(unveiled mystery/ theory) Korean Drama The King: Eternal Monarch Episode 1-16 (hopefully)

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to Other Sites. Take out info or post with full credit. You're Good Person. 

Saking gemesnya sama drama bagus-ide-tapi-kurang-cepet-di-eksekusi, saya di sini cuma ngeluarin uneg-uneg aja. Mungkin isi tulisan akan membingungkan. Banyak tanya dan asumsi. Nggak sempet nonton banyak video review yang nebak-nebak, maupun diving ke forum soompi yang udah 2 ratusan halaman, kalau ada yang mau nambahin monggo. Apalagi dramanya belum tamat, alias masih besar kemungkinan yang saya tebak hanya jadi imajinasi dan tak terealisasi. Prinsipnya tetap santai ya! ^^

Dimulai dengan deskripsi karakter yang dari terjemah kasar Google yang saya cerna sendiri. Sekali lagi, terbuka untuk segala koreksi.

*originally posted on May 8th
Gunakan fungsi 'find/ctrl+f' untuk menemukan update episode karena saya menyelipkannya di beberapa tempat untuk menyambungkan dengan pertanyaan/deskripsi sebelumnya

https://m.programs.sbs.co[dot]kr/drama/theking/cast/63972#0_7

Di musim semi 2020, pintu dunia paralel akan terbuka..
Meskipun pemula, aku seperti pernah ke sana sebelumnya, atau aku yakin ini pertama kali untukku dan aku merasa pernah melakukan yang sama sebelumnya
Aku menyebutnya deja-vu atau medis modern menyebutnya 'kelainan persepsi'. Namun itu bukan ilusi otak..

Bagaimana jika kita hanya mengintip rahasia semesta? Bagaimana jika perasaan aneh itu adalah melihat Aku yang lain di dunia paralel?
Aku pikir setiap orang pernah melakukannya setidaknya sekali. Aku ingin ke imigrasi.. Ingin terlahir kembali.. Hidup ini berantakan.. 
Perasaan yang pernah dirasakan setidaknya sekali. Aku ingin mengendarai mobil seperti itu.. Aku ingin hidup di rumah seperti itu..  Aku ingin bertemu orang tua kaya.. Seseorang membisikkannya di telingamu. 

Bila kau dapat menukar dirimu dengan Kau di dunia lain yang lebih baik darimu, maukah kau menukarnya? 
Hidup yang aku punya.. Orang-orang yang aku punya.. Cinta yang kupunya.. Adalah sebuah pilihan membuang semuanya.
Tentu termasuk diriku juga. Layaknya yang mungkin pernah kau perhatikan, tak pernah menanyakan kepadaku apa yang terjadi padaku di dunia paralel, mengubahku.. 

Tuhan melepaskan setan ke dunia manusia dan setan membuka pintu ke dunia paralel. Lalu apa pilihan yang akan kau buat sekarang?
Pertanyaan eksplisit,
Lebih menariknya, drama The King: Eternal Monarch (Raja, Penguasa Abadi?) datang dari dunia paralel ke dunia ini. Raja Lee Gon dan orang lain (?) mencoba menutup pintu dimensi. Orang-orang yang mencoba menjaga cinta.. Drama fantasi romantis mengolaborasikan detektif (lulusan ips?) Jeong Taeeul kadang tergoyah dan berdebar..

Lee Gon (33 th) - Lee Minho
Raja (/kaisar?) ketiga Corea yang memimpin monarki sempurna, indah, anggun, dan tenteram (hmm, air tenang menghanyutkan. Terlalu perfect bak mimpi.. Wonderland.. ), tapi sebagai pemimpin ia bersifat banyak bicara, sensitif, obsesif, dan tentu tak tanpa celah. Api yang sangat panas berwarna biru dan itulah Gon. (inget goblin- karya penulis The King sebelumnya? Mereka juga pake api biru untuk menggambarkan cahaya/auranya) Sangat panas hingga tampak dingin.  
Bagi Gon, istana adalah tempat teraman dan medan perang paling berbahaya. Tempat di mana ia bisa meninggal kapan saja seperti ayahnya. Ia tidak bisa dan tidak pernah lupa, hari ia yang berusia 8 tahun menyaksikan ayahnya meninggal. (dinarasikan Yeong di episode 12) Hari yang membuatnya naik tahta di usia belia. 
Lee Gon menganggap tak ada artinya pernikahan. Ia setiap harinya hanya terlihat bersama dengan Jo Yeong, bayangannya yang lengket, juga sesekali bersama perdana menteri wanita, yang dari sanalah rumor kencan berasal. 
Tipe pria IPA yang lebih menyukai angka pasti dibanding kata tidak jelas. Karenanya Gon biasa melarikan diri dari istana dengan baik (dengan alasan tugas). Ia melayani sebagai petugas angakatan laut selama 2 tahun dan berkelana di luar negeri untuk beragam konferensi akademik. (ini juga dinarasikan Gon lupa di episode berapa, 11 atau 12?) Lalu ada pula jalan ke luar yang Gon tak mempercayainya. Udara yang sedikit berbeda.. Ingatan dan bangunan-bangunan.. Serta wanita di depannya yang tak menyadari di hadapannya berdiri Raja Corea. Apakah ini sungguh dunia paralel? Benarkah ia menyeberangi batas 1 dan 0? Tapi wanita ini, ia tahu wajahnya. Jeong Taeeul, anggota kepolisiaan Seoul. Nama kartu identitas yang ia ambil saat usianya 8 tahun, di hari kematian ayahnya.
Arsitek Fuller pernah berkata, jika saat ia menyelesaikan masalah, hasilnya tidak cantik, maka ia tahu jawabannya salah. Oleh sebab itu Gon pikir, mungkin wanita ini dan dirinya harus memecahkan masalah.. Dengan cantik.. (yang ini disampaikan Gon di episode Taeeul di Corea)

Jeong Taeeul (30 th) - Kim Goeun
Taeeul tidak besar dengan cerita-cerita dongeng seperti anak seusianya saat kecil. (buatnya?) Putri duyung termasuk menginvasi privasi Pangeran secara ilegal saat hendak mengambil jantungnya. Ia justru lebih tertarik dengan cerita polisi dan bermimpi menjadi salah satunya. 
Tapi Taeeul tidak percaya bumi bulat? Dan sin (bahasa inggrisnya 'kesalahan') adalah fungsi trigonometri? Enam tahun sudah sejak ia membuat keajaiban lulus ujian polisi setelah serius untuk menghafalkan semua soal matematika. (tersirat di episode 14) Prinsipnya adalah yang bersalah harus tertangkap. 
Sampai suatu ketika kejadian aneh di Gwanghawamun, Pangeran dengan kuda putih, atau orang gila yang mengaku Raja dari dunia paralel datang. Yang jelas, ia melanggar peraturan lalu lintas.. tapi apakah perlu ia setampan ini saat Taeeul menjelaskan mengenai hak-haknya sebagai tahanan? Dan apabila apa yang dikatakannya benar.. Apa sebagai detektif, ia tamat?

Jo Eunseob (29 th) - Woo Dohwan 
Harapan/cita-cita Eunseob untuk masa depan ada 61? Ia hidup selama 28 tahun dan meski ia sudah bermimpi sejak lahir dan saat meditasi pun (dalam rahim?), selalu saja ini berubah sekali setahun. Polisi, pemadam kebakaran, PNS? belum ada yang terwujud. 
Petugas pelayanan umum yang bertugas di kantor kepolisian nasional. 
Hidup Eunseob mulai terpelintir saat tahun ke-4nya kuliah seolah bertanya, apa yang ingin ia lakukan, lahirlah kedua adik kembarnya, Eunwoo dan Eunbi. Mengurus anak-anak sendirian (?) dimulai. Malam-malam dengan merawat dan membuat susu bayi, lelahnya mulai berkurang saat kedua adiknya bisa masuk tempat penitipan anak (seperti PAUD?). 
Ia kembali bersekolah tapi kemudian mengalami kecelakaan saat menyelamatkan seorang anak (siapa? Tidak terjawab hingga akhir) dan begitu keluar dari perawatan, ia langsung dipanggil wamil, hingga tujuan hidup ke-62nya adalah menjadi warga biasa. Oke, setidaknya ada 1 mimpi yang mungkin akan terwujud. Rakyat kerajaan Corea? Mungkin ini mimpi Eunseob ke-63. (terungkap di episode 7)

Jo Yeong (29 th) - Woo Dohwan 
Ajudan dan pengawal Lee Gon yang terdekat. Meskipun Yeong merupakan nomor 1 pasukan penjaga istana, tapi Lee Gon selalu menyebutnya 'pedang terbaik'. Yeong pemain kendo, namun ia tahu memainkan pedang dan menampilkan pertunjukan pistol otomatis P30 yang menakjubkan bagi pengawal. 
Kata orang, ia sebagai bayangan Raja itu sudah ditakdirkan. Ketika berumur 4 tahun, pertama kalinya Yeong melihat Lee Gon di acara peresmiannya menjadi Raja. Momen saat Gon muda dengan baju kebesarannya menahan tangis.. Melihatnya, Yeong berharap akan kebahagiaan tuannya.. (sangat setia sampai nama Rajanya disebut saja-kan aturannya nggak boleh-ia langsung naik pitam. Penggambaran kesetiaan/peduli dari kecil yang nggak nyampe di saya. Kecepetan?) 
Yeong merupakan anak kerabat istana yang juga tentara angkatan laut. Kehadirannya di hadapan Gon ketika masa sulit dapat membuat Gon tertawa. Di depan Yeong, Gon tersenyum dan menangis. Menangis? (tidak diperlihatkan ada sampai tamat) Momen saat Yeong kemudian mengharapkan tuannya tak kesepian. 
(Yeong = 0? Dia akan mati dalam cerita? Jawabannya nggak)

Kang Shinjae (33 th) - Kim Kyungnam
Masa muda di rumah indah bersama seorang Ayah dengan usaha kecilnya dan Ibu rumah tangga yang baik. Namun semua berubah saat Ayah ditangkap karena kasus penggelapan uang. Saat di mana mimpi buruk Shinjae kembali. Ibunya pun langsung jatuh miskin setelah kepindahan mereka. Di kelas 1 dan 2 SMP? (episode 13 disebut) ia terkenal dengan pukulannya (tapi kenapa waktu itu dia dipukuli ya? Karena nggak nurut?). Ia juga sering mempertanyakan 'siapa dirinya'. Namun dari sekian nama panggilannya, ia paling suka dipanggil detektif Kang. Jika senjata masa lalunya adalah kepalan tinju, kini ia memiliki pistol. 
Shinjae selalu adil, bersemangat, gigih, dan terus terang mau siapapun lawan bicaranya. Bahkan pembunuh sekalipun. Terimakasih karena hal ini, Tim investigasi 3 selalu lebih lama lembur, lebih lama mengolah dan mencari lebih banyak data investigasi. Promosinya pun cepat. 
Shinjae lebih nyaman tinggal di kantor polisi daripada di rumah. Sebab Tim 3 adalah keluarganya. Mmm sebenarnya pengecualian untuk Taeeul. Tapi Taeeul menganggapnya apa? Partner kerja? Tidak lebih? Bagaimanapun yang terpenting bagi Shinjae yang masih dihantui mimpi buruk, Taeeul adalah mimpi indahnya. (tersirat di episode 10. Saat Shinjae diminta menceritakan mimpi indahnya oleh psikiater, scene berganti ke kehadiran Taeeul di sebelahnya) 

Go Seoryeong (38 th) - Jeong Eunchae
(saya jadi nyambung kenapa seoryeong tanya ke sekretarisnya soal rumor pacar Gon lebih muda?)
Perdana menteri termuda Corea dan perdana menteri wanita yang pertama. Padahal ia belajar dengan keadaan rumah yang buruk, memiliki Ayah pemabuk dan Ibu hanya penjual ikan. Ia meraih hasil akademis terbaik dan menjadi pembawa acara berita malam (yang terkenal?). Tapi hanya itu. Tidak ada tempat lain bagi Seoryeong yang tak punya uang untuk pergi lebih jauh. Karenanya Seoryeong memilih menikah (dengan pewaris KU Grup setelah 4 tahun-terungkap di episode 7) dan kemudian bercerai saat memasuki dunia politik (dalam waktu 1 tahun). Ia pun tampil lebih sering di berita malam sebagai pembicara partai. 
Politik adalah catatan pertarungan. Sementara Seoryeong adalah pendekar sejati. Ia memanfaatkan imej jandanya dan mendukung pemilih muda. Dengan penampilan yang intelektual, pidato yang tenang, dan kebijakan progresif, ia ditunjuk menjadi perdana menteri setelah 7 tahun berpolitik.  
Target selanjutnya sebagai perdana menteri adalah Lee Gon. Baru permulaan. Gambar Raja yang sempurna dan perdana menteri muda mempertahankan hubungan menegangkan yang pertengahan (tidak terlalu kuat atau lemah) merupakan hal yang bagus untuk gosip nasional. Setiap foto Seoryeong dan Lee Gon tampil di berita, rating penerimaaan Seoryeong meningkat signifikan. Hingga suatu saat ia hanya ingin bertemu Lee Gon (tanpa embel-embel kepentingannya). Ia tidak suka perasaan tersebut. (saya nggak dapet deskripsi ini. Saya nggak bisa liat kapan mulai suka dan kenapanya. Lagi-lagi apa karena rasanya terlalu cepat? Tahu-tahu Seoryeong udah nggak suka Gon dan mau balas dendam)
Apalagi Lee Gon dikabarkan memiliki wanita. Seoryeong marah. Seharusnya, Lee Gon juga membutuhkannya. Seseorang yang serasi dengan Lee Gon. Lee Gon dan Seoryeong secara implisit sama-sama menggunakan skandal. Seoryeong juga suka perhitungan Lee Gon. Namun Lee Gon bergerak dengan cinta. Karena Lee Gon sudah 'tinggi' (kekuasaan) sejak lahir, maka ia bergerak dengan cinta (orang-orang. Dinarasikan di episode 13). Kecemburuan Seoryeong berlanjut menuju sisi tergelap. (aelah penulis. Saya harap nggak ekstrimlah kalau cuma cemburu ke cewek yang deket sama orang yang ia sukai. Mulai di episode 11?)

Luna (30 th) - Kim Goeun 
Terabaikan di kota terendah kerajaan. Tanpa orang tua maupun keluarga, tentu saja ia hidup tanpa identitas. Sejak ia dapat bicara dan berjalan, ia mencari sendiri makanan dan tempatnya tidur. Insting untuk menjadi kuat. Kalau pipi kanannya ditampar, ia palingkan kepalanya ke kiri, dan menyerang balik. Begitulah ia kemudian mendapatkan kemampuan mencuri (terungkap di episode 8, ia sangat lihai mencuri gelang Seoryeong tanpa sepengetahuannya), kekerasan, pemalsuan, menyelinap (tersirat di episode 7 sebagai alasannya dimasukkan penjara. Wait, menyelinap ke istana? Penonton terakhir melihatnya sebelum tertangkap adalah saat ia berlari di dekat tempat latihan berkuda Gon). Ia pernah dipenjara dan ia mengaku bernama Luna, nama kucing yang lama hidup di daerah kumuh. (diceritakan di episode 10)
Luna hanya punya 3 bulan tersisa. Orang tua yang ia bahkan tidak tahu wajahnya mewarisinya kanker. Luna yang tak pernah mempercayai Tuhan kemudian percaya. Pria yang mendekatinya seperti cahaya, tuhan yang bernama Lee Rim. 
(mulai episode 11. Lantas apa yang diberikan Lee Rim sampai seorang Luna yang demikian dinginnya mengakuinya sebagai tuhan? Hidup? Saya masih ngarep plot twistnya manis dan dia bisa pergi bersama Lee Rim) 

Lee Rim (69 th tapi berwajah akhir 40.an) - Lee Jeongjin
Kakak tiri Ayah Gon. Anak pertama kakek Gon tapi ibunya tidak diangkat menjadi Ratu (selir) dan dipulangkan. Usianya baru 13 tahun waktu itu? Lee Rim merasa tidak adil. Apalagi adik tirinya yang menjadi Raja hanya karena darah birunya tanpa melakukan apapun dengan dunia di tangannya (manpasikjeok, seruling kuno dipercaya berkekuatan). Dua dunia.
Kemarahan Lee Rim yang memakan waktu dan usaha menjadi rencana nyata yang pada suatu malam ia akhirnya menarik pedang (empat macan. Penebas iblis dalam sebuah ritual cenayang) untuk membunuh kakaknya. Tapi Gon kecil melihatnya dan berusaha menghentikannya. Meski tak berhasil, Gon kecil mampu membagi manpasikjeok menjadi 2 dengan pedang empat macan yang digeletakkan setelahnya. Ketika Lee Rim yang dalam pelarian sampai di hutan, pintu menuju dunia lain terbuka. Lee Rim menertawakan tuhan yang memberikannya pintu tersebut. 
Lee Rim percaya bukan tuhan yang membuat manusia namun manusia yang mengadakan tuhan. Ia bertanya pada orang-orang (kurang beruntung), apakah kamu ingin mengubah hidupmu? Dan orang-orang itu mengubah matanya dengan keinginan (baru). Lee Rim memutuskan menembus keinginan mereka dan menjadi keberadaan lebih besar dari keinginan itu sendiri. Untuk menjadi tuhan di 2 dunia, ia harus mengambil bagian manpasikjeok yang sebelah (dalam genggaman Gon. Oke, inilah tujuan utamanya).

Jung Doin (50 th.an) - Jeon Baesoo
Lima prinsip Taekwondo adalah tujuan hidupnya. Sejak 25 tahun lalu (Taeeul berusia 5 tahun. Diungkap di episode 5 sejak usia itu ia tidak punya ingatan tentang ibunya) ia ditinggal istrinya karena kanker (diceritakan Taeeul di episode 12 ibunya meninggal saat ia umur 5 tahun bertepatan dengan tahun pembukaan dojo. Ibunya instruktur yang terkenal dan ia memegangi sabuk hitam ibunya saat ibu meninggal. wait! Luna also has the same disease?) dan membesarkan Taeeul seorang diri. Tempat pelatihan Taekwondo (dojo) yang ia miliki cukup tua dan tak terlalu terkenal di lingkungannya. Ia sering berdebat dengan Taeeul mengenai penutupan dojo tapi hal itu berhenti sampai Taeeul diterima di kepolisian. (Shinjae juga menjadi murid dewasa di sana atas usaha promosi Taeeul). Ayah bangga bisa menggratiskan biaya pelatihan murid yang tak mampu, namun karenanya ongkos sewa selalu menjadi bagian Taeeul (? Tersirat di episode 13? Ayah bilang Taeeul baik sebulan sekali, yaitu pas gajian). 
Ayah sangat ingin membakar kebimbangan (?) daripada berkompromi dengan dunia (woa. Berpendirian). Ia guru yang ketat tanpa memandang status. Seorang dewasa sejati yang berpegang pada kepercayaannya sendiri sebagai kekuatan yang menyemangati dan menunjukkan di era 5G ini. (sedih ketika deskripsi ini tak banyak diceritakan. Ayah hanya tempelan?)

Seong Jeonghye (50 th.an) - Seo Jeongyeon
Aku tak menyelesaikannya (tak pernah usai). Mencuci piring di rumah makan, membersihkan bangunan, tangga.. (diungkap di episode 10, ia pernah bekerja sebagai pembantu keluarga Shinjae) Namun hutang judi suaminya tidak berkurang. Aku berdoa setiap hari agar suamiku mati. Sulit juga bagi kakak iparku yang terlahir polio dan harus menggunakan kursi roda seumur hidupnya. Kupikir aku akan melarikan diri bersama putraku saat aku sudah mengumpulkan 2 juta won. Namun suatu hari hal luar biasa terjadi dalam satu waktu. Kakak iparku bangun dari kursi roda dan ajaib berjalan. Ia mengabarkan pula kematian suamiku. Entah dibunuh atau meninggal murni (kecelakaan). Ah.. Dan juga kematian putraku (terungkap di episode 14). Di situlah aku sadar, ia bukan kakak iparku. Kenyataan lain bahwa putraku, aku, suami, dan kakak iparku (serta orang lain) mirip dengan seseorang. (o.oh! Apa artinya ia tahu soal dunia paralel? Di episode 8, ia bercerita kalaupun ia mati mereka akan membangkitkannya kembali. Dengan time travel? Di episode 13 ia bertemu dengan mantan majikannya dan sadar mungkin ada orang yang mirip dengan anak majikannya yang kecelakaan dan ditukar dengan anak lain yang mirip tapi sehat oleh Lee Rim?)

Jang Michael (27 th) - Kang Hongsuk
Penampilan, nada bicara, dan pakaiannya yang tidak bisa dibedakan dari preman plus berbeda dari detektif biasa. Premannya aja juga bingung haha. (bagus sih. Tersirat di episode 7) Namun ialah yang lebih sensitif dan kaya (hoala!) dari siapapun (kayaknya dia tahu perasaan Shinjae dan Taeeul sebenarnya). Nama baptisnya Michael berkaitan dengan peran malaikat penting melawan kejahatan. Dan ia percaya itu tugasnya yang diberikan Tuhan di dunia. Karenanya ia selalu berani dan menjauhi umpatan serta tinju (?). Tak seperti penampilannya, panggilannya dalam Tim (3) adalah JangMi atau mawar.

Lee Jongin (pertengahan 70 th) - Jeon Museong
Paman Lee Gon. Sepupu ayahnya. Ia seorang profesor kesehatan dan sedang mengabdi di almamaternya (?). Tapi jika sesuatu terjadi pada Lee Gon, Lee Jongin adalah penerus tahta nomor wahid. (karena itukah ia memiliki cincin Raja? Sebab ia adalah salah satu pewaris tahta? Tapi mengapa ia bilang itu bukan miliknya? Kalau bukan kenapa ia simpan dan tak diberikan ke Gon?)
Anggota kerajaan yang tidak menduduki tahta harus keluar dari politik dan kekuasaan untuk 3 generasi. Namun karena rezim dan kedudukan (bisa) berubah, banyak orang mendatangi dan mencoba mengantri mendukungnya. (tersirat di episode 10. Saat Lee Rim berhadapan dengan Gon dan membuat kekacauan mencoba menembaknya-meski yang terluka Eunseob menggantikan Yeong di Corea, kerajaan panik. Gon tak punya penerus karenanya pendukungnya merasa perlu Jongin mengambil tindakan) Ia sendiri berada di bawah bayang penghianatan (yang mungkin menggodanya). Walau demikian, ide busuk tidak menggoyah integritas dan kelurusannya. Ia mengirim keluarganya ke luar negeri untuk mencegah fitnah dan memutuskan menjadi naungan bagi Gon muda yang yatim piatu. (fiuh. Lega.. Bahkan hingga akhir hayatnya di episode 10, Jongin tetap setia di samping Raja)

Myeong Nari (29 th) - Kim Yongji 
Pemilik gedung dan kedai kopi sebelah dojo. Teman SMP (?) Taeeul. Punya banyak uang, tanah,mobil, dan ketertarikan. Ia mengikuti banyak klub, astronomi (di episode 13 ada 'Gemini' disebut, akankah ada penjelasannya? Nggak ada jawabannya di episode 16. Tapi di episode 15 mereka bekerja sama), misteri tarot, (masih banyak?) lainnya. (lumayan nih, harus ngejelasin banyak pokoknya hal-hal yang bikin bingung di drama. Tersirat di episode 8 saat ia ditanya mengenai kembaran oleh Taeeul. Nari menunjukkan kecerdasannya. Dari cara ngomongnya juga sebenarnya udah kelihatan sih. Di episode 15 dia juga dikabarkan sudah bergabung klub membaca garis tangan). Ortu dan saudaranya imigran di Kanada. Mmm.. Penulis juga? (jangan bilang dia nulis kisahnya Taeeul dan dunia paralel wkwk. Bentar.. Bukannya Seungah juga penulis ff?) 

Myeong Seungah (29 th) - Kim Yongji 
Bekerja di kantor kehumasan kerajaan, mengurusi sosial media dan web. Ahli dalam distribusi berita serta penanganan kritik(?), dan photoshop. Keluarganya imigran di Kanada (Seungah baru pindah ke Korea) sehingga keluarga kerajaan merupakan kehidupan sosialnya yang pertama di Korea. Mimpi Seungah yaitu menjadi jubir kerajaan. (di awal perekrutan sudah disebut) 

Yoo Kyungmoo (40 th.an) - Lee Haeyoung
Seorang bawahan Lee Rim yang sangat setia, mengurusi keperluan Lee Rim di kerajaan Corea. Bahkan ia melindungi Lee Rim dari tembakan malam itu (Sudah diperlihatkan di episode 12? harusnya ada backgroundnya kenapa segitunya mempertaruhkan nyawa). Ia tak menyangka Lee Rim yang kematiannya sudah tersiar luas justru mendatanginya yang hidup menyedihkan bersembunyi di ladang garam. Lee Rim akan menjadi tuhan dan perintahnya adalah segalanya. (lupa ini pernah disebut di episode berapa)

Min Hwayeon (50 th.an) - Hwang Yeonhee 
Berwajah mirip dengan Seonyeong, salah satu pelayan istana (mata-mata Lee Rim terungkap di episode 8). Ibu yang hidup sengsara menggambarkan betapa berat yang ia lalui. Setelah penahanan suaminya, ia tiba-tiba menjadi rusak dan berjudi. Menyulitkan Shinjae, putranya. 

Park Jiyeong (29 th) - Park Jiyeon (awwww salah satu aktris fav di Haechi. Aktris musikal juga)
Cantik dan cucu pemilik perusahaan farmasi yang besar (tapi berskandal pajak di episode 6 terungkap), serta menantu konglomerat. Ia iri dengan Seoryeong, anak penjual ikan yang sepopuler sekarang. Ia sudah akan melahirkan. (mau dijadiin apa ya oleh Lee Rim? Terjawab di episode 15. Jadi alat untuk membunuh calon penerus tahta Gon dengan menabrak mobilnya) 

Penasihat Seryeong - Lee Hwangeui
Misterius. Disebut bayangan atau rahasia Seoryeong? Ia selalu berada di samping Seoryeong mendengarkan jadwalnya tanpa berbicara atau berekspresi. (di episode 13 diungkapkan dia adalah bawahan bos KU yang juga kemudian bekerja untuk Seoryeong dan mengaku digunakan oleh petinggi yang tidak ingin tangannya kotor. Menawarkan diri sebagai utusan Gon. Hmm.. Orangnya Lee Rim yang bisa pindah-pindah.. Poin catur yang dapat diatur letaknya) 

Selanjutnya dari ingatan dan sinopsis serta 1 review YouTube https://youtu[dot]be/LYDCdUr0HNc
baca juga teori twitter
https://twitter[dot]com/brunette931/status/1264250710012485634?s=19
English blog by someone who understands Korean https://thetalkingcupboard[dot]com/2020/04/24/the-king-eternal-monarch-notes/amp/

Episode 1
.Ada setting 2020 (Cerita episode 6 masih sampai musim salju 2019. Episode 15 akhirnya ditangkap tapi tidak ada scene episode 1. Mereka bukan interogasi resmi karena hukum Korea nggak berlaku buat Lee Rim. Mereka hanya menanyainya informal) Lee Rim ditahan karena apa? Bagaimana bisa ditemukan? Bener.. Episode 1 Gon di depan gerbang, gemuruh petir, tapi nggak diliatin manpasikjeok atau gerbang terbuka. (Gon dengan pakaian yang sama malah muncul di episode 10 bertemu Taeeul. Di episode 12 dia bilang akan mengenakan pakaian tersebut sambil memegang bunga. Melamar? Ternyata dijawab bukan di episode 16. Dia ingin kembali ke tahun 1994 untuk membunuh Lee Rim) Dia cuma megang pedang. In 2020, Rim finally get the whole manpasikjeok? (terjawab salah di episode 15. Lee Rim berhasil ditahan di Korea. Bagian sikjeok miliknya diambil Gon)
.manpasikjeok, seruling bambu, mengantar ke pintu rahasia seperti cermin (kata yang di forumsoompi kemarin, Alice looking through the glass? Dua dunia yang berkebalikan. Gon Corea yang bangsawan yatim piatu, Jihoon yang miskin dan punya ortu lengkap. Rim yang kuat di Corea, Seongjae yang lumpuh di Korea. Luna penjahat yang yatim piatu, Taeeul polisi yang hanya ditinggal ibu. Atasan Taeul Corea yang sukses, sementara tidak di Korea. Rival Seoryeong yang kaya Corea, melarat di Korea. Si tegas dan dingin Yeong di Corea berbeda dengan Eunseob yang lembut di Korea. Nari teman Taeeul di Korea tak begitu menyukai Eunseob-masih dipertanyakan- sementara Seungah menyukai Yeong dan tak kenal dengan Luna di Corea. Pembully Shinjae merupakan perwira AL Corea. Selain cermin di Alice ada pula karakter bernama 'waktu' berhubungan dengan jam yang terputar terbalik di judul bergerak drama ini) diapit dua batu raksasa tinggi dalam hutan bambu. Kalau ada 2 orang di 2 dunia, apakah manpasikjeok juga ada 2? Mengingat perbedaan kedua dunia paralel adalah sejak pemerintahan Raja Sohyeon, sementara manpasikjeok ada sejak jaman Silla yang kedua dunia masih belum terbedakan saat itu. (terjawab hanya ada 1 manpasikjeok di episode 14) Untuk episode-episode selanjutnya persoalan setting waktu kadang dijelaskan dan tidak. Beberapa orang jadi bingung.
.leher Gon yang ditekan manpasikjeok oleh Lee Rim itu leher kiri, tapi kenapa lukanya di kanan. Ada blogger yang teliti menonton dan bilang, manpasikjeoknya memang di kanan. Tapi angle kameranya nggak pas ngeliatin itu. (Gon setelahnya juga dicekik di leher kiri. Tapi saat dilihat Taeeul di episode 6, lukanya di leher dekat tulang selangka?)
.ID card Taeeul Korea tahun 2019 bagaimana bisa ada di Corea tahun 1994 dan siapa yang membawanya? Apakah melalui tempat hampa udara di episode 5? Atau manpasikjeok yang utuh? (Gon Corea sendiri tidak yakin yang membawa ID card Taeeul adalah Taeeul sendiri di episode 6. Seseorang membawanya. Di episode 13 terbuka bahwa Luna yang membawa ID card Taeeul yang diberikan Lee Rim kepadanya, menemui Gon. Gon kemudian memang pergi ke tahun 1994 dengan membawa ID Card Taeeul, menyelamatkan dirinya sendiri di masa lampau di episode 14) Dan Gonkah yang mengambil ID card Taeeul di kotak nenek?Mengapa ia tidak terkejut saat nenek bilang ID cardnya hilang? Terjawab di episode 8, bawahan Lee Rim (ibu Shinjae? Karena ibu Shinjae terlihat mengambil foto yang ditinggalkan dalam salah satu buku. Sebelumnya Lee Rim mendapat ID card Taeeul yang dicuri di istana dalam buku juga) yang mengambilnya dan menunjukkan pada Lee Rim. O.oh melihat ID card Taeeul, Kyungmoo bercerita Taeeul itu terkenal di Corea dengan nama Luna. Penjahat yang terkenal. Lee Rim lalu memerintahkannya menangkap Luna untuk dibawa kepadanya. Sigh. Apa rencananya. Odette in Swan Lake story? Menukarnya dengan Taeeul menggoyahkan Lee Gon. Lol. Seems no. Bisa jadi malah disuruh membunuh Gon atau musuh-musuh Lee Rim sendiri. Terjawab di episode 11 dan episode 13. Luna dibawa ke Korea menyamar menjadi Taeeul, menemui Gon dan membuatnya pingsan. 
.siapa Lee sangdo yang terbunuh sebenarnya? Bagaimana ia bisa memiliki hp dengan rekaman berita Corea di episode 6? Terjawab di episode 7, kemungkinan Lee Sangdo yang terbunuh adalah Sangdo Corea? Karena Sangdo Corea yang bekerja di perawatan kuda kerajaan terlihat mencurigakan memandangi Gon yang tiba-tiba mengajak Maximus jalan (ke hutan bambu). Dan Sangdo Korea mau ke Corea untuk melarikan diri dari penangkapan Taeeul dkk karena ia buronan? 
.Sebenarnya apa yang dilakukan Lee Rim dengan cat dan kuil? (Hellobungz https://twitter[dot]com/hellobungz/status/1259068194687299588?s=19 menebaknya darah kembaran-kembaran yang dibunuh untuk digantikan.
.Luna yang lari dengan jaket kelinci dikejar Lee Gon karena di Alice in wonderland, buku kesukaannya tokoh utama mengejar kelinci untuk menjawab penasarannya. (Di episode 6 Taeeul menyebut legenda kelinci di bulan. Berkaitan dengan kekekalan? Senjata Lee Rim? https://en.m.wikipedia[dot]org/wiki/Moon_rabbit -terjawab hingga di episode 15 Luna tidak di pihak Lee Rim dan Lee Rim tidak bisa kekal karena sudah tidak memiliki sikjeok. Yang tidak menua malah Gon dan Taaeul yang sering wira-wiri dunia paralel? Padahal yang dicurigai kekal justru Gon berdasarkan kaitan kisah Raja Arthur.
Referensi Alice in wonderland yang bagus. Sebelumnya penulis drama juga menyelipkan referensi putri duyung di Secret Garden. Kisah yang juga menggunakan ramuan untuk berubah)
Bagaimana Luna dapat menyusup ke lingkungan Gon yang ketat penjagaan dan menarik perhatiannya? Apakah sudah direncanakan Rim atau hanya kebetulan semata? (Di episode 14 diungkap ternyata ini merupakan rencana Gon dari masa lalu agar ia di tahun 2019 menemukan dunia paralel. Sengaja meletakkan jaket kelinci dengan kartu masuk lapangan berkuda di sana untuk diambil Luna)
.Bagaimana Taeeul bisa melihat Luna dari kaca spion mobilnya? Apakah Luna memang masuk ke dunia Korea bersama Lee Gon dan menyelinap masuk mobil Taeeul? Atau dejavu? (disebut Nari di episode 12. Menurutnya melihat kembaran di dunia paralel karena kesamaan frekuensi ini disebut dejavu. Di episode 7, Bahkan Seoryeong Corea melihat sosok kembaran Korea-tidak ada di diagram hubungan karakter- lewat layar sesaat setelah Gon menggunakan manpasikjeok. Mirip dengan di episode 1 dan episode 4) Apa mereka pernah bertemu? (dengan teori time loop dan time travel rasanya sangat mungkin. tapi sampai episode 16 teori ini terbantahkan. Mereka tidak pernah diperlihatkan bertemu sebelum 2019) Btw Luna di sini menyeramkan karena muncul mendadak, tapi tidak di teaser episode 7 yang wajahnya diclose up.

Episode 2
.baik Yeong maupun Eunseob sama-sama membantu Gon dan berkaitan dengan Taeeul? Apakah Yeong juga akan bertemu dengan Luna? (Yup di episode 15) Bagaimana ceritanya Eunseob bisa selalu di sisi Taeeul sejak usianya 3 tahun? Tetanggaan dari kecil? Sweet.. (di episode 13 Nari menyebut Eunseob sebagai teman sejak kecil dan deskripsi Nari tuh temen sekolahnya Taeeul. Jadi mereka bertiga udah deket sejak lama)
.untuk apa Lee Rim membantu mereka yang kurang beruntung? Dengan membalas dendam atau menukar posisi mereka yang berkebalikan di 2 dunia. Dijadikan bawahan? (sebenarnya sudah ia sebut di episode 1 kalau ia ingin jadi orang yang memberi hukuman. Di episode 12 seonghye menyebutnya sebagai tuhan yang membunuh dan membiarkan hidup orang sekehendaknya. Hingga episode 15 hal ini dibenarkan. Semua bawahannya adalah orang-orang yang ia bantu) Woa baru nyadar Lee Rim tertangkap kamera seungah di acara lomba dayung? (di episode 9 juga tertangkap CCTV berada di penghormatan terakhir kapten yang dulu memimpin Tim Gon?). untuk apa Lee Rim melihat Gon lebih dekat tanpa merebut manpasikjeoknya?
.bagaimana ada tongkat Lee Rim di rumah ibu Seoryeong? Ada yang nebak Lee Rim memancing Seoryeong bahwa ia masih hidup? Sebab di kesempatan lain, meski payungnya tertinggal belum ia ambil, Lee Rim masih tampak berjalan dengan payungnya seolah payung itu tak berisi manpasikjeok 
.mengapa Lee Rim membiarkan ibu Jihoon hidup? Cinta pertama? Bagaimana kalau nanti ia bertemu dengan Gon dan balik melawannya? Referensi di bawah menebak, ia bisa dijadikan membingungkan Gon yang sudah tak punya ibu dari kecil (?). (Terjawab di episode 12. Lee Rim menyebutnya sebagai umpan yang bagus dan menyinggung putranya kalau masih hidup.. Di episode 15 Lee rim berencana membawanya ke Corea sebagai ibu Gon yang bangkit dan mengungkap rahasia keberadaan dunia paralel. Woah woah tambah kacau ntar. Untungnya nggak kejadian. Ibu memilih bunuh diri dan otomatis menggagalkan rencana Lee Rim. Lee Rim juga berhasil ditangkap dengan cukup mudah sih. Lah dia juga bukan musuh yang pintar-pintar amat. Apalagi dia pas nggak bawa pasukan dan nggak pinter ngitung durasi time freeze kayak Gon #eh) 

Episode 3
.apa ada pengaruh hubungan mimpi buruk shinjae dan simbol Corea? Apakah Shinjae pernah melihat simbolnya di rumah? Bukti bahwa ibunya bekerja di istana Corea? Apakah ada kembaran Shinjae di Corea? (lanjut episode 8) 
.waktu Gon berhenti (ia mencatatnya. Ada teori matematika kenapa dia menggunakan bilangan Euler untuk menghitung waktu yang berhenti. Teorinya udah di atas ya. Bahkan sampe di-rt kfan) berarti Lee rim melewati gerbang dan kini ia berada di Corea sama dengan Gon. Tandanya Lee Rim ke Corea adalah kedatangannya di perpustakaan kecil yang hanya ada di Corea. Saya kira kerjanya cuma di ladang garam, ternyata di perpus juga. Lee Rim dan bawahannya semua sudah berkumpul tepat waktu di ladang garam Corea. Aiguuuuu... (lanjutannya di episode 9 saat ia membawa pasukan yang sama?)

Episode 4
.Eunseob yang memegang gelas dingin juga bisa merasakan cangkir panas Eunseob. Apakah gerbang batas melemah? Atau memang ada koneksi 2 dunia tepat ketika gerbang terbuka? (terkait bahasan episode 1)
.Saat Rim kembali ke Corea menyusul Gon. Waktu Gon yang berada di Corea berhenti. Tapi Rim diperlihatkan menemui ibu Jihoon? Atau ibu Gon masih hidup? (dibantah di episode 12. Ibu Gon meninggal saat ia berusia 3 th) Atau ini flashback saat di Korea? sepertinya benar (Editingnya sangat mungkin membingungkan orang)
Dan Lee Rim menyesuaikan jamnya dengan jam Corea? Terlihat dia memajukan menitnya.. Hmm.. Time difference.. Durasi di dalam portal, batas dunia paralel berbeda dengan dunia paralel sendiri 
.November. apakah anak kecil itu sengaja menabrak Taeeul dan menjatuhkan ID cardnya? (di episode 11 anak ini menjelaskan dirinya adalah anak yo-yo yang cuma 1 dan bisa pergi melewati dua dunia paralel untuk menyeimbangkannya) Mengapa ia berada di perpustakaan Kyungmoo? Mengapa juga ibu Shinjae ke sana? Menyampaikan pesan ke Lee Rim? (terjawab benar di episode 8) Apakah orang-orang rekrutan Lee Rim bisa pp dua dunia juga? (terjawab di episode 7 bisa. Ada 1 orang yang dibawa bawahan Lee Rim yang persis sama dengan orang lain di hadapannya) 

Episode 5
.Saya suka banget Goeun dan Dohwan di sini. Shinjae juga cool diperankan Kim Kyungnam. 
.Tempat apa yang sebenarnya hampa udara dan waktu itu? Di ujung dunia Lee Gon kah? Bagaimana transformasi batasnya? Tidak diperlihatkan. Yang jelas Gon belum pernah ke ujungnya berarti bukan di dalam portal/ gerbang. Apalagi Gon bilang pernah naruh balon di sana. Apakah hanya Gon atau semua orang memang tahu? Apakah di ujungnya nanti menjadi sebuah tempat indah seperti di permulaan teaser? (lanjut ke episode 9. Di episode 13 masih diungkit kalau Gon memang tidak bisa melewati ujung portal satunya. Berarti waktu di dunia hampa atau yang sering disebut antara 0 dan 1 memang tidak bisa dikendalikan. Mereka bisa jadi langsung berada di dunia paralel lain meski masih ingin berlama-lama di 0 dan 1 tanpa mampu pergi ke ujungnya. Sayangnya kayaknya masalah 'ujung' portal ini kemungkinan tidak akan dijelaskan melihat bagaimana di episode 14, Gon dan Rim yang diperlihatkan berlari ke ujung portal menuju Corea akhirnya sampai. anggap saja terjemahnya berlainan maksud, bukan 'ujung')

Episode 6
.untuk apa Taeeul menjatuhkan benih di tempat hampa udara? (lanjut di episode 10 ada yang bilang bunga yang dibawa Gon adalah bunga dari benih yang dijatuhkan Taeeul di sana. Di episode 13 dijelaskan benih yang Taeeul tanam tenggelam di tanah. Kata Gon, yang hidup seperti biji-bijian itu tenggelam, sementara koin atau balon-benda mati di sana malah melayang. Taeeul kemudian menyebar benih lain)
.jujur saya nggak bisa nyambung dengan percepatan romansa Taeeul dan Gon. (di episode 1-4 cenderung adu argumen, di episode 5 kiss?) Meski ya kalau dua-duanya cantik dan ganteng itu mungkin saja. Apalagi keduanya jomblo lama. 
.mengapa Rim mengincar Shinjae? (Terjawab di episode 8) Mengapa ia pergi ke tempat Taeeul? Kayaknya juga karena Shinjae. (di episode 15, Lee Rim datang ke sana menyampaikan pesan ke Gon melalui Eunseob, kembarannya Yeong. Apa Lee Rim kira Eunseob adalah Yeong? Kenapa nitip pesan ke dia ya yang katanya juga dilihatnya tempo hari di Corea?)

Episode 7
.Ada pelayan istana yang berpacaran dengan sekretaris Seoryeong? Sekretaris yang dapat Info dari pacarnya membocorkan pada Seoryeong kalau Gon punya pacar karena Gon memasak sendiri dan membawanya ke kamar.
.selain itu ada pencuri lain. Nenek/kepala pelayan belum menemukan/menyadari siapa pencuri ini. Ia bekerja sama dengan orang kepercayaan Yeong untuk mencoba mengungkapnya dengan menyelidiki pegawai dalam istana yang bekerja saat Taeeul datang. (lanjut episode 12, ketemu pelakunya adalah ibunya Shinjae yang menggunakan nama orang lain agar bisa masuk istana. Ketahuan pergi ke tempat bawahan Lee Rim dan membakar foto Shinjae bersama ibunya. Padahal diketahui anaknya, Shinjae, sudah mati)
.lagi, Lee Rim mendatangkan petani(?) dari Corea. Ayahnya dari Corea terlebih dulu didatangkan. Lee Rim sebelumnya mengatakan pada kembaran putranya di Korea untuk bersedia menukar (?) ayahnya yang baru ini dari Corea, agar pewarisan kedudukannya sukses. Mungkin ayahnya yang sebenarnya (Korea asli) tidak ingin ia mendapat bagian kekayaan karena sifatnya yang tak benar. Endingnya karena si putra konglomerat Korea ini melawan Lee Rim (tidak puas dengan ayah Corea kiriman Lee Rim), ia dibunuh oleh anak petani Corea untuk menggantikannya sebagai konglomerat. Anak dan Ayah pun bersatu dalam kehidupan yang berbanding terbalik di Korea. 
.Yeong dibawa Gon ke Korea. *orang tua Yeong bercerai. Yeong tak punya adik. Berbanding terbalik dengan keadaan Eunseob kembarannya di Korea. 
.Taeeul membelikan Gon ponsel yang dibayar nyicil.
.Taeeul bilang ada kasus yang salah satu alat buktinya membongkar keberadaan Corea. Lee Gon bilang juga kalau pamannya, Lee Rim mungkin masih hidup selama 25 tahun wira-wiri dunia paralel. Gon ingin Taeeul menemukan jejak perbuatannya selama ini di Korea. Taeeul kemudian tahu kalau Jihoon dan ayahnya di Korea sudah mati. Dan Lee Rim Korea, Lee sungjae yang telah mati pula seorang disabilitas. 
.ada dialog lucu. kau pikir daging bakal mbalik sendiri kalau kepanasan? ㅋㅋㅋ 
Ditambah gestur dan mimik pas, jadi ngakak dong. Apa ini ad-lib kepala Tim 3?
.Shinjae tidak bisa tidur. Ia mengingat saat dirinya siuman di rumah sakit. Ibunya di sampingnya sangat lega dan berterimakasih. Di episode 8 lanjutannya.
.Lee Rim berniat memblok hutan bambu sebagai jalan masuk dunia paralel. Ia tahu kalau waktu berhenti untuknya bukanlah efek samping tapi aturan melewati gerbang. Maka Yeong ditugaskan berjaga-jaga di Korea sementara Gon pulang. Ia ingin Yeong menemukan Lee Rim dan membunuhnya
.Pihak polisi Corea mengirim pesan pada ponsel Yeong yang nggak aktif? Kalau mereka sudah menangkap Luna atas tuduhan pencurian. Sidik jarinya sama dengan yang dikirim Yeong dari istana. 
.seoryeong mendekati Luna yang dibebaskan cepat tanpa tahu Luna bukanlah Taeeul yang ia temui waktu itu (Siapa yang membebaskannya dengan banyak catatan kriminal? Terjawab di episode 10. Sekretaris seoryeong memberi info mengenai istana yang mencocokkan sidik jari Luna). 
.Pihak Lee Rim mengirim surat kabar Korea ke Seoryeong di Corea dengan mengatasnamakannya berasal dari rumah ibunya. Seoryeong tidak sadar itu dari dunia berbeda. Untuk apa Lee Rim mengirimkan surat kabar dan membuat Seoryeong sadar? Memperalatnya juga? (terjawab benar di episode 12. Lebih tepatnya mengajaknya bekerjasama) 

Episode 8
.seoryeong mengira Taeeul punya kembaran? Luna di hadapannya sangat berbeda. Merokok, kriminal, menyeramkan? 
.Shinjae tahu mengenai simbol Corea dan dia ingat pernah melihat Gon kecil menangis di TV (saat kematian ayahnya). Shinjae berasal dari Corea. Dan itu salah satu alasan mengapa ibunya menganggapnya keajaiban. Mungkin dulu Shinjae Korea sudah meninggal dan ibunya menginginkan anaknya kembali dari koma. Lee Rim membawakan Shinjae untuk ibu Korea kemudian. (bisa jadi ibu Koreanya tidak tahu anaknya yang sebenarnya sudah meninggal) Ini menjadi alasan bawahan Lee Rim membuntuti Shinjae. Kalau-kalau ia membocorkan keberadaan 2 dunia? (terjawab salah di episode 9 dan 11. Awalnya Lee Rim hanya berniat memberi foto Shinjae pada ibunya Shinjae di Corea sebagai imbalan namun kemudian Lee Rim mengajaknya bekerjasama di episode 12. Lee Rim punya fotonya dengan Taeeul. Mungkin Lee Rim hendak memanfaatkan perasaan Shinjae yang menyukai Taeeul? Memanfaatkan cinta bertepuk sebelahnya karena Taeeul malah menyukai Gon? Terjawab salah di episode 15) Shinjae muda terlihat menangis di depan sebuah toko. Dan ibu Shinjae Corea juga nyesek melihat foto Shinjae, apa Shinjae dulu ia tinggalkan (terjawab di episode 9 benar ditinggalkan. Tapi berapa hari? bajunya bisa gonta-ganti saat ditinggal) demi kebahagiaannya di Korea karena mereka miskin? (teori cermin dan Shinjae pernah bilang waktu bertemu ibunya di Korea, pertama kalinya ia mencium bau harum. Rumah orang kaya. Terjawab di episode 15. Ibu shinjae yang putus asa, bersedia berpisah dengan Shinjae agar Shinjae dibawa Lee Rim ke Korea jadi anak orang kaya) Dan sebagai imbalan, ibu Shinjae setelahnya baru diberi pekerjaan di istana? (terbukti benar di episode 15. Dengan syarat menggunakan nama orang lain) Di episode ini diperlihatkan Shinjae sangat menyayangi ibunya. Shinjae menjemputnya di penjara dan diajaknya makan bersama.. 
.Taeeul cerita ke Jangmi kalau banyak polisi bunuh diri. Kasus yang mereka tangani kadang menghantui karena itu polisi harus segera move on dari kasus kalau sudah selesai. Tidak boleh dibawa perasaan. Tampak Taeeul sangat akrab dengan Shinjae. Beberapa kali tidak bersama, ia mengirim pesan pada Shinjae.
.memori Shinjae akan Corea terpantik saat ia mengunjungi makam Jihoon karena Taeeul menyelidiki kematian Jihoon (?) dan ia ingat Taeeul hendak menceritakan apa yang ia selidiki terkait Lee Sangdo namun masih seperti fiksi sains sebab melibatkan dunia paralel yang mungkin tidak dipercayai Shinjae.
.Shinjae lanjut menyelidiki Gon setelah melihat gelagat Eunseob mencurigakan. Eunseob yang meminjam jaket Yeong malah mendapati ponsel Yeong masih di dalamnya. Wallpapernya foto Yeong dan Gon memakai baju angkatan laut. Shinjae curiga dan menanyakan di mana Gon yang akrab dengannya. Shinjae menyelinap dengan bantuan Eunseob (sebab Hotel dipesan atas namanya, ia bisa mendapat kunci kamar Gon) dan menemukan jaket Gon yang masih menyimpan dokumen otopsi Lee Rim lengkap dengan simbol Corea di amplopnya. Tak lama, Yeong menyerangnya. Shinjae tahu Yeong bukanlah Eunseob. Ia bahkan memiliki pistol yang siap menembaknya jika tak melepas tangannya mencengkram kerah jaket Gon. Shinjae bertanya apa Gon anak yang menangis waktu itu? Tapi Gon bisa langsung nyambung dengan ia versi kecil yang memang menangis di Corea. Gon terkejut Shinjae rupanya orang Corea? Phone case Shinjae diperlihatkan bertuliskan true or false hmmm shinjae yang abu-abu dan bimbang
.ibu Jihoon tahu sopir yang bersamanya akan memberitahu semua pada Lee Rim. Karena melihat Shinjae, seorang polisi mengunjungi makam Jihoon, ia pikir rahasia Jihoon-Lee Rim akan terbongkar. Ia tidak peduli akan mati. Toh dia tidak bisa mati. Mereka akan menghidupkannya kalau ia mati. Ibu mengatakannya sambil melepas gelang dan memegangi pergelangan tangannya yang penuh goresan? Tertawa kecil miris.
.bawahannya Lee Rim di mana aja ya? Kok bisa ngomong dengan tahanan di tempat legal? Mana di episode 11 ia bisa membunuh tahanan ini dan membuatnya seperti bunuh diri dengan pengawas CCTV tak ada di tempat dan kamera yang menangkap keberadaannya juga dimatikan). Terus bisa gitu membuat dokumen pemalsuan kematian Lee sungjae Korea yang katanya meninggal di panti (panti di sini kayak rumah sakit, cuma nggak ditungguin keluarga) padahal mayatnya dibuang di Corea.
.Luna dapat menjadi pembunuh berdarah dingin, tapi dia tidak melakukannya di hadapan anak-anak. Ia malah menyuruh anak kecil di tkp pembalasan/aksinya untuk pergi dari sana segera. 
.anak kecil yo-yo yang melihat ibu Shinjae versi Corea mengenal Luna? Hubungan mereka apa mengingat anak kecil tahu pekerjaan Luna? Van siapa yang dipakai Luna dan anak itu? bagaimana ia mendapatkannya? (dari hasil kriminalnya sepertinya. Tidak dijelaskan gamblang) Luna tampak perhatian padanya dengan memberikan jaket yang ia ambil sewaktu pelarian agar anak kecil tidak kedinginan. Saya suka kemisteriusan Luna dan karakteristiknya. (sampai episode 16 tidak dijelaskan. Bisa jadi mereka tidak berhubungan kandung tapi Luna mmempercayai anak ini yang sering dilihatnya di tempat yang sama) 
Btw ada yang nebak anak kecil mainan yoyo dan baca King Arthur ini dewa? Yoyo sebagai miniatur dunia yang bisa ia kuasai dengan benang merah yang melilitnya? (mulai disebutkan di episode 13) Sampe ada @0o0_jing twitter bilang perbedaan tangannya? Tangan sebelah kelihatan muda dibanding yang satunya? Beneran mirip karakter Sungjae di Goblin kah? (di episode 14 diungkit anak ini perwujudan spirit manpasikjeok. Di episode 16 malah ditunjukkan ia sebagai pembuly shinjae dan teman Lee Gon) 
.Taeeul tahu pelaku pembunuhan yang ia tangani memiliki ponsel yang sama dengan yang dimiliki Lee sangdo. Bisa mendengar radio Corea. Radio yang termasuk dalam teori mekanika kuantum? Frekuensi sama dapat berada di 2 tempat? (disinggung Nari di episode 13. Bisa melihat kembaran di dunia berbeda bila frekuensinya sama. Mungkin terbukanya gerbang itu menyambung frekuensi? Nari beneran pinter banget sukaaaaa. Mana dia cool. Tapi Nari eunseob bukan selera saya hehe. Saya malah suka interaksinya goeun-dohwan-kyungnam) Eh kayaknya masing-masing orang berbeda deh isi berita radionya. Rekaman Radio, bukan live radio. Sesuai keperluan perannya? Seperti yang menggantikan mantan Jiyeong. Ia hanya mendengar berita terkait wanita tersebut hingga dapat menghafalnya di luar kepala. Ia juga memperoleh foto orang-orang di sekitar wanita tersebut yang mungkin diberikan Lee Rim. 
.Seoryeong dapat surat kabar dari Korea lagi dan ada wajah kembarannya. Tapi ibunya mengaku tidak mengirimkan apa-apa saat ia telpon.
.Lee Rim mengambil payung di tempat ibu Seoryeong dan kemudian ibu seoryeong baru menemukan kalau orang yang menitipkan payung di tempatnya adalah keluarga kerajaan dulu. Tapi ia bingung mengapa Lee Rim tidak menua (btw ibunya Seoryeong juga tetep lho pemerannya hehe sama kayak Lee Rim dan nenek serta Jongin tapi beda dengan ibu Jihoon? Padahal sama-sama generasi tua). Hal aneh yang mengusiknya dan membuatnya menelepon putrinya. Sayang, ia belum sempat cerita hal ini. 
ㅋㅋㅋ saya suka unsur komedi eunseob di sini. Yeong pun berhasil mengecoh atasannya Taeeul dengan berpura-pura menjadi Eunseob. Suaranya mengatakan let's go home tuh mengingatkan saya dengan Olaf. Cute ekspresinya pula. Apa Yeong juga suka Nari? Yeong berdebar saat Nari memperlakukannya akrab? Aiguuu beda dunia please. (hingga episode 16 setelah reset, yeong jadi menyukai seungah. Eunseob menikahi Nari)
.Gon menangkap salah satu komplotan Lee Rim yang ikut dalam rencana Lee Rim 25 tahun silam di Korea (cuma gara-gara keceplos nyebut panggilan Raja di hadapan Gon). Action scene episode ini saya suka.
.iklannya semakin banyak dan terang-terangan ya? Kopi 2 dunia katanya..
.ohya, foto keluarga Jongin sering disorot tapi saya nggak familiar haha. Kenapa ya? (terjawab di episode 15, putra Jongin merupakan penghianat yang membantu Lee Rim kabur dari istana)
.btw saya suka masing-masing cameo di sini punya cerita yang beragam. Ada yang membunuh temannya karena ketahuan mendengarkan Radio Corea. Ada yang ingin hidup kaya. Ada yang ingin ke Corea kabur, eh terus jadi mata-mata Lee Rim. Ada yang mau jadi bawahan Lee Rim di Korea (sampai mati di Corea, bersedia dibawa ke sana tergiur uang).

Episode 9
.Ibu curiga Lee Rim punya anak rahasia (ea, apa benar? Sampai episode 16 tidak) karena seorang mirip Lee Rim datang ke restonya tempo itu. 
.saya baru nyadar kalau mantan suami Seoryeong, salah satu keluarga grup KU masuk penjara namun masih bisa memperoleh foto skandal musuh Seoryeong (ini ada yang nebak foto skandal tersebut sebenarnya berasal dari Korea. Orang yang dijatuhkan Seoryeong waktu itu kayaknya nggak punya skandal di Corea)? Apa jangan-jangan penjara orang kaya di sana juga eksklusif ya? Seoryeong minta suaminya menyelidiki surat kabar Korea (?) yang dikirimkan padanya. Ah.. Dan Eunseob keceplos promosi kimchi Korea yang ia bawa di hadapan Seoryeong saat Gon dan mereka ngelembur evaluasi ekonomi akhir tahun. Gon langsung membalik bagian merknya dan menunjukkan komposisinya. Iklan. 
.Nari suka Eunseob juga? Kenapa dia lebih prefer Eunseob daripada Yeong (yang sedang ngegantiin Eunseob) yang katanya lebih aneh? (terjawab di episode 16 Nari menikah dengan Eunseob) Woo Dohwan bagus banget memerankan dua karakter yang punya charm masing-masing. Sama seperti pemeran lainnya.
.shinjae kasihan btw.. Entah kenapa.. Kayaknya dia nggak bisa nerima ada dua dunia dan dia mungkin bukan dari dunia yang ia percaya (Korea)? Ia menyembunyikan diri dari Taeeul yang menurutnya bisa menemukannya dengan mudah. Awww.. Coba diliatin masa lalu akrabnya mereka gimana.
.Menuju ending ada satu rangkai scene bagus. Dimulai dari Gon melihat matahari pertama 2020 bareng Jongin (super cantik matahari kecilnya), terus dilanjut ngeshoot salju yang jatuh di malam hari dari bawah, dan tempat indah Gon dekat kolam dihiasi cahaya warna-warni 😍
.scene lain yang bagus buat saya adalah rekaman CCTV yang ditonton Gon di laptop Yeong. 27 Mei 2022 (bagaimana bisa?). Tepat saat ulang tahun Taeeul. Taeeul lewat di depan sebuah toko buku dengan anak kecil bermain yo-yo di sana namun tak disapanya. Ia melihat ke arah lain. Anak tersebut tiba-tiba melihat ke depan tepat ke arah Gon (seperti memberitahunya. Rekaman CCTV ini sendiri aneh. Saya menganggapnya hak istimewa Gon) lalu menunduk bermain kembali, seolah tahu ia di balik kamera. Shoot menampilkan langit di atas si anak.. Mendung.. Gelap.. Petir menyambar, Gon kesakitan di kamarnya. Eh. Kok?
Perpustakaan ini mungkin belum ada di Corea. Wakil pengawal kerajaan tak menemukannya. 
.scene menegangkan telepon Rim dan Gon juga epic. Saya nggak ngira yang nelpon langsung dari atasan. Bakal cepet ketahuannya padahal. Kirain melalui perantara. Dengan ini Gon tahu Rim berada di Korea karena bisa meneleponnya yang juga berada di Korea. Rupanya telpon ini nggak cuma berisi informasi corea. memang dipake nelpon juga. Tapi kenapa harus telpon butut ya? Btw Lee Rim nggak nyangka, Taeeul terseret pusarannya (Ya maklum karena Gon juga bisa ke dunia paralel). Sementara baginya Shinjae adalah kesalahannya? Ia menyesal membawa Shinjae. karena tidak membantunya, malah mungkin akan mempersulitnya? Entah. Di episode 13 malah Lee Rim berniat bekerjasama dengan Shinjae. Berubah pikiran nih?
.ohya, laporan mengenai Taeeul yang mengunjungi panti untuk menyelidiki kematian Sungjae dilaporkan ke Lee Rim. Apakah Lee Rim benar pemiliknya? (terjawab benar di episode 15 setelah Lee Rim bersedia mengantarkan Shinjae corea ke Korea menggantikan Shinjae asli yang koma)
.satu mata-mata Lee Rim di Corea, tempat perawatan kuda tertangkap setelah Taeeul memberi foto Lee sangdo yang meninggal mirip dengan petugas itu dan Gon mencurigainya. Si penyamar melukai diri sendiri lalu Gon memerintahkan penangkapannya. 
.Eunseob membawa balon dari tempat hampa udara (saat ia ikut Gon melewati portal)? Buat apa 😂
Kata Gon, 1 hari di dunia hampa berarti 2 bulan di dunia Taeeul? Apa ini yang menyebabkan Lee Rim suka melakukan perjalanan paralel? Mendapat kekekalan kata Gon? Saya rasa, waktu di Korea juga menjadi lebih cepat sekian kali. Kayaknya Lee Rim ketika kembali ke Korea kali ini, memutar jamnya lebih banyak dibanding sebelumnya. Hmm.. Kalau perbedaan waktunya semakin lebar bisa jadi portal tersebut menjadi portal time travel juga. Korea lebih cepat beberapa tahun dibanding Corea. Tapi sejauh episode 13 nggak ada tanda-tanda ke sana. Waktu Korea dan Corea tetap sama. Lalu apa maksud Lee Rim mencocokkan jamnya di Korea setiap datang? Sementara kita tidak melihat Gon melakukan hal serupa? (terkait time freeze ya ini. Ctrl+f ' time freeze' di halaman ini) 

Episode 10
.saya berharap romancenya nggak terlalu ditonjolkan mengingat drama ini akan bagus kalau hanya menguak misterinya. Namun sepertinya bukan itu tujuan utama. Misteri jadi lebih lama terkuak. Fokus pendalaman karakter pendukung sekedarnya saja. Banyak karakter sampingan lain seolah hanya pelengkap, tidak lebih jauh digali. Didrag. Banyak petunjuk tercecer tidak lekas dihubungkan. Efek shockingnya kurang, beberapa sudah bisa tertebak setelah diberi waktu selama ini. Saya berharap Luna menjadi semacam plot twist kesadaran keserakahan Rim. Saya nggak terlalu suka kejahatan abadi sampai mati haha. Saya berubah pikiran setelah melihat episode 12 kayaknya mereka cocok lol. Kalaupun mati, semoga mereka nggak mati sendirian masing-masing.
.eunbi bisa tahu Eunseob di hadapannya bukanlah kakaknya (kayaknya ini ada di deskripsi karakternya, bagaimana eunbi punya insting. Soalnya Eunseob sedang di Corea)
.Luna menemui kucing yang ia pinjam namanya. Sebagai ganti, ia beri makan kucing itu dan berkata jangan sampai tertangkap dan jangan percaya siapapun. Hiduplah yang lama.. (ia berbicara pada diri sendiri? Mungkin itu sebabnya ia meminjam nama Luna, agar bisa bertahan lama juga-deskripsi Luna)
.Shinjae masih ingat namanya di Corea tapi ia tidak yakin itu karangannya ataulah kebenaran. Ia mengajak Taeeul ke makam Jihoon, secara tidak langsung mengiyakan ia sudah tahu apa yang diselidiki Taeeul, nama Gon yang ia ingat sebagai nama dari Jihoon di hadapannya yang sudah tiada, plus kemungkinan dirinya yang lain juga sudah tidak ada di Korea. Taeeul ia beritahu, bagaimana ia merasa kehilangan identitas saat tahu Eunseob yang ia temui adalah Yeong. Dan ia berada di Korea dengan nama lain. Shinjae bilang, alasan Taeeul tak menemukannya di Corea sebab dirinya di sini, di sampingnya, di Korea. Saya jadi flashback waktu Shinjae yang berjalan di Korea dan Taeeul yang berjalan di Corea  diperlihatkan seolah berpapasan. Shinjae yang tak seharusnya berada di Korea dan Taeeul yang tak seharusnya berada di Corea.. seperti bertukar.. Berpapasan.. bagus idenya.
.Jadi bahkan di Korea keluarga kembaran Shinjae Korea dan keluarga Jihoon saling berhubungan. Apalagi di Corea, ibu Shinjae juga bekerja sebagai pelayan Gon. Koneksi di kedua dunia tidak berubah?
.Rim ternyata juga punya makna. Tak terbatas? Kaya?
.Jongin meninggal (secepat ini, tak disangka. Padahal perannya begitu penting. Berasa tidak dipedulikan dan diperdalam) dan Lee Rim menaruh cincin rajanya di kelingking Jongin. Tidak ada penjelasan mengenai hal ini. Kirain mau dipakai sebagai alat memfitnah Jongin yang menginginkan tahta. Otopsinya juga tidak dijelaskan. Meninggal karena dibunuh Lee Rim? Sidik jarinya harusnya ada. Lol. Masih ada lanjutannya di episode 11. Gon akhirnya tahu pamannya Jongin dibunuh Lee Rim. Sengaja cincin Lee Rim dipasangkan di jari Jongin agar Gon tahu itu ulahnya. 
.Perbedaan waktu yang tak begitu dijelaskan perbedaannya. Sudah berapa bulan terlewat? Tahu-tahu Taeeul kangen berat sama Lee Gon. Gon juga balik ke Coreanya cepet. Pas dia ke Korea nemuin Taeeul yang nungguin di hutan bambu, ada balon merah melayang yang harusnya ada di ruang hampa. Kok bisa ikut kebawa ya? Padahal nggak dipegang Gon? Dan bukannya waktu Eunseob ke Corea dia juga bawa 1? Jadi ada banyak balon di dunia hampa itu sebenernya. 
.Di episode ini diungkap Lee Rim nggak keluar dan masuk lewat gerbang hutan bambu (yang sama. Lanjut episode 13, hutan bambu di Corea ada di tempat lain.) karena penjaga tidak menemukan siapapun dan Gon sudah sangat cepat pergi ke sana kalaupun ada penjaga yang bersekongkol pelakunya akan ketahuan (?). Gon lalu melihat kemungkinan gerbang di kota? Sebelumnya sebenarnya saya sudah curiga sama Gon episode 1 yang dari gerbang hutan bambu lalu scene selanjutnya malah sudah ada di tengah kota. Saya kira gerbang keluarnya emang beda dari gerbang masuk. Ternyata nggak, terbukti waktu Gon mengajak Taeeul ke Corea, gerbang masuk dan keluarnya sama. Tetap hutan bambu. Kalau demikian, jadi teringat gambar teaser yang memperlihatkan beberapa gerbang seperti di Eropa. Juga gambar 2 hutan bambu yang mirip tapi ternyata beda (di episode 13 disebut Taeeul. Di dekat tempat penculikannya ada hutan bambu). Namun saya belum lihat di Korea atau Corea ditunjukkan? Sekedar teaser aja atau memang ada gerbang begitu yang dipakai Lee Rim? (sekedar teaser pembeda Corea dan Korea) Saya jujur kaget Lee Rim bisa langsung ngumpulin pasukan demikian cepatnya sesaat setelah Gon menunjukkan diri di hadapannya. Woa terencana? 
.Bos Tim 3 begitu perhatiannya sampai hafal dengan mobil penguntit Shinjae. Adakah rahasia lainnya dari bos Tim 3?
.Di ending, bahkan ada yang menebak Lee Gon dari masa depan datang karena mengenakan pakaian yang sama seperti di episode 1 berlatar 2020? Dan karena Gon bilang ia datang dari jauh melewati semesta (makanya lama datang)? Taeeul sendiri di episode 11 menyadari Gon yang ini datang bukan dari dunia paralel tapi waktu yang berbeda. Di episode 12 katanya Gon baru akan memakainya di waktu yang penting. Seperti lamaran? (terjawab di episode 16)

Episode 11
.Seoryeong tertawa di acara kematian Jongin? Lah? Kok? Mungkin dia sudah di tahap kesal melihat Gon yang tak menggubrisnya sehingga lebih suka melihat Gon menderita. (dia makin sakit hati saat di episode 12 Raja dikabarkan mengumumkan Ratunya) Cepet juga ya? Padahal episode kemarin masih tanya Nenek mengenai tipe ideal Gon..  
.Luna tertangkap Lee Rim dan memulai bersekutu. Pakaiannya Luna mirip episode 10? (pakaiannya cuma 1 doang bisa jadi soalnya nggak ada perbedaan sampai episode 16. Tasnya aja sama) Kemarin sambil bawa tas, saya kira dia memang ingin pergi seperti kucing yang mau mati.. 
ternyata malah ditabrak bawahan Lee Rim setelah lengah ngeliat polisi yang mengajarnya juga ditabrak. Kejam. 
Lee Rim benar menawarkannya hidup dengan kemungkinan transplantasi hati Taeeul? Buat saya Luna menerima karena hanya lelah dan ingin merasakan jadi Taeeul yang masih punya orang tua. Princess and the pauper? Pertukaran nasib dan mendapatkan cinta sekitarnya? Atau ditambah kematian yang bisa tertunda seperti Lee Rim yang memperlambat waktu penuaannya? (terjawab di sekitar episode 11,12,13 saya lupa haha. Intinya diminta membunuh Gon dengan berpura-pura sebagai Taeeul, nanti dia akan dapet transplantasi hati) Sayang, Lee Rim - Luna nggak ada bedanya sama Lee Rim dan orang lain yang ditukarnya.. Ada untungnya sih. Bisa membelot sebab nggak ada keterikatan. 
Btw saya baru tahu dari twitter Luna dan Diana (sebutan Taeeul untuk dirinya sendiri. Awalnya dipakai bercanda ngatain Gon karena nggak percaya kancing baju Gon aja dari berlian-diamond. Kalau kancing Gon aja diamond, berarti dia Dianabi-putri Diana) tuh sama-sama dewi bulan. Cuma 'tempat penugasan'(?)nya beda. Luna di 'kahyangan', satu di bumi. Hmm menarik kalau mengingat Luna memang diprediksi tak lama hidup. Beberapa bahkan menghubungkan bunga yang diberi Gon ke Taeeul adalah bunga kesukaan Putri Diana sesungguhnya. 
.seoryeong berpura-pura menjadi kembarannya, Eunah di Korea? (karena seoryeong tumben ngambil libur) Dia terlihat bertemu dengan Yeong di sana dengan style Seoryeong namun bertemu Taeeul dengan style Eunah.. (lanjut episode 13) Dan Luna juga di Korea melihat Taeeul dan ayahnya tapi waktu diperlihatkan hanya berhenti sekali? Sementara waktu berhenti ketika Taeeul dibawa ke Corea belum diperlihatkan. Hmmm.. Atau Gon menghitung waktu yang berhenti itu beneran di kala waktu berhenti kesekian kalinya? Bukan menghitung waktu berhenti sebelumnya? Haha nggak tahu deh.
apakah seoryeong yang menaruh semacam obat bius di minuman Taeeul? Timingnya kelihatan pas. Dia berada di dekat dojo, kafe Nari waktu malam, sementara waktu itu Taeeul belum pulang dari belanja alias rumah kosong? Tapi bisa juga Luna sih. Kan pinter menyelinap. Semua kemungkinan bisa. Lol.
.Ternyata Lee Rim memang berniat menyandera/membunuh Taeeul untuk umpan. Saya nggak nyangka aja sesederhana itu rencananya. 
.Luna melepas wignya (oh! Pantes sih pake wig biar rambutnya nggak mudah diselidiki DNAnya). Rambutnya yang panjang ia gerai dan mungkin pertama kalinya ia merawat diri? Rambutnya ia potong agar mirip Taeeul. Luna ya.. Have a happy life even for a while.. Then take best rest.. Nice to meet you..
Ia sudah mengucapkan perpisahannya ke anak yo-yo. Sebelum pergi, Luna sempat tertambat pada tali yo-yo yang berwarna merah. Kenapa? (jujur saya heran kenapa Luna tanya? Sedetail itu? Apa urusannya? Dulu warnanya nggak merah atau karena warna tali sama yoyonya beda? Kadang sampe curiga Luna tahu siapa anak yo-yo sebenarnya. Percakapannya ganjil.. Nuansanya misterius. Luna bahkan ditanya mau mencuri apa lagi soalnya pamitan dan meminta Luna si kucing diberi makan. Seolah menjawab kalau ia memang akan mencuri kehidupan Taeeul, ia bertanya balik apakah anak yo-yo percaya pada tuhan. Luna merasa ia akan dihukum karenanya. Huhuuuu dia bisa jadi sebenernya baik banget dan mungkin memang tuhan menjawab doanya dengan membiarkannya hidup sebentar sebagai taeeul). Kata anak yo-yo, ia menyambung tali itu. Woa. Ada yang bilang di twitter (basically saya dapat banyak teori dari yang sharing di twitter), dia penyeimbang dunia sampai mengaitkannya dengan seseorang yang di teaser berdiri, di tengah. 
.Anak yo-yo muncul tiba-tiba di hadapan Taeeul yang diculik di gudang ladang garam  sebagai satu orang yang dapat pergi ke dunia lain untuk menyeimbangkannya (penonton dibuat bingung awalnya karena Taeeul langsung tanya, lho kamu di dunia ini juga? Kayak tahu dia diculik di Corea. Padahal dia sendiri dalam pelarian setelahnya kaget ada petunjuk jalan ke istana busan-identitas Corea). Dia memberitahu bahaya dan membuat mereka melawan kejahatan. Anak yo-yo sempat menawarkan Luna pisau kecil di saku jaket sebelum berpisah (mungkin untuk melepaskan diri dari Lee Rim yang akan juga menculiknya), tapi Luna merasa anak yo-yo lebih membutuhkannya dan begitulah anak yoyo menyelamatkan Taeeul. Ia lalu menghilang begitu saja. 
.shinjae berhasil beradu dengan penguntitnya, Kyungmoo Korea. Namun semua sudah diantisipasi dan Kyungmoo tak bisa ditangkap Shinjae. Ia kabur dibantu rekannya setelah memberikan Shinjae ponsel 2G penghubungnya dengan Lee Rim. (milik pembunuh yang ingin ke Corea. Taeeul dan Shinjae nggak nemuin ponsel itu di rumah pembunuh karena udah diambil duluan oleh bawahan Lee Rim dan sekarang dikasihkan ke Shinjae) Berusaha memperalatnya menggunakan ibu? (terjawab benar di episode 15. Lee Rim tahu Shinjae berhati lembut. Meski Shinjae membantah dia bukan anak berbakti. Saya suka banget dialog-dialognya Shinjae)
.referensi lagi dari Alice in wonderland, Taeeul mengutip (kapan seorang Taeeul yang sejak kecil nontonnya film polisi dan bukan putri dongeng, membaca Alice?) berkata pada Shinjae, yang penting berjalan. Sedikit saja cukup meski tidak tahu arahnya nanti mereka akan sampai di suatu tempat. Saya suka quote ini. Masih ingat, Alice jadi selalu nemu sesuatu karena selalu berjalan. Makanan.. Dan makhluk-makhluk aneh.
selain itu soal red queen di Alice yang suka memenggal kepala. Akhirnya di episode 11 terlaksana juga hukuman itu. Diperintahkan Gon. Temen-temen twitter udah antisipasi endingnya mirip kisah Raja Arthur atau putri Diana. Sementara saya lebih suka endingnya Alice haha. Semua seperti mimpi yang terasa nyata. Gerbang tertutup dan berjalan seperti biasa lagi tanpa kekacauan, tapi memori tidak hilang lol. 
ohya, katanya.. Raja Arthur tuh terkenal masih hidup? Abadi gitu bersembunyi di suatu tempat
.Gon menyadari bahwa setiap waktu berhenti, durasi berhentinya semakin lama berlipat. Dan menurut perhitungannya, akan ada suatu saat nanti di mana waktu berhenti seharian. Tepat di kepergian Gon (karena Gon bisa menghitung bolak-balik dirinya, ia tidak mengetahui bolak-baliknya Lee Rim) ke dunia paralel ke-62. O.oh. Angka yang sama dengan jumlah mimpi Eunseob.
.Pasukan Gon menembaki perpustakaan Kyungmoo dan berhasil membunuhnya. Ternyata sebelum kejadian itu, Lee Rim sudah menukarnya dengan Kyungmoo Korea yang tak memiliki bekas luka tembak 25 tahun lalu. Lee Rim sudah berfirasat saat tahu Jongin sempat ke perpustakaan tersebut.
.ohya kfan pada notice antingnya Taeeul hilang? Rupanya karena diculiknya pas di dojo, udah nggak lagi kerja. 
Confession pertama-ngucapin saranghae duluan, dikasih bunga, dikiss sebelum menghilang, dan episode ini diculik.. Kesamaan Luna dan Taeeul (termasuk sama-sama ditabrak) yang juga tampak berbeda dimainkan apik oleh Goeun.
pelukannya Gon di ending episode ini adalah yang paling ngena. Di tengah keputusasaan Taeeul menghadapi banyak orang yang mengincarnya, Gon datang bagai penyelamat. 
.Saya suka dialog bahagia sehari ini saja dan bahagia selamanya dari Taeeul dan Gon.
Ada yang inget juga kalau Taeeul pernah bilang ke Gon di episode 1, kalau besok mereka nggak akan ketemu. Ia seperti percaya hiduplah maksimal untuk hari ini.
.btw Liat tabrak-tabrakan (Taeeul) keinget shark. Cukup traumatis
Orang belum selese telpon ditabrak truk. Dasar sbs (shark juga tayang di sbs)
.banyak yang menyayangkan aksi berkuda Gon di antara mobil-mobil berkecepatan tinggi plus helikopter. 
.editing gambarnya masih membingungkan penonton ya? Saya kadang juga ngerasa sih tapi nggak sampe mengkritik soalnya nggak ngerti juga haha. 
.wait, Lee Rim terlihat membunuh bawahannya dengan pedang? ternyata payung itu persembunyiannya! (Di episode 14 ditunjukkan juga kalau dia nyimpen manpasikjeok juga di pegangannya)
.scene di jalan dengan kabut warna-warni itu cantik. Dan saya udah kehabisan kata soal akting Goeun sebagai baik Luna maupun Taeeul

Episode 12
.tatapannya Shinjae ke Luna.. Apakah Shinjae langsung tahu yang di hadapannya bukan Taeeul? Dua anak malang Corea dipertemukan di Korea. (lol teaser menipu. Ternyata scene ini nggak ada dan malah ada kiss mereka di episode 13. Luna.. Luna.. Kasihan Shinjae terkejut mendapatkannya pertama kali dari orang yang disukainya. Shinjae beneran terpengaruh. Untungnya langsung dikasih tahu Taeeul yang baru sampai Korea kalau yang ketemu Shinjae sebelumnya tuh Luna. Tapi setelahnya Shinjae seperti lebih waspada tentang siapa yang muncul di hadapannya, Luna atau Taeeul)
.Yeong tertembak di bahu depan kanan (kemarin Eunseob bahu belakang kiri). Tapi ia sudah siap dengan rompi anti pelurunya. Entah selalu ia pakai, atau ia baru sadar saat Nari mengatakan melihat kembarannya di dunia paralel dengan kembaran Eunseob di Rumah Sakit. 
Yeong ditembak anak buah Lee Rim yang sepertinya sudah tahu Seoryeong diikuti Yeong setelah mereka bertemu di kafe kopi Nari. 
.previewnya buat saya selalu bagus (terkecuali episode 14. Apa karena spesial teaser yang keluar duluan sebelum episode 13 lebih bagus?)
Gon bilang akan membuka semua pintu kalaupun manpasikjeok tak lagi di genggamannya dan gerbang paralel tertutup. Apakah itu gerbang waktu? Dia ahli matematika banget (ternyata nurun ibunya yang ilmuwan) jadi kayaknya sangat mungkin. Tapi di ending episode 16 ditunjukkan bahwa pintu yang dimaksud adalah pintu dunia paralel lain. 
.ibu shinjae di Corea yang ketahuan mata-mata bunuh diri atau dibunuh? (shinjae ga sempet ketemu ibu kandungnya dong? Atau berhasil diselamatkan? Di episode 13 berhasil diselamatkan. di episode 15 bertemu untuk berpisah. Shinjae merasa ibunya mengabaikannya, tak merengkuhnya dalam kesedihan bersama) Dia sebelum makan sempat meneteskan sesuatu di makannya. (di episode 13 diungkapkan kalau dia gambling. Kalau nggak mati ya berhadapan dengan Gon sebagai penghianat. Kayaknya itu racun yang harus dikasih ke Gon. Soalnya sebelum memutuskan bunuh diri, ada flashback ibu Shinjae yang katanya belum menyelesaikan tugas akhir, diberi foto Shinjae dan Gon di Korea. Ibu Shinjae pun tahu kalau anaknya kemungkinan diincar juga) Terus nggak diliatin makan, tahu-tahu ketika dilabrak Nenek, ia yang dalam posisi berdiri dari mulutnya mengeluarkan darah. Lah. (Persepsi episode 13: ibu shinjae sudah makan makanan ini? atau sebenernya makanan siapa yang dimakan ayam terus mati?)
.btw Taeeul dan Gon kembali ke ladang garam untuk olah TKP? Kadang tuh saya bingung sama lompatan adegannya.. Kenapanya.. Terus line juga sih. Kadang saya ngerasa merinding sama dialog yang mungkin malu banget dikatakan orang. Perkataan Gon yang menyebut Lee Rim dan Ratu masa depan di publik juga sampai masuk media woa.. Seorang Raja lho 
.Shinjae sampai kaget melihat luka menyala Lee Rim yang tak sengaja berpapasan dengannya. Wohooo ngeri. Episode 13 mereka akan bertemu lagi merundingkan kesepakatan (diundur jadi episode 14? terjadi di episode 15). Saya yakin dia nggak nerima sih. Tapi itu artinya Shinjae akan bahaya atau sedih sebab kehilangan keuntungan yang ditawarkan Lee Rim. 
Fakta baru, tidak semua yang pindah ke dunia berbeda memiliki luka menyala. Kembaran Jiyeong yang hamil, Taeeul, Luna, Eunseob dan Yeong tidak memilikinya meski pernah melakukan perjalanan dunia paralel. Main characters sih masih punya kembaran ya (kembarannya belum mati), tapi Jiyeong nggak kan? Kenapa dia berbeda sendiri dibanding yang lain? (terjawab salah di episode 13. Meski syarat dari kepindahan Jiyeong adalah dengan membunuh kembarannya, ternyata hal itu tidak dilakukan. Makanya Jiyeong tidak punya luka. Entah ini termasuk perubahan naskah atau bukan)
.Nenek berasal dari Korea? Ia bilang pindah saat usia 17 tahun dan bertanya pada Taeeul mengenai perang korut dan korsel yang tak pernah terjadi di Corea. Wait.. Kalau benar pindah ini maksudnya pindah ke Corea, siapa yang membawa Nenek? Saat itu bukankah manpasikjeok Corea belum terbelah 2? (di episode 13 Gon bilang, kalau efek waktu berhenti itu karena manpasikjeok terbelah 2, kekuatannya nggak utuh sehingga keseimbangan 2 dunia terganggu. Berarti dulu memang pintu dunia paralel bisa tetep terbuka meski manpasikjeok belum terbelah. Di episode 15 Lee Rim bahkan nyeletuk, akhirnya bisa melihat gerbang ayahnya yang berwarna merah dari manpasikjeok yang utuh *padahal bagus sih kalau dibikin penyebabnya pintu dunia paralel terbuka tuh manpasikjeok terbelah. manpasikjeok berarti harus disembunyikan kalau punya kekuatan sebesar ini bukan malah dipamerin dan bikin orang-orang tergoda memilikinya) 

Episode 13
.saya sempat bingung kenapa Taeeul menyinggung Eunah di hadapan Seoryeong. Mungkin untuk bilang kalau dia tahu Seoryeong berpura-pura menjadi Eunah di hadapannya. 
.tim forensik Corea sama dengan forensik Korea, Istri ketua Tim 3
.eunseob keren di sini. Ia melakukan tugasnya dengan baik sesuai arahan Yeong dan menemukan alat penyadap.
Ohya, dia juga masang senyum manis banget pas pulang ketemu Nari. Nari nggak nolak juga dipeluk ea.
.Luna dan Taeeul sama-sama di Korea. Apakah Luna akan tetap hidup di Korea sementara Taeeul di Corea? Apakah itu van Luna atau van baru yang ia ambil di Korea? (kayaknya dibeli pake uang Lee rim yang ia curi dari rumahnya) Kenapa ada stiker bintang juga? Apa hubungan tempelan stiker bintang di van dan di langit-langit kamar TaEeul? Gemini? Ultah mereka 27 mei.. Anak kembar beda nasib? Satu abadi dan satunya nggak? cocok sih sama omongan Luna Diana sebelumnya. Adakah kemungkinan mereka memang saudara kandung kembar dan bukan hanya kembar paralel? nggak ada, karena sidik jari mereka sama, anak kembar beda. Kenapa di last pic shooting ada Luna bareng Shinjae dan Eunseob? Atau itu cuma Taeeul yang pake item item haha. (terjawab di episode 15)
.ada yang berusaha membunuh eunseob di Corea dengan menyuntikkan sesuatu ke selang infusnya. Pelakunya mirip dengan yang di episode kemarin ditolong Eunseob diambilin HP 2G, mirip sama bawahannya Lee rim di dunia lain. Tapi Eunseob sigap dengan pistolnya 👏 Gon juga sudah tahu, datang bersama pengawalnya yang berhasil membekuk pelaku. 
.seoryeong termasuk tidak ingin sekretarisnya sama-sama jatuh. Ia tidak memberitahukan soal pertemuannya dengan Lee Rim, yang membawanya ke Korea, pada sekretarisnya. 
wait, Lee Rim bilang, orang tua Seoryeong patuh padanya? Ibunya Seoryeong sih emang ramah ke semua orang.. Ayah seoryeong bukannya bukan orang baik? (tapi kayaknya pengaruh Lee Rim dulu orang kerajaan sih)
.jangmi punya kembaran di Corea. Panggilannya sama. Jangmi. Nama panjangnya beda. Sama ngegemesinnya. Lugu, tapi terbaik. Bedanya di Korea dia polisi, di Corea, dia pengawal Raja 
.lucu di sini diceritain ada yang belum menjawab lamaran nggak romantis Gon, seorang Raja. Sekretaris kerajaan soalnya nggak tahu kalau Taeeul bukan dari Corea haha. 
.Menangkap gelagat Luna nggak mau masuk rumah aja nyesss.. Ni anak bikin love and hate ㅋㅋㅋ Lembut tampaknya. Dia bahkan bertanya pada Ayah apakah dirinya (sebagai Taeeul) anak yang baik atau tidak. Ayah Taeeul di sini nggak diceritain dalam btw. Seperti tempelan. Habis ngajakin Luna as Taeeul makan, Ayah langsung pergi kerja. Hadu. Screentimenya.. Lebih mending ibunya seoryeong yang terlihat ada hubungan batin ma anaknya. Kalau Ayah, entah maksudnya memang demikian, tapi tidak diceritakan kangen atau punya firasat Luna bukan anaknya..Luna pucat.. Malah shinjae yang ngerasa 🙄
Screentimenya nggak sedikit di episode ini. Tapi tiba-tiba Ayah keluar patroli anak nakal sekaligus nyebarin poster. Lalu Taeeul datang meluk Ayah di sana. Namun nggak diliatin anak yang dipromosiin tadi pada ke mana. Tahu-tahu tinggal mereka berdua di layar. Ngomongin Taeeul selalu ngabarin kok. (Luna baik 🤧) Ha. Padahal Taeeul berhari-hari nggak di rumah bahkan hampir mati. 
.kebingungan berikutnya muncul karena ibu Jihoon mau menemui ibu Shinjae, mantan majikannya. Mungkin biar refreshing aja sebab dia nggak bisa ke menemui orang lain. Atau memang mantan majikannya baik. (saya kira nggak baik, soalnya dulu Ibu kayak capek banget jadi pembantu dan mengeluh. Mungkin mengeluhkan kemiskinannya) Kenapa bahkan ia beri uang setelah sadar Shinjae yang datang ke makam sebagai polisi? Apakah ia memikirkan kemungkinannya ditukar dengan yang mirip dengan Shinjae dari Corea oleh Lee Rim? Atau ia hanya takut diinterogasi? Kalau Ibu ingin Lee Rim dihukum harusnya biasa aja reaksinya. 
Eits, bentar.. Shinjae yang asli koma setelah kecelakaan? Disengajakah??? Tapi waktu komanya setahun.. Mungkin murni kecelakaan. 
.ohya, ada yang mirip lagi dengan drama Goblin. Bunga yang dikasihkan lead male ke karakter Goeun digantung di kamar. Terus waktu ditanya apa karakter Goeun punya pacar, karakter Goeun bilang, di sini. Di Goblin, karakter Goeun minta pacar dan Goblin bilang di sini sambil nunjuk wajahnya. 
.kalau saya jadi taeeul, mungkin nggak segampang itu menyimpulkan ID Cardnya yang hilang di Corealah yang dipegang Luna saat ini. Bukannya kemarin Taeeul diculik? Otomatis dia nggak sempat bawa ID Cardnya kan? Bisa jadi ID Card yang dibawa Luna tuh diambil dari kamarnya (Gon ngasih ID Card Taeeul yang ia sengaja tarik dari penyelamatnya waktu kecil sebagai ganti ID Card Taeeul yang hilang). Bukan yang kemarin hilang. Kalau penonton mah udah tahu itu ID Card yang hilang karena diliatin Lee Rim ngasih ke Luna. Tapi dari pov Taeeul yang bukan penonton, kesimpulan ini ganjil buat saya. 
.Di ending Gon bilang "Jadi.. Kau adalah luna" sambil mengambil ID Card Taeeul. Apa dia juga ID Card yang dibawa Luna adalah yang hilang di Corea? Apalagi setelahnya ia yang menghadap kaca tersadar kalau ialah penyelamat dirinya yang kecil dulu. Yang juga membawa ID Card Taeeul. 
.eunah beneran dibunuh? Why though? She's gone too soon. (ada yang bilang, biar seoryeong yakin ia nggak akan digantikan kembarannya dari Korea karena sudah dibunuh) seoryeong terhimpit situasi, Lee Rim membuat rahasia Seoryeong yang ingin menyelidiki konspirasi Lee Rim terpublikasi. Seoryeong tak lagi jadi perdana menteri. Kata seoryeong, keputusan ia akan berada di mana tergantung Gon dan Gon menjatuhkannya. Gon tak dapat mempercayainya yang memancingnya kemarin. Seoryeong beralih ke sisi Lee Rim. 
.Siapa yang membuat Gon pingsan/lemah di Korea tanpa sepengetahuan Yeong? Terjawab Luna yang berpura-pura menjadi Taeeul. Membawakan bir. Beda dengan di Corea, di sini makan minum jarang dicicipi dulu sih. Dikira nggak ada musuh. Luna memakai pakaian putih yang pernah dipakai Taeeul di Corea malah berhasil menipu Gon. Sementara malam itu Taeeul mengenakan kemeja hitam di tempat lain menemukan mayat Eunah. Luna lawan rajanya sendiri 👏 Ada maksudnya dia ditulis akan mati, nothing to lose
.Ada teori Shinjae Korea masih hidup karena ia nggak punya luka menyala orang-orang yang kembarannya sudah mati. Diperkuat dengan ekspresi kaget penjaga panti yang ditemuinya dan Taeeul. Yang jadi tempat penemuan mayat Eunah. Di panti itu Shinjae menemukan sesuatu yang mengherankannya. Masuk akal sih. Cuma saya nggak habis pikir untuk apa merawat orang koma bertahun-tahun? Bisa digunakan menipu ibu Shinjae Corea anaknya sakit? Kadang saya nggak mikir sejauh rencana mereka.. Sungguh.. (Kalau dilihat sampai episode 15 sih bisa jadi memang sebagai alat. Toh Ayah yang mengenal Lee Rim masih dipenjara, belum mati. Ibu juga demi anaknya apa yang nggak, ya? Main judi saja sudah ia tinggalkan sesuai permintaan Shinjae)
.saya udah speechless kalau Goeun pake coat coklat muda itu. Cocok banget. Chemistrynya otp kalau main melo ternyata bagus. Mungkin saya cuma nggak suka sama pembangunan romantismenya sama penjelasan waktunya aja. 
.Duh dialognya shinjae btw ㅠㅠ  "kau tahu ada jarak yg lbh jauh dr itu (dunia paralel)"
Takdir? Sejauh apapun kalau ditakdirin jodoh ya jodoh, sedeket apapun nggak jodoh ya nggak jodoh.. 
Huhuuu bisa sama Luna aja nggak sih? Lol tiba-tiba ngayal
.tatapan Yeong juga. Manis ke Gon. Perhatian ke Shinjae. Tegas ke Taeeul haha. Nih anak sayang semuanya.
.live shooting, kemungkinan naskah diganti di tengah perjalanan sangat mungkin
.di episode ini saya suka dialognya. Bagaimana Seoryeong sebenarnya ingin berada di samping Gon, melihatnya jelas,  tapi Gon tak menginginkannya. Lalu apakah ia harus berhadap-hadapan dengan Gon agar bisa melihatnya jelas? (sayang banget karakter ini goes to downhill. Jadi supporting doang) 
.time loop, time travel.. Bukan hal baru buat saya yang nonton drama Nine dan Someday or One Day. Menurut saya kedua drama tersebut lebih baik dalam bercerita. Kontennya mirip dengan drama ini. Tapi kalau dijadiin novel cantik kok. Drama ini mau ngeluarin versi novelnya. Dari situ imajinasi bisa makin bebas. Apalagi kalau yang merasa kurang puas sama visualnya. 
.hhh saya kayak ngerasa udah lama nggak fangirlingan gini sejak suspicious partner..  Yang awalnya kurang sreg sama lead male berhubung mau nonton ceweknya jadi keterusan dan suka sama otp sampe ikutan melo. Makasih buat semua yang udah membuat nyaman kru..ngasih humor.. Drama ini selese syuting sehari sebelum jadwal tayang episode 13 yang seharusnya. Episode 13 ini diundur penayangannya karena sbs memutuskan untuk menayangkan film tentang pandemi. Katanya sih untuk meningkatkan kesadaran

episode 14
.curcol sedikit saya suka suara pelan Shinjae ke Taeeul, "aku akan pergi (ke sana)" saat Taeeul mengabarinya sudah menemukan mayat Eunah. 
sebelum episode ini tayang, sudah ada still cut menarik dari Shinjae Taeeul. Entah apa yang membuat mereka berselisih meski kayaknya sama-sama sedih. shinjae nggak balik Corea kan? Atau memihak Lee Rim? (Ternyata ini spoiler episode 15. plot twist, siapa yang menyangka ternyata gambar ini adalah adegan confession dan minta sikjeok) 
Episode 14 mengungkap Shinjae Korea masih terbaring koma, tidak dibunuh saat Shinjae dibawa dari Corea untuk menggantikannya. 
Shinjae ingat ayahnya pernah bekerja sebagai kepala panti? Ia menemui ayahnya dan mengonfirmasi bahwa ayahnyalah yang mengenal Lee Rim. Bisa jadi ibu tidak tahu apa-apa. Ayah memberikan Lee Rim pantinya sebagai ganti Shinjae Corea didatangkan olehnya. Shinjae memindahkan Shinjae Korea yang asli dari panti. 
.saya suka bagaimana Luna mengincar manpasikjeok sama dengan Seoryeong. Mereka cerdas dan tidak mau diperalat orang lain. 
.Lee Rim bertemu dengan Gon di dunia hampa. (saya bolak-balik bilang dunia hampa tapi mereka nggak melayang seperti di angkasa. Btw ketika mereka berdua berhadapan dengan pintu dunia paralel, tak ada retak tergambar. Tidak seperti biasanya kalau mereka tidak saling berhadapan/ tidak melewati portal bersamaan?) Gon yang masih terbaring merasa dipanggil bunyi seruling manpasikjeok. Tapi satu sama lain tidak saling melihat. Ada gambar mereka sebentar saja  berhadapan, tapi ada pula gambar mereka menjadi bayangan. Tanah di dunia hampa sebagai cerminnya. Gon di atas, Rim di bawah terbalik. Final gambarnya, mereka berlari menuju arah yang sama setelah sadar kedua belah manpasikjeok bertemu, dengan tangan mereka berdua. Arah yang sama yakni tahun 1994, di hari pengambilan manpasikjeok. Para penonton nggak tahu, kenapa Gon (kirain Gon nggak sendiri di episode 1. Editingnyakah yang membuat beberapa orang yakin?) mengulang apa yang diingatnya? Bukankah hitungannya sudah terlambat? Ayahnya tetap terbunuh dan manpasikjeok terbagi 2 dan diambil Lee Rim? Dengan demikian, hasilnya akan tetap sama? Tapi memang tidak dapat dipastikan hasilnya akan berbeda jika Gon berusaha mencegahnya. Yang jelas nantinya akan banyak perubahan masa depan dan apakah cukup 3 episode mengatasinya? Wkwk. (terjawab di episode 15, ia ingin tetap bertemu Taeeul? Kalau ia gagalkan rencana Lee Rim dengan mencegahnya sebelum itu, ia tidak akan pernah pergi ke dunia paralel kemungkinan dan bertemu Taeeul, takdirnya. Katanya sebelumnya, ia mengikuti takdir, makanya nggak merubah banyak hmmm) Senggaknya saya puas dengan langkah Lee Rim. Ia kembali ke masa lalu untuk menasihati Rim 94 membunuh keponakannya dulu agar tak menghalanginya rencananya. Namun Rim 2020 malah dibunuh, tak digubris. Sesuai sifatnya yang mau menang sendiri.
Manpasikjeok yang dibawa Lee Rim 2020 hendak Rim 94 ambil pula, tapi sedetik kemudian hilang. Kenapa? Sementara punya Gon hanya menghilang sedikit? Apa karena manpasikjeok dipegang Rim dari masa lalu, padahal itu milik Rim 2020? (intinya di episode 16 sikjeok cuma ada 1 di satu waktu.
Bawahannya Lee Rim di Korea 2020 dengan cepat menggendong ibu Jihoon keluar rumah setelah Taeeul dan Shinjae memasuki panti. Rumah itupun dibakar. Rumah yang pernah ditempati Lee Rim makan malam bersama ibu Jihoon. menghilangkan bukti?
.anak yo-yo muncul di hadapan ibu Jihoon kali ini (kenapa? Di episode 15, ibu akhirnya bisa bunuh diri dengan meracun makanannya sendiri) dan bercerita bagaimana Raja dan Penghianat Lee Rim pergi ke tahun yang sama-sama mereka inginkan, 1994. Anak yo-yo juga mengungkap berkeinginan menjadi satu kesatuan utuh karena manpasikjeok yang terbagi 2 itu lemah kekuatannya. Sudah banyak yang berspekulasi ia adalah manpasikjeok sendiri, yang hanya ada 1 (saya agak nggak terima lmao. Soalnya sejarah Korea juga punya manpasikjeok, nggak hanya di Corea. Tapi anggap saja manpasikjeok Korea tuh tersembunyi atau memang sudah lenyap haha. Opsi lain, sikjeok Corea sebenarnya dari Korea dibawa Raja yang membawa kepala pelayan No. Dan Corea tuh ibarat hanya dunia impian sama seperti wonderland yang damai, yang terbuka karena Raja pemegang sikjeok menginginkannya. Alias nggak benar-benar nyata. Lmao imajinasi saya. Habisnya yang buka pintu dunia paralel dari Corea dan yang bikin gara-gara juga Lee Rim. Kalau bukan karena kelinci putih yang menarik perhatian Alice, Alice juga nggak bakal ketemu Red queen yang heboh).
.begitu kedua belah manpasikjeok bertemu, foto Taeeul yang melayang di dunia hampa jatuh ke tanah dan menghilang. (Ha maksudnya?) Setelah itu, muncul tunas dari dalam tanah. Benih yang sengaja dijatuhkan Taeeul? 
.Gon kembali melewati portal setelah menemukan putra Jongin membantu Lee Rim kabur dari istana. Namun dengan separuh manpasikjeok, ia hanya bisa pergi ke dunia paralel di tahun yang sama. Gon sadar ia tidak bisa kembali ke 2020 dalam waktu singkat, seperti saat ia menginginkannya dan bertepatan bertemu dengan Lee Rim di dunia hampa. Ia kembali dan keluar di Corea. Ia lalu masuk kembali ke portal dan tiba hanya 2 hari setelahnya di Korea? Gon kemudian menghitung waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke 2020. Setara dengan 4 bulan di dunia hampa. Gon memutuskan melacak kembaran dirinya di Korea. Sudah tiada. Sudah terbunuh? Meninggal di danau (rekreasi)? Gon lalu menemui Taeeul kecil (huwaaaaaa mewek saya di sini soalnya Taeeul baru kehilangan eommanya. Pita dukanya masih dia pake. Terus dia juga pake baju taekwondo. Gemes banget yang jadi Taeeul kecil 😭) Taeeul sendiri pernah bilang, dia masih pake sabuk hitam eommanya waktu kecil. Gon ngasih sabuk yang jatuh dari jemuran itu ke Taeeul. Taeeul 2020 dapet ingatan baru soal ini? Jadi Gon mengubah sesuatu? Gon di episode 1 yang menyelamatkan dirinya, tidak menemui Taeeul juga? Kenapa ingatan itu baru diperoleh? Gon kembali menemui Taeeul di tahun 2016 dan ingatan baru kembali diperoleh Taeeul. Karena itu, saat Gon 1994 yang sudah dewasa pertama kali menemui Taeeul di tahun 2019 Korea, Taeeul memeluknya. Gon sudah berpesan untuk memperlakukannya lebih hangat saat Taeeul menemuinya di Gwanghwamun nanti. Dan mungkin Taeeul merasa ini takdir. Bertemu dengan Gon yang sama di 3 tahun?
saya nggak nyambung dengan perbedaan adegan 2019 saat Gon pertama kali menjejakkan kakinya di Korea. Bukankah tidak ada yang diubah Gon selain ingatan Taeeul soal dirinya? Mengapa Gon 2019 tidak langsung memeluk Taeeul? Mengapa Gon episode 1 dan episode 14 tak sama? Anggap aja ada bagian episode 1 yang tidak ditayangkan. Seperti saat ada jeda sebelum Gon memeluk Taeeul. Tak langsung memeluknya. 
.Taeeul ditusuk Luna. Apakah Luna tidak berniat membunuhnya? Kenapa matanya berkaca-kaca? (terjawab benar di episode 15. Luna tidak ingin Ayah sedih AWWWWWW! Ia bilang, Ayah hanya membicarakan tentang dirinya. Emang Luna tuh anak baik. setelah ia menusuk Taeeul, ia malah menelepon Ayah minta dijemput? Njemput Taeeul maksudnya) btw adegan ini bagus dengan lampu yang berkedip-kedip seolah ada maksud tersendiri berkaitan dengan terang dan gelapnya kedua karakter Taeeul dan Luna. 
.Seoryeong akhirnya bertemu Lee Rim di terowongan yang dibuat perusahaan suaminya? Kerjasama dengan Lee Rim? (spoiler episode 15 Ternyata Lee Rim malah mencekik Seoryeong yang menanyakan di mana manpasikjeok dan ia sendiri menukar ibu seoryeong asli dengan ibu eunah? Ibunya yang asli dibunuh?)

episode 15
.Drama ini nggak sempurna memang, masih ada yang bolong-bolong kayak nggak nyatu atau nggak njelesain ceritanya dengan baik. tapi saya suka banget episode ini lol.  Packed. 
.Lee Rim datang ke kafe Nari dan Nari membaca garis tangannya. Eunseob yang ngeliat dan sadar siapa Lee Rim yang dilihatnya itu kemudian langsung pasang tameng di depan Nari. Lee Rim nitip pesan ke Eunseob untuk disampaikan ke Gon. Terang-terangan bilang, ia akan datang ke peringatan kematian ibu Gon. (lah kenapa kok diumbar? Surprise kan lebih mantep) 
.nggak lama Lee Rim pergi, Luna dateng. Terus Shinjae juga. Luna menanyakan luka Shinjae di pelipis akibat dipukul Lee Rim, Shinjae seperti biasa tak menjawab dan balik menanyakan ke Luna yang dianggapnya Taeeul. Tapi ngeliat Luna nggak sakit seperti yang ia dengar (nggak diperlihatkan Shinjae dengar kapan. Malam sebelumnya ia malah menemui Lee Rim yang meneleponnya dan mengancamnya membalas penukarannya dengan Shinjae Korea asli dengan merebut sikjeok Gon), Shinjae curiga. Apalagi setelah Luna memegangi luka tusuk yang keliru. Luna yang akan pergi dicegah Shinjae. Taeeul kabur dari RS menemui mereka semua, tak lupa menanyakan hal yang sama dengan Luna mengenai luka Shinjae. Luna bilang ia sudah menanyakan tadi ke Shinjae tapi tidak dijawab hihi. Taeeul memukul Luna, membungkamnya. (saya suka detail yang ini) 
.Luna dibawa ke suatu bangunan tak terpakai, diborgol. Shinjae yang menggeledah tas Luna, menemukan obat psikotropika(? Oh.. Jadi ngerti kenapa ia butuh uang banyak dengan melakukan kriminalitas) yang digunakan untuk orang kanker stadium akhir. Taeeul paham kenapa Luna tak menusuk organ vitalnya. Luna berkata Lee gon benar mengenai mata Taeeul yang nggak punya kecemasan, beda dengan dirinya. (huhuuu lunaaaa) Taeeul juga bilang ia merasa melihat cermin dengan melihat Luna. Lalu hal tersebut terbukti. mereka bersamaan memegang rambut di sisi yang berbeda, seperti sedang bercermin.. 👏
.Singkat cerita Gon dapat menemui Taeeul (KES seolah selalu bikin pasangan utama dramanya berpisah) yang sudah kembali ke rumah sakit setelah ditusuk Luna. Taeeul juga merasa berterimakasih ke Luna karena dia ditusuk, jadi bisa menghabiskan waktu dengan Gon. Gon yang merawatnya di rumah sakit. Mungkin karena saya suka Goeun, saya sangat nyaman ngeliat romancenya di sini. Manis. Bahkan beberapa orang sampe ngeliat scenenya bagaikan ad-lib. (terulang lagi adegan Goeun goblin yang nutup mulut pacarnya di sini) 
.Gon kembali ke Corea untuk menyelesaikan beberapa hal sebelum balik ke Korea menangkap Lee Rim, mengambil manpasikjeoknya dengan bantuan Yeong dan Shinjae. adegan ini keren banget pas mereka bertiga muncul menghentikan Lee Rim.
Btw Shinjae sempat diantar Gon ke Corea untuk bertemu dengan ibunya. Ternyata Shinjae yang dulu sempat diajak bunuh diri oleh ibu, kini meninggalkan ibunya di Corea yang meninggalkannya untuk dibawa Lee Rim
pintu portal Lee Rim di Korea hanya dapat dibuka jika Lee Rim yang memegang sikjeok bagiannya. Namun dengan kedua belah sikjeok, Gon dapat membuka portal lain. Gerbang batu di sini bercahaya merah, bukan hijau seperti biasanya jika dibuka dengan menggunakan sebelah sikjeok. Gon bingung saat memasuki dunia hampa di sana. Terang.. Dan ada banyak cahaya dari daratan yang menembus langit. (terjawab di episode 16 bahwa cahaya ini ternyata bentuk pintu paralel? Soalnya pintu paralel Korea dan Corea juga sama bentuknya, cahaya yang menembus dari daratan ke langit) Gon memutuskan menitipkan separuh sikjeok beserta Lee Rim ke tangan Shinjae di Korea sebelum ia kembali ke Corea untuk berpamitan ke Lady No (yang ia sudah tahu berasal dari Korea tapi tak ia katakan karena khawatir nenek juga pergi meninggalkannya). Shinjae dititipkan sikjeok karena ia tidak bisa pergi berdua bersama Lee Rim. Hal itu dapat membuka sumbu waktu bagi keduanya untuk pergi ke masa yang mereka inginkan. 
.Our Gemini! Akankah mereka  melawan kejahatan? haha. Mengapa mereka duduk berhadapan? ^^ negosiasi. Taeeul mau pergi ke Corea. Ia minta Luna menjaga ayahnya. ia juga meminta Luna hidup lebih lama untuk itu. Sebab ia tidak tahu kapan bisa kembali.
.Taeeul ingin menyusul Gon dan ia tahu sikjeok ada di tangan Shinjae karena Shinjae membawa Lee Rim. Lee Rim tidak bisa dihukum di Korea (orang Corea dihukum di Corea) sehingga Shinjae perlu dititipkan sikjeok. Di sanalah Shinjae mengungkapkan perasaannya. 😭😭😭 (AKHIRNYA! saya suka!) Taeeul mau pergi meninggalkannya,  bagaimana ia membiarkannya? Shinjae yang berniat menyembunyikan perasaannya goyah. Ia membiarkan Taeeul tahu agar Taeeul mengerti mengapa ia tak bisa memberikan Taeeul sikjeok. Namun tekad Taeeul yang memeganginya pergi, membuatnya luluh. (paling suka waktu Shinjae memegang tangan Taeeul yang mencegahnya pergi tanpa memberi sikjeok awalnya) Taeeul bersiap pergi mengenakan kalung pemberian Gon. 
.Dari Corea, Gon bersama Yeong yang tak ingin Gon pergi sendiri, bersiap menuju Korea dengan baju kebesaran/ kemenangannya. Akankah Lee Gon-Taeeul bertemu di dunia hampa dan seperti kemarin, bersatunya sikjeok membuat mereka pergi ke waktu yang diinginkan? Kalau Gon berniat pergi ke waktu ia dicekik dan menyerang Lee Rim yang lengah, ke mana Taeeul akan pergi? (terjawab di episode 16, Taeeul hanya menahan Lee Rim di dunia hampa dan menembaknya saat manpasikjeok menghilang  karena menurut mereka itu artinya Lee Rim masa lalu menang. Padahal bisa aja Gon yang menang mengambil sikjeok utuh) 
.OOT iklan di sini udah nggak sebold sebelum-sebelumnya sih menurut saya. Padat cerita jadi penyebab mungkin.

Episode 16
.nggak biasanya saya nggak mood banget memperbarui tulisan ini hehe. Bahkan kemarin malam sempat mikir buat nulis perpisahan aja  dan bilang, saya nggak connect sama endingnya 😂 Segala teori yang dianalisis sebelumnya nggak berarti. Sampe pingin menghapus memori pernah nonton drama ini lol. Seolah dipermainkan. Seketika melo itu berubah komedi. Endingnya tampak mudah dibalikkan dari keseluruhan cerita. Entah ya, mungkin cuma saya doang.. Lagian Gon juga bilang kalau persamaan yang indah itu mudah. Untuk fanservice emang nggak hilang btw. Action, romance, humour. Ada yang mirip adegan dots, Gon menalikan sepatu Taeeul. 
.dengan keajaiban cinta (?), Taeeul bisa menembakkan peluru ke tubuh Lee Rim di dunia hampa. Kelopak bunga pink berguguran dari mana? Bahkan benih Taeeul yang tumbuh saja tidak terlihat. Tapi benih Corea yang ditanam Taeeul di rumahnya terlihat tumbuh pula. Bagaimanapun.. takdir Lee Rim adalah meninggal saat itu karena Gon yang berbalik ke tahun 1994 telah berhasil membunuhnya.
.semua kembali normal tanpa pertukaran dunia paralel dan beberapa nasib turut serta berubah. Shinjae yang asli di Korea tidak kecelakaan sehingga tidak koma dan malah sukses jadi pebisnis. Hyunmin kembaran shinjae di Corea tidak jadi bunuh diri bersama ibunya. Mereka bertemu dengan Jongin yang mungkin membantunya hingga ia bisa di kepolisian dan 1 tim dengan Luna? Luna sendiri tidak jadi pencuri karena pernah ketahuan Seoryeong sedang berusaha mengambil uang ibunya di kedai. Singkat cerita, ia diangkat anak ibunya seoryeong plus otomatis jadi adiknya Seoryeong awwwwww. Bagian Luna adalah yang saya suka. Yap. Terjadi di tahun 2022 seperti gambaran CCTV. 
.Taeeul, Gon, dan Yeong yang melakukan perjalanan terakhir sebelum reset, masih mengingat apa yang mereka alami sebelumnya di dunia paralel tahun 2019(?)-2020
.Gon dengan manpasikjeok utuh menjelajahi dunia dan bertemu dengan beberapa wanita yang mirip Jung Taeeul di tempat yang sama. Anggapannya banyak dunia paralel. Nggak cuma Corea dan Korea. Ia yang kemudian bertemu Taeeul mengulang kembali adegan di episode kesekian di mana ia datang dengan bunga dan baju kebesarannya. Bersih dari darah pertarungan yang ia alami sebelum itu. Berarti Taeeul menerima 2 kali? Kayaknya nggak sih. Dengan reset, Taeeul di masa lalu berarti tidak pernah bertemu Gon dan baru bertemu Gon di bulan April 2020.
.mereka lalu bertemu tiap weekend di gerbang untuk jalan-jalan bersama menjelajah waktu berbeda. Bertemu Shinjae yang masih kecil, Eunseob yang sudah jadi agen intelijen.. Dan endingnya diperlihatkan mereka di tahun 1950. 
Di Corea atau Korea? Itu latar waktu Lady No diajak ke Corea? Entah. Tak terjawab. Yang pasti mereka bersama hingga tua.. Bergandengan.. 

Detail lain 
https://daneydaney.blogspot[dot]com/2020/04/buat-yang-masih-bingung-ini-penjelasan.html?m=1

0 Response to "(unveiled mystery/ theory) Korean Drama The King: Eternal Monarch Episode 1-16 (hopefully)"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the others mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!

*Pssssst I'd like you to join my little survey here, wanna know from what fanbase you come.. so "who's your favorite actor/es from this drama?"