara Cha Eunjae, bedah kardio yang sekelas dengannya seolah memiliki segalanya dan kaya. Menurut Sungkyung yang memerankannya, Eunjae itu sangat ambisius, juga tampak percaya diri, namun dalam hubungan dan perseorangan, ia masih punya banyak hal untuk bisa bertumbuh.

Dalam pertemuannya dengan Kim sabu, Eunjae dibuat terpaku dengan sindiran Kim sabu. Kim sabu tidak menjawab pertanyaannya dan malah mengatainya tidak mengerjakan tugas. Sungkyung menambahkan Eunjae menunjukkan anak muda zaman sekarang dan saat ia bertemu dengan Kim sabu, Woojin, serta keluarga Doldam, ia menjadi dokter yang sesungguhnya. Perkembangannya akan terlihat dalam drama.

Cha Eunjae: Aku senang.. Baru saja operasiku berjalan sangat baik" Ia gagal tapi berdiri lagi.

Kim sabu: Keduanya kacau. Satunya datang katanya karena butuh uang. Satunya lari dari ruang operasi meninggalkan pasiennya.
Yoon Ahreum: Halo, selamat pagi.
Ia menyapa suster Park dengan memegang sikat gigi plus handuk kecil yang melingkar di lehernya.
Suster Park bingung. Siapa ya?
Yoon Ahreum mengenalkan dirinya sebagai residen 4 tahun emergency medicine. Residen berarti di bawah fellow tapi sudah koas? Ia masih harus ikut ujian sebelum lulus beneran.

"Ia menjalani hidupnya seolah bukan merupakan bagian dari dunia ini."
Saya nggak ngerti caption di sini. Apa maksudnya Ahreum menganggap dunia ini terlalu indah ditempati? Atau apa?

Aktris muda Jooyeon yang pernah bekerja kantoran dan kemudian menjadi seorang model plus aktris berujar bahwa Ahreum adalah wanita penuh rasa ingin tahu serta pemerhati. Ketika di dalam kafe misalnya ia akan senang menebak hubungan masing-masing orang.

Ahreum pada Jung Insoo sunbae di sebelahnya setengah berbisik: Asmara suster Eom mungkin tidak sedang baik. Ia berkali-kali melihat ponselnya. Apakah ia bertengkar? Kepala suster Oh juga seperti kurang estrogen kan? (karena emosional?)

"Bagaimana masa depan mereka bertiga di Doldam?"

Ah.  Dan tambahan.. Season 2 juga punya serangan balik kepala Do yang telah kembali. Ditunjukkan dalam episode spesial ini,  Manager Jang lah yang pertama kali menjumpainya di kamar mandi. Haha pertemuannya gini banget. Dokter Nam yang diceritain ikutan kaget. Mereka berdua berkumpul dalam rangka pengangkatan ketua yayasan Geosan baru, menggantikan Dir. Shin. Lah ternyata penggantinya kepala Do.

Kepala Do berpidato ia mundur dari Geosan karena beberapa kesalahpahaman (pfffft padahal itu fakta). Sekarang ia balik sebagai direktur yayasan. Naik tingkat.

"Pasien yang terluka atau berpenyakit tidak lagi mendatangkan uang. Kita membutuhkan mereka yang tak berpikir banyak menghabiskan uang mereka untuk mempertahankan kesehatan dan peremajaan. Mereka akan menjadi fokus klien Geosan di masa mendatang."

Direktur Do menganggap pasien tidak lain adalah keuntungan dan kerugian sebagai pimpinan yayasan Geosan. Saya setuju sih sama pendapatnya di atas. Memang pemasukan dari sana lebih besar dari mengobati yang sakit. Bisa dikaitkan sama bpjs. Seringkali RS malah rugi kalau pasiennya tidak bisa membayar. Tapi.. Sebagai manusia.. Tidak sesederhana ini urusannya.

Direktur Do kembali dengan kelengkapan penuh, mengajak serta dokter Park Mingook (Kim Joohoon) ke Doldam. Siap untuk berperang. Aiguuuu. Intinya direktur Do mendesak Kim sabu agar mau menurut atau pergi.

"Apakah Kim sabu dapat mempertahankan romansanya?"

adsense 336x280

0 Response to "Romantic Doctor Teacher Kim 2 Episode Spesial: 3 Years After (Part 4)"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the other's mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!