(Repost) Scriptwriter So Hyun Kyung: Her Repetitions

Sebelumnya: Lee Jun Ki and Scriptwriter So Hyun Kyung

Kenalan dulu, So Hyun Kyung ini adalah penulis drama:
Briliant Legacy (drama weekend 24 episode dg rating tinggi)
Prosecutor Princess (drama 16 episode yg kalah rating dg Cinderella’s Sister & Personal Taste yg tayang bersamaan dg drama ini tapi mendapat sambutan hangat di Jepang. Pemain dan kru dapet hadiah liburan bareng karena itu)
49 Days (drama 20 episode yang baru mencuri perhatian cukup besar saat mencapai pertengahan episode)
My Daughter SeoYoung (drama weekend 50 episode pertama yang dibuat SWnim yang lagi-lagi menarik perhatian cukup besar di masa penayangannya)
Two Weeks (drama 16 episode yang kalah saing dengan Master’s Sun)
Twenty Again (drama pertama penulis di tv kabel yang berjumlah 16 episode dan masuk 10 besar rating tertinggi tvN tahun lalu)
My Golden Life (drama weekend kedua di KBS setelah My Daughter Seo Young. Kenaikan rating masih berlangsung hingga episode 6)

.Message
Menurut saya yang hampir selalu mengikuti dramanya, So Hyun Kyung Scriptwriternim itu seperti tidak pernah lupa menyampaikan pesan berharga mengenai arti keluarga, kehidupan, dan kematian. Mengingatkan bahwa hidup ini sungguh tidak selamanya. Semuanya bisa saja berubah, perasaan, perlakuan, maupun keadaan. Tidak pernah ada yang abadi selama itu menyangkut dunia. Dan tidak pernah ada kesia-siaan dalam melakukan kebaikan, karena ada balasan setelah kematian. 

Selama hidup di dunia pun, manusia diciptakan tidak sendiri melainkan untuk hadir di antara orang lain, salah satunya untuk hadir di keluarga. Keluarga yang tidak pernah habis kasih sayangnya, bahkan setelah yang disayangi pergi dari dunia ini.  

Berikut beberapa capture yang saya dapat dari dramanya. Mian...untuk twenty Again dan My Golden Life belum terkover hehe. 

*Credit Image: KBS and MBC

"Heaven is not there for no reason" -Nenek
Briliant Legacy

Prosecutor Princess
“Aku tidak mau kembali ke waktu itu. Aku ingin membuat Hye Ri dan anak-anaknya hidup dengan  bahagia.”
Ayah berpikir dengan kecukupan harta (tak seperti dulu saat mereka miskin), keluarganya bisa bahagia. Namun Ibu berpikir sebaliknya, kejujuran hati dan kasih sayanglah yang membuatnya bahagia^^

49 Days
“Pada waktunya kau akan tahu…tidak berdaya dan kacau.” -sunbaenim scheduler
I think, it’s about fate. Bagaimanapun kau menghindari sesuatu, kalau itu sudah ditakdirkan terjadi padamu, maka kau tidak akan pernah berdaya sediktipun untuk mengubahnya…


My Daughter Seo Young
Karena ini dunia, bukan akhirnya…maka masih ada kesempatan.

Two Weeks
“Tidak ada kata –tidak ada pilihan lain-”
Mungkin kita hanya tidak pernah memikirkan ada jalan keluar lain


.Ayah
Saya nggak tahu kenapa SWnim sering banget menonjolkan sosok Ayah dan perjuangannya. Terlebih Ayah dan anak perempuannya. Saya sampai kepikiran mungkin SWnim punya pengalaman tak terlupakan dengan sang Ayah. Ia sampai membuat drama yang berjudul senada: Seo Young, Putriku. Seo Young sendiri dikisahkan hanya punya Ayah yang masih hidup. Ibunya pergi meninggalkannya lebih dulu.

Di Briliant Legacy Ayah Eun Sung sempat dinyatakan meninggal dan sang istri mengambil harta dari jasa asuransi atas nama suaminya karena perusahaan juga telah bangkrut. Ayah jadi hanya bisa mengawasi kedua anaknya diam-diam…

Ayah Hye Ri di Prosecutor Princess berusaha menyembunyikan kenyataan bahwa dia berada di TKP, agar usaha yang dia rilis selama ini tidak jatuh dan menyebabkan keluarganya menderita. Hampir samalah seperti di Briliant Legacy. 

Credit Image: SBS


Drama 49 Days. Ayah Ji Hyun yang tidak mau operasi karena menunggui putrinya yang koma. Ia tidak ingin si putri tidak bisa melihatnya ketika ia sudah operasi nanti


Credit Image: KBSWorld

Ayah Seo Young yang hanya ingin putrinya bahagia, menutupi kebohongan dengan rapi, tanpa mengatakan apapun pada suami Seo Young. 

Credit Image: MBC, GoodDrama.Net

Dan Tae San, Ayah kerennya Two Weeks berjuang sekuat tenaga untuk tidak terbunuh supaya putrinya bisa operasi. Ia harus tetap sehat sebagai pendonor untuk putrinya yang sakit. Naik turun gunung dan lembah. Lompat ke sana ke mari ke rumah orang yang tidak dikenalnya. Menyamar setiap kali dia berjalan. Tertembak, jatuh ke sungai, tertangkap, melarikan diri. Pokoknya capek banget…tapi ia akan melupakannya saat teringat putri kecilnya. 

Saya nggak dapet ini lagi di Twenty Again, karena No Ra hidup sendiri dengan neneknya sebelum menikah muda. Orang tuanya sudah meninggal ketika ia kecil. Suami No Ra sebagai Ayah sendiri digambarkan berbeda. Ayah yang sangat strict dengan peraturan rumah dan memperlakukan No Ra yang dari desa tak seperti wanita kota kebanyakan yang berpendidikan. Maklum, mereka MBA. Suami No Ra sewaktu muda, tak ingin orang-orang mengetahui celanya. No Ra akhirnya jadi terkurung di rumah, membesarkan putranya seorang diri di usia muda.

Di My Golden Life belum ketahuan tindakan Ayah lagi. Yang jelas episode-episode awal, Ayah sudah digambarkan sangat menyayangi keluarganya dan akan berjuang bagaimanapun agar mereka tak kekurangan. Tapi ia tak pernah rela putrinya pindah ke keluarga lain yang bisa membahagiakannya.

.Teman
Selain keluarga, SWnim nggak pernah ngilangin peran teman di dramanya. Semua karakter utama drama yang mengalami kesulitan, selalu punya temen curhat. Hye Ri dan Jun Se untuk Eun Seong (Briliant Legacy), Jenny untuk In Woo (Prosecutor Princess), Yi Kyung untuk Ji Hyun, ahjussi😁 untuk Han Kang (49 Days), Yoon Hee untuk Seo Young (Woo Jae juga punya sobat karib),

Two Weeks

Jae Kyung untuk Tae San (Mereka bukan saudara, bukan musuh masa lalu. Mereka hanya punya kesamaan tujuan dan saling mengerti sehingga akhirnya malah jadi temen curhat hahahaha), Yoo Young untuk No Ra Dong Cheol untuk Hyun Suk.

Belum tahu nanti siapa yang bakal jadi temen curhatnya Ji An atau Ji Soo saat pisah btw.

.Cast
SWnim termasuk penulis yang suka ngundang aktor aktris yang pernah main di dramanya untuk main bareng lagi. Penonton bisa lihat Bae Soo Bin yang sebelumnya berakting di Briliant Legacy kembali muncul di 49 Days. Kim So Yeon dan Park Shi Hoo di Prosecutor Princess ada juga di Two Weeks dan My Golden Life. Lee Sang Yoon di My Daughter Seo Young tampil lagi untuk Twenty Again. Lee Sang Yoon sendiri sampai bilang di post interview Twenty Again kalau dia sempet ngomong ke SWnim, dia akan main apapun yang SWnim bikin. Haha. Teman Eun Sung di Briliant Legacy jadi teman Seo Young lagi. Pemeran Ayah dan Ibu sering nongol bolak-balik wkwk. Pokoknya jangan heran kalau yang main itu lagi, itu lagi. Mereka kayaknya seneng kok^^ Kim So Yeon sama Bae Soo Bin pernah mengungkapkannya.

.Makanan
Sampai gemes nunggu makanan muncul di drama SWnim haha. Makanannya mungkin cuma jajan tteokpokki atau, spagheti dan roti. Tapi kelihatannya menggoda banget. Pemain utamanya kebanyakan pada bisa masak. Jangan-jangan SWnim juga suka makanan. Ada Seo-byeon yang masakin Hye Ri, ada Ji Hyun yang suka makan roti dan Han Kang yang buka restoran pasta. Ada Seo Young yang pinter masak kayak ibunya dan No Ra yang punya resep rahasia Nenek. Serta In Hye yang bikin sup rumput laut enak banget. Roti My Golden Life bikin ngiler gegara Ji Soo yang pingin banget kerja di sana. Muji-muji rotinya 'gila' juga. Kan jadi penasaran sama rasanya :P

.Hukum


Credit: MBC, GoodDrama.Net

Hmmmm yang ini masih teka-teki. Saya penasaran apa SWnim memang mendalami hukum atau nggak. Saya ngeliatnya bukan sejak Briliant Legacy, tapi Prosecutor Princess. Drama ini buat saya bagus banget untuk ukuran legal drama yang bicara hukum dan berkutat di kejaksaan.

Bagaimana strategi untuk In Woo untuk mendekati Hye Ri, sampai sengaja mengarahkan para pelaku kasus untuk diperhatikan oleh Hye Ri agar nantinya Hye Ri bisa melihat ada hubungan mereka dengan ayahnya. Sehingga Hye Ri pun jadi membongkar kasus lama, sangat rapi. Saya aja nggak ngeh ternyata semua itu adalah sebuah rencana matang.  

Kim So Yeonlah yang memerankan peran jaksa di dramanya SWnim. Prosecutor Princess dan Two Weeks. Di Two Weeks nggak begitu dapet soal pendalaman jaksa seperti di Prosecutor Princess. Peran jaksanya lebih ke arah jaksa di tahap investigasi.


Kalau di My Daughter Seo Young, Seo Young hanya duduk di kursi hakim sebentar saja. Ia kemudian memilih jadi pengacara yang membantu urusan hukum beberapa orang. Jadi hanya beberapa drama yang mengungkit hukum. Apa My Golden Life punya keterkaitan juga ya? Mengingat dramanya juga bicara tindak kriminal 'penculikan anak' Hehe....

Kematian
Suatu hal yang pasti terjadi, tapi waktunya tidak pernah diketahui pasti.
Saat seorang manusia menanti, manusia yang lain justru mendahului.
Merasa hendak ditinggal, terkadang baru menyesal
Credit: SBS

Merasa hendak meninggal, terkadang baru tersadar
Tapi itulah setiap karunia kecil yang diberikan oleh Maha Pencipta
 agar tersadar dan memperbaiki kesalahan


#inspired from 49 Days dan My Daughter Seo Young dan terlepas dari berbagai kekurangan dalam penyampaian pesan di atas.

Comments