(Updated) What's new? Korean drama Romantic Doctor teacher Kim 2 (+ Press Conference)

adsense 336x280 Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to other site. Take out infos and link with credit. You're a good person.


Credit: SBS

Firstly published on 2nd January 2020

Tiga tahun berlalu sejak romantic doctor teacher Kim 1 berakhir. Bagaimanakah RS doldam, rumah sakit dinding batu kini?

Yang jelas, sudah tidak ada lagi Kang dongjoo (Yoo Yeonseok), Yoon Seojung (Seo hyunjin), Do Inbum (Yang Sejong), dan Woo Yeonhwa (Seo Eunsoo). Plus kabarnya penonton kehilangan CEO Shin yang sudah meninggal (setelah sebelumnya sempat dioperasi jantung) dan direktur doldam Yeo Woonyeong huhuuuu.

Ada yang pergi, ada yang datang. Orang-orang baru akan bergabung di doldam dan masih ada pula yang menambah panas suasana.

Cha Eunjae (Lee Seongkyung) tahun kedua di bagian kardio serta Seo Woojin (Ahn Hyoseob) seorang jenius dokter bedah yang masih muda (mirip kang dongjoo sepertinya) tapi terlilit hutang? Eunjae ini kalau dari teaser yang ditayangkan dalam episode spesial senin kemarin, dulunya satu kampus sepertinya dengan Woojin dan terjadi sesuatu padanya yang menyebabkan ia dipindah ke doldam (seperti Dongjoo?). Ia pekerja keras dan termasuk dokter yang cerdas.

Credit: SBS

Yoon Ahreum (So Juyeon) dikabarkan memiliki rahasia yang tidak ia ceritakan. Empat tahun sebagai dokter bedah di igd, ia merupakan wanita yang ceria dan memberikan energi di doldam. Yoon? Ada hubungannya dengan Yoon Seojung? Dan dari bocoran sbs drama awards, dia akan berpasangan dengan suster Park?

Bae Moonjung diperankan Shin Dongwook. Tak lama tidak terlihat karena skandal hutang orang tuanya, ia balik lewat drama ini berperan manjadi seorang duda dokter spesialis tulang yang sangat expert.

Tambahan pemain baru, suster wanita baru, Joo Hyungmi (Bora, ex sistar). Ia sebenarnya merupakan suster kelas menengah 3 tahun, tapi di doldam ia yang termuda. Meski begitu, ia tidak ingin orang lain ikut campur di teritori kerjanya dan ia tipe yang tidak mau diabaikan.

Credit: SBS

Suster lain yang bergabung adalah suster geodae (Geosan daehakyo/universitas), mantan rekan kerja Seojung di rdtk1 episode 1. Tahu kan? Saya jujur kaget  baca deskripsi karakternya. Apa alasan dia ada di rdtk 2 ini dengan aura misterius horor padahal dulu bagiannya cuma dikit dan kelihatannya baik? 😭

Park Minkook (Kim Jooheon) yang diundang direktur rs geodae untuk mengganti direktur doldam dan menyaingi Kim sabu. Ia dulu sepertinya memiliki hubungan dengan Kim sabu dan sekarang kembali dengan percaya diri menantang Kim sabu kembali. Heu.

Park Minkook ini punya asisten yang menyeramkan kalau dari rough transnya akan berusaha menyingkirkan 2 dokter bedah baru doldam, Eunjae dan Woojin.

Selain itu, ada dokter anestesi dari geodae yang dikirim pula ke doldam atas suruhan Yoon Dowan (Choi Jinho). Sigh.. Pasukannya makin makin..

Apalagi manager Jang Kitae (Im Wonhee) yang sudah naik jabatan jadi wakil direktur doldam yang mungkin masih mementingkan keuntungan doldam dan menyukai bantuan geodae. Saya nggak tahu apa mereka hendak memenangkan hati direksi yayasan CEO shin yang selama ini mendanai doldam atau bagaimana? Pembangunan trauma center juga akan  lebih diceritakan di part kedua romantic doctor teacher Kim ini.

Pemain lain masih sama ya. Kepala suster Oh (Jin kyung), suster yang harusnya sudah jadi senior: suster Park (Kim Minjae), sunbae Seojung di bagian igd Jung Insoo (Yoon Namoo) yang masih bingung antara keluarga dan pekerjaan (keluarganya jauh dari tempat kerja), dokter anestesi sahabat Kim sabu dan pemilik resto snack Nam Doil (Byun Woomin), plus hhh dokter pindahan geodae yang masih haus posisi Song Hyunchul (Jang Hyukjin).

Sumber: soompi dan romantic doctor teacher Kim 2 sbs Official site

Press conference (engsub video by tong tong TV channel)

Saya throwback lagi biar keliatan lebih sih behind the scene dan promonya. Dimulai dengan sesi foto ya. Han Seokkyu sebagai Kim sabu terlebih dahulu. MC acara, "Anda akan bisa melihat pertumbuhan dokter-dokter muda yang 'hilang arah' dan terluka, dengan pengaruh Kim sabu." Setelah itu baru Lee Sungkyung. Dokter fellow 2 tahun, bedah umum yang sudah dipanggil jenius sejak masih muda (kalau yang sudah liat dramanya, dia digambarin terkenal sepinter itu di angkatannya. Efek tuntutan keluarga? Satu keluarga dokter semua dan dia anak bungsu). Dia nanti akan berubah dari yang hanya mengejar kesuksesan, setelah bertemu Kim sabu.

Sementara itu, Ahn Hyeoseob dikenalkan memerankan dokter yang ingin menjadi dokter untuk hidup (gajinya terkenal besar?). Biasanya jadi cowok yang memukau, di sini ia akan mampu mengatasi kesulitannya dan menjadi dokter  bedah yang baik. Selanjutnya Jinkyung. Sebagai kepala perawat di season 1 dan 2, ia ketat aturan dan menakutkan, tapi punya hati yang hangat. Btw, jinkyung dan Han Seokkyu membawa semacam pamflet berbentuk buku gitu seperti buku menu. Ketika Han seokkyu membawakan pidatonya di SBS drama awards 2016 atas kemenangan daesangnya, dia membawanya ke panggung dan membacakan isi pamflet tersebut. Mengenai promosi rdtk. Tentang apa rdtk yang sesuai dengan prinsipnya.

Im Wonhee berikutnya, lalu Kim Minjae sebagai suster yang bertanggung jawab dan semangat. Saya masih bingung, apa ya yang bikin dia beda banget dari season 1? Oke. Di presscon ini posisi duduk para pemain di panggung dibagi menjadi 2, sebelah kanan panggung adalah pemain season 1, sebelah kiri panggung ada pemain baru season 2. Lanjut ke Yoon Namoo, seorang dokter spesialis kegawatan yang berubah dari season 1 dan berjuang di Doldam.

Kim Jooheon, antagonis di season 2, rival Kim sabu. Dia sampai membungkuk 90 derajat ke arah penonton. Woa. Terus ada Shin Dongwook, dokter tulang wkwk. Dan terakhir So jooyeon. Dokter residen 4 tahun di bidang kegawatan, energizernya Doldam yang selalu membuat mereka tertawa.

Setelah individual foto dan foto kelompok Kim sabu bersama 2 murid barunya, tiba giliran member baru Doldam berfoto kelompok. Mereka terkenal dengan kerjasama tim yang baik. Kompak posenya haha. Energi orang-orang muda. Sampe diminta pose normal. Di sini saya liat Hyoseob grogi nggak sih? Pendiem banget 😅

Di sini mereka juga berkesempatan (lewat mc) mengabarkan sekaligus promosi perpindahan jam tayang 20 menit lebih awal (9.40 pm). Kalau tidak salah ini terkait perubahan kebijakan jam kerja yang sudah dikurangi, sehingga banyak pekerja yang pulang lebih awal? Romantic doctor teacher Kim 2 sebagai drama sbs pertama yang menjajal jam tayang baru ini di 2020.

Yup. Sampailah di prakata sutradara. Yoo Insik pd (production director) mengungkap kalau dia tidak tahu sebelumnya betapa romantic doctor teacher Kim sangat dicintai banyak orang, tapi dia mengetahuinya setelah drama berakhir. Dukungan dan cinta masih sama bahkan setelah tamat. Hehe, padahal dirinya dan penulis Kang Eunkyung bergurau tidak bisa membuat drama medis lagi, namun pdnim malah ditanya, "bisa nggak bikin season 2?" Dan yang paling penting, para kru sangat senang dalam pembuatan drama, sehingga mereka menanyakan pada para cast kesanggupan (keinginan) mereka untuk mengikuti season 2. Begitulah ceritanya Han Seokkyu dan yang lain kembali dari season 1. Mereka membuat season 2 sebagai hadiah untuk pecinta season 1. ㅋㅋㅋ walaupun sekali lagi, bagi pdnim, drama medis itu sangat sulit dibuat. Harapannya,  juga pdnim percaya, penonton masih merasakan kehangatan dan mengingat kembali kenangan season 1 (parah! Ngena banget di saya! Recall terus ㅠㅠ)

Mc menanggapi, saya akan menantikannya kok, karena semua karya Anda memang enak dinikmati, nggak cuma season 1. Hihihi. SBS.

Lalu satu per satu pemain memperkenalkan karakter mereka sendiri. Han Seokkyu sekalian menyampaikan perasaannya yang senang bisa kembali dengan cerita yang keren. Ia juga mencintai season 1, tim dan semuanya. Aktor Han Seokkyu merasa sangat sedih ketika berpisah, ia rindu semua orang dan berterimakasih atas kesempatan ini, ia bisa bersama mereka sekali lagi. Ia harap bisa menemui penonton dengan pertunjukan yang baik.

Aktris Jin kyung memperkenalkan diri sebagai kepala perawat Oh Myungshim, tangan kanan Kim sabu plus 'ibu' di RS Doldam. Ia jujur tersentuh dapat memainkan kembali peran ini. Bercerita kalau di lokasi syuting, mereka seperti lagi syuting season 1. Tidak berbeda. Tak terasa bertahun-tahun berlalu. Ia terhormat dan berterimakasih berada di sebuah cerita yang menyentuh ini.

Im Wonhee sebagai kepala administrasi Jang Kitae, menggambarkan karakternya menyeimbangkan realita dan idealisme, serta memiliki selera humor. Merasa terhormat pula bisa kembali setelah 3 tahun. Ia tak lupa meminta dukungan untuk drama ini.

Ucapan terakhirnya yang sama dengan Kim Minjae. Kim Minjae merasakan betapa berartinya comeback lewat drama ini.

Terakhir dari sisi pemain lama ada Yoon Namoo sebagai Jung Insoo (ia dan Im Wonhee sebelum rdtk2 sama-sama bermain di melting me softly, karya pd where stars land), pembuat masalah dan senior doldam spesialis kegawatan. Harapannya, penonton memulai musim dan tahun baru dengan semangat bersama rdtk2 😁 semoga semuanya sehat-sehat. Terimakasih.

Babak pemain baru, ada So Jooyeon yang mengaku sebagai fan season 1 dan terhormat bergabung di season 2. Lee Sungkyung yang memperkenalkan Eunjae, karakternya, gadis yang keahlian dan hobinya adalah belajar haha. Eunjae mewakili pemuda yang penuh energi tapi membuat kesalahan setiap waktu. Tolong perhatikan Eunjae yang tumbuh setelah dia bertemu Kim sabu dan Doldam. Selanjutnya Park Minguk yang meyakini nilai yang berbeda dari Kim sabu, karena itu ia akan menjadi rivalnya. Ia juga mengaku sangat terhormat bisa berada di season 2. Kim Joohoon berkata akan bekerja lebih keras untuk membuat drama yang lebih menyentuh. Disambung, Bae Moonjoong atau yang dikenal sebagai dokter tulang romantis heheee. Menurutnya, aktor yang menonton season 1, pasti ingin melakukan drama seperti ini. Dan ia termasuk yang beruntung. Ia sangat ingin bermain dalam drama ini, para pemain season 1 juga menyambutnya hangat, sehingga ia merasa sangat nyaman di lokasi. Ia harap, perasaannya tersampaikan ke penonton dan mereka bisa jatuh cinta dengan drama ini. Terimakasih.

Masuk ke interview pemain utama dari pertanyaan-pertanyaan reporter. Bedanya drama ini dan drama medis lain? Han Seokkyu yang menjawab. Drama kami lebih tentang yang terjadi di luar RS. Secara nggak langsung sih. Fokusnya juga luas, pada kemanusiaan secara umum. Rdtk menceritakan pemuda-pemudi dan bagaimana mereka tumbuh lebih dewasa di RS Doldam. Serta drama ini membicarakan metafora masalah yang kita hadapi di era sekarang melalui para pasien. Mc menambahkan, intinya tumbuh dan sakit saat tumbuh kan? Oke, kita nggak bisa untuk nggak nonton.. Eh, Han Seokkyu masih bercanda, kalian juga bisa melihat Kim sabu yang menua (spoiler buat saya yang sudah nonton endingnya, meski Han Seokkyu bilang ia bercanda).

Nah ini. Pertanyaan kedua terkait karakter yang memperjuangkan sistem trauma care kegawatan di Korea yang diperankan Kim sabu. Reporter berkata bahwa mereka semua akan memikirkan satu orang yang memang real ada, melakukan hal yang sama dengan Kim sabu (Lee Gookjong). Apa kenyataannya demikian? Han Seokkyu mereferensikan karakternya ke tokoh tersebut? Juga, apa bedanya bermain dengan pemain season 2 yang lebih muda dibanding season 1?

Menurut Han Seokkyu, sistemnya sedang distabilkan. Masih ada konflik dan masalah-masalah, namun dokter tersebut sedang memperhatikan dengan baik prosesnya dan berusaha keras. Ia pun berharap yang terbaik. Walau yah.. Pertumbuhannya perlahan di tengah situasi keras begini, semoga nanti akan benar-benar stabil setelah melewati tahap demi tahap yang prosesnya,  daripada selesai dalam  satu waktu (yang ini juga spoiler nggak sih? Karena trauma centernya Kim sabu impikan nggak langsung pula).

Pertanyaan tentang pemain yang lebih muda, mereka akan menceritakan kenyataan keras yang dihadapi generasi ini. Serta bagaimana pemikiran para dokter sebaiknya plus pandangan hidup melalui Kim sabu. Mungkin ini akan menjadi topik yang paling sering kita bicarakan dalam drama ini, apa yang paling penting bagi manusia. Ada line seperti "Apa yang kita kejar? Untuk apa kita hidup?" Han Seokkyu berkata, mereka melempar pertanyaan demikian untuk dipikirkan penonton. Hal ini merupakan salah satu kekuatan drama rdtk baginya. Ia pikir, drama rdtk adalah proses pencarian jawaban pertanyaan-pertanyaan itu.

Setelahnya Han Seokkyu membuat mereka tertawa dengan mengatakan, berhenti bertanya padanya karena ia berhentinya lama kalau sudah ngomong.

Intermezzo saya suka eye smilenya pdnim haha. Giliran pdnim kemudian yang dikasih pertanyaan, tapi intronya cukup panjang. Kayaknya reporternya fan rdtk1? Ia berkata, ada line season 1, "lingkungan yang tidak berempati pada orang-orang dan penderitaan. Yang terluka dan sakit datang ke RS Doldam dan lingkungan sosial kita juga sakit." yang baginya belum ada drama medis menghubungkan keadaan dalam RS dan lingkungan sosial. Era kebencian pernah disebut pula di awal-awal episode, seolah menunjukkan tujuan drama ini. Kita hidup di generasi yang terpecah dan berseteru melawan satu sama lain. Apa yang menjadi tujuan dan fokus mengaitkan kedua hal ini (RS dan lingkungan)? Reporter yakin, pdnim sudah membicarakannya dengan penulis (pemilik idenya), maka ia minta tolong pdnim berbagi dengan mereka.

Pdnim sadar, pertanyaan reporter susah tapi penting 👍 bagus btw pdnim jawabnya. Ia berujar, hampir mustahil RS Doldam ada di dunia nyata. Nggak realistis untuk menerima semua pasien yang masuk dan mendiskusikan keadaan mereka panjang kali lebar seperti yang dilakukan Kim sabu dan staf medisnya. Kita hidup di dunia di mana hal itu tidak realistis. Meski ia juga masih berharap RS Doldam nyata. Karakter-karakter drama pun idiot romantis dengan caranya. Sekarang mereka kembali dengan season 2 setelah 3 tahun dan ada perubahan, tekanan RS Geodae, serta aliran pasien dan staf yang masuk. Kesulitan melindungi RS juga sistemnya menjadi pertanyaan para karakter, akankah mereka bisa mempertahankan mimpi, kepercayaan, dan harapan mereka. Inilah konflik yang akan mereka hadapi. Sebenarnya sulit menemukan dan mencari solusinya. Pdnim pikir tidak mungkin drama melakukannya. Hal terbaik yang dapat mereka lakukan yaitu menunjukkan bagaimana para karakter tak menyerah mencari dan bagaimana prosesnya. Namun, meski dramanya tak bisa menemukan solusi  untuk lingkungan kita dan bukan pekerjaan drama ini menemukannya, mereka mencoba sebisa mungkin merefleksikan konfliknya ke dalam drama ini.

Dalam konferensi press, Ahn Hyoseob juga menyatakan sebagai fan season 1 dan merasa terbebani awalnya. Tapi kalau merasa demikian terus, ia akan menjadi kelelahan. Karenanya ia menggunakan tekanan itu sebagai penggerak bekerja lebih bersemangat.

Sementara Lee Sungkyung menceritakan bagaimana season 1 menyemangati para pemain season 2 agar tidak tegang dan lakukan sebebas yang mereka inginkan. Mungkin karena mereka tahu beban yang dirasakan pemain baru ini. Seperti karakter yang pemain season 1 perankan, kenyataannya mereka juga orang yang ramah dan hangat, sehingga ia dapat bersenang-senang di lokasi. Sungkyung pun menikmati pembacaan naskah yang tak diragukan memang keren dan selalu menginginkan bekerja dengan pemain berbakat hebat seperti mereka. Ia merasa seperti berkembang juga bersama karakternya, Eunjae yang tumbuh dan belajar menjadi dokter dan orang (yang lebih baik) di Doldam.

Pertanyaan mengenai pesona karakter kepala perawat, ibu Doldam. Ia melihat dengan hangat, apa yang terjadi di dunia dan memiliki pandangan hidup yang sama dengan Kim sabu (bagaimana hidup yang baik itu). Jadi pesonanya adalah  keberanian untuk mengonfrontasi langsungnya melawan ketidak adilan. Wohoooo setuju. Fans dan penonton suka sisi coolnya ini.

Im Wonhee, apa yang perlu kami ekspektasi kali ini? Penampilanmu sebelumnya sangat menghibur dan menyenangkan, padahal katanya ia sendiri merasa serius membawakannya haha. Chemistrynya dengan Jinkyung juga masih akan ia perlihatkan. Jin kyung menjadi lebih menakutkan dan lebih dingin, lebih kuat. Dalam arti lain juga lebih sehat 😄 sulit untuk menghentikan apa yang dilakukannya.

Ada pertanyaan bagus soal persamaan dan  perbedaan Kim sabu dan Han Seokkyu sendiri. Tapi sayangnya jawabannya nggak nyambung (?). Ia malah membahas bagaimana reporter jadi tak memperhatikannya karena harus segera menulis dan mengepost artikel saat itu juga. Sebelumnya ia kira, reporter bisa menulisnya nanti. Ia pun menambahkan jawaban sutradara yang tadi, bahwa nggak hanya sakit fisik, pasien yang datang ke Doldam juga diperlihatkan 'sakit hati' seperti orang-orang sekarang. Drama ini bukan hanya tentang menyembuhkan dan memberikan perawatan, tapi juga bagaimana masing-masing terluka. Han Seokkyu terdengar serius di sini, tapi sepertinya mereka hidup di dunia di mana memang tidak tahu mengapa mereka terluka dan bagaimana mengobatinya. Fans 1 mungkin menyukai elemen ini. Apakah keadaan membaik? Tidak terlalu. Oleh sebab itu, mereka membuat season 2. Mereka berjanji untuk rendah hati dan jujur.

Selanjutnya pertanyaan terkait penambahan durasi 20 menit (woa finally writernim did it), meski membuat 60 menit drama sudah susah. Bukankah akan jadi beban untuk tim? Pdnim mengiyakan memang sulit. Lebih banyak screen time berarti lebih banyak adegan untuk diambil juga dan mereka juga harus mematuhi peraturan jam kerja pemerintah. Semua tim produksi sudah harus terbiasa dengan hal ini. Beruntungnya, 90% adegan drama rdtk dishoot di sebuah set studio. Ada beberapa kesulitan, benar, karena kita membuat drama medis. Tapi kami tidak perlu pindah ke lokasi yang berbeda yang membantu kami fokus pada adegan-adegan kami dan menghemat waktu. Seeprti halnya season 1, tim kami sampai bagaikan ahli medis dan penasihat medis kami juga hampir menjadi kru produksi (saking dekatnya dan seringnya di lokasi?). Meski di lain kata, semua mungkin dalam kesulitan (sedih) karena tidak bisa berpindah lokasi. Selalu ada break makan dan istirahat, namun para pemain harus tetap fokus pada adegan-adegan mereka yang sangat padat. Tingkat kesulitannya sama dengan kru drama lain. Mereka melakukan yang terbaik untuk bisa beradaptasi. Semuanya baik-baik saja dan pdnim pikir misi dapat terselesaikan kalau mereka terus berjalan sesuai model (yang sudah mereka tetapkan).

Pertanyaan berikutnya masih ke pdnim. Perbedaan season 1 dan 2. Soalnya penonton pasti menentukan batas yang tinggi untuk season 2, melihat kesuksesan season 1. Pdnim membenarkan tertekan. Tapi kalau menaruh konsen ke rating juga, lingkungan penonton sekarang sudah berubah. Jadi kalau hanya berekspektasi pada hal yang sama, mereka nggak akan berani membuat season 2 dari awal. Maka daripada fokus ke rating, mereka berusaha sebaik mungkin membawa udara yang sama dan suasana hangat season 1 ke season 2. Tim perlengkapan mencari di gudang properti season 1 dan kalau tidak ketemu, mereka membelinya lagi. Mereka meningkatkan apa yang perlu. Pemain season 1 berusaha keras menunjukkan hal yang sama seperti karakternya yang dulu mereka perankan. Dan dengan anggota baru, tentu datang cerita serta tamu baru. Ada udara baru yang mengaliri pemain lama.

Sama seperti eunjae dan woojin yang beradaptasi dengan lingkungan baru, harapannya penonton juga dapat terbiasa mereka di season baru doldam ini. -Lee Sungkyung

Perbedaan season 1 dan season 2 di lokasi? Im Wonhee jawabnya selalu asik. Coba nonton deh. Lebih enak ditonton daripada diceritain wkwk. Ia sesumbar, awalnya khawatir season 2 bakal sama, tapi kekhawatirannya nggak beralasan. Saking menyenangkannya sampai wondering, sulit bisa dishoot nih. Agak alay. Tapi kayaknya saya nggak bisa mendeskripsikannya. Ia merasa season 2 lebih padat dan karakter-karakternya nggak muncul dengan biasa (bener, saya setuju). Termasuk kemunculannya kalau nggak dipotong haha. Epik banget dasar. Nggak ada yang normal katanya. Eh. Para pemain baru juga beradaptasi dengan cepat. Jadi ia percaya diri, mereka bisa memberikan tontonan yang sangat menghibur.

Kalau Jinkyung bilang, naskah season 1 memang keren, tapi season 2 setiap episodenya selalu menarik perhatiannya. Kim sabu seolah melempari batu dengan telur. Dan ia menyadari pemikiran dan perhatian Kim sabu akan lebih dalam diperlihatkan di season 2. Penonton akan dibuat penasaran terhadap reaksinya di setiap situasi. Jinkyung percaya penonton akan lebih tergerak di season 2.

Pdnim menambahkan lagi. Ia berusaha memasukkan apa yang disukai penonton di season 1. Ia juga mencoba membuat adegan operasi lebih dinamis. Ia pun merasa senang dengan para pemainnya dan ia bilang penonton akan melihat betapa terangnya mereka bersinar.

Han Seokkyu menyampaikan drama mereka tentang apa yang di RS menyangkut junior dan senior, yang berpengalaman dan yang belum banyak pengalaman. Bagaimana luka mereka terobati oleh satu sama lain. Ia harap, para aktor yang memerankannya juga bisa fokus ke diri mereka sendiri. Menyembuhkan luka mereka kalau ada, lewat drama ini.

Lee Sungkyung diminta menyampaikan poin penting drama dan ia menyinggung kalau kita akan nyaman kalau ada orang di belakang kita, bukan? (pendukung) Ada kesulitan dan penderitaan, drama ini akan menyampaikan cerita-cerita berbeda di sekitar baik secara eksternal maupun internal yang akan membuat penonton berempati serta dibuat nyaman dengan karakter-karakter dalam drama. Ia berharap penonton juga menjadi penuh harapan saat menonton ini.

Ahn hyoseop unik. Dia bilang ini drama yang bisa ditonton semua umur? Semacam drama keluarga? Eyyyy hehe tetap ada batasannya 😬

Jin kyung: drama kita seperti cerita dalam cerita. Setiap episode punya pemain utamanya masing-masing. Kalian akan melihat akting mereka yang jempolan (banget!!!). Setiap episode akan memukul keras. Para pemain yang di sini menyemangati pemain utama setiap episode.

Im Wonhee: Kita semua menunggu RS Doldam. Kita pikir, kita akan disembuhkan, pulih dan baik-baik saja di RS Doldam. Doldam masih di sana menunggu anda. Anda akan nyaman, tersentuh, dan lebih hangat lagi. 👏👏👏 penutup yang pas ❤

Selanjutnya: Romantic Doctor teacher Kim special episode: After 3 Years (Part 1)

adsense 336x280

2 Responses to "(Updated) What's new? Korean drama Romantic Doctor teacher Kim 2 (+ Press Conference)"

I talked about my thought the most because I dont know the other's mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!