Some of KDrama Production Company

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) posts to other site. Take out infos and links with credit.

Originally posted on October, 30th

Semakin lama, production company kdrama semakin bertambah. Kayaknya dulu saya tahunya cuma HB entertainment sama JS pictures yang bikin drama favorit saya. Tapi sekarang, drama favorit saya malah datang dari rumah produksi lain hihihi. Jadi postingan ini sekalian buat mempermudah saya juga bagaimana nama-nama ini pernah memproduksi dramanya dulu.


Keterangan mengenai ini saya dapat dari dramawiki dan wikipedia yang biasanya mencantumkannya. Saya di sini hanya berniat mereview mereka bikin drama apa aja. Bukan mendalami mengenai keahlian mereka. Seperti biasa, komentar saya bersifat subjektif. 

.Pan Entertainment
Setahu saya, Pan ini seperti pengganti HB Entertainment buat saya. Yang dulu sering bikin drama berkualitas. Terbukti sih dari penulis yang direkrut Pan adalah Ha Myung Hee, penerima penghargaan Best Content dari Departement Budaya Korea. Drama-drama mereka memang biasanya fokus pada konten yang bermakna dan mengharukan. Eh. 

Pan sudah mulai memproduksi drama sejak tahun 2009 lewat Shining Inheritance. Kemudian secara rutin setiap tahun sampai tahun ini. The Duo, The Moon that Embrace The Sun, Bridal Mask, Equator Man, My Love Madam Butterfly, A Hundred Year Inheritance, Passionate Love, Golden Cross, Gap Dong, Mama, Legendary Witches, Kill Me Heal Me (lagi tayang di RTV kalau mau tahu^^), Laurel Three Tailors, Doctors, Marriage Contract, Fight My Way, Whisper (drama ini sebelumnya mau dibikin medical atau police drama, kebayang apa pesan yang mau mereka angkat?) adalah beberapa drama yang saya tahu diproduksi rumah produksi ini. Dan yang sudah nonton pasti tahu bagaimana kualitasnya. Meski saya juga nggak nonton semuanya. 

Drama Pan punya ciri khas sendiri dan beberapa memang dapet apresiasi yang bagus. Tapi nggak semuanya mengalami nasib sama. 

Oh ya, saya baru tahu kalau selain penulis Ha Myung Hee yang bergabung dalam rumah produksi dan nanti akan mengeluarkan karyanya lewat Pan juga, berjudul Temperature of Love, Yoon Sun Joo  dan Jin Soo Wan Scriptwriternim ternyata telah bergabung pula lho. Karya Yoon Sun Joo sebelumnya, Secret Door sempat saya singgung pernah mau diproduksi HB Entertainment setelah akhirnya diambil alih Paulownia. Kalau sekarang dipikir-pikir penulis cocok sih masuk Pan. Genrenya kurang lebih sama.

Ngomong-ngomong drama Rumour that Heard Through Grapevine yang digarap Paulownia juga diproduksi bareng Pan. Awwwww...sentilan buat kalangan atas yang dibungkus black comedy.

Jin Soo Wan SWnim, penulis Kill Me Heal Me juga sealiran kalau nulis drama. Makanya nggak heran beliau pun masuk rumah produksi ini. Kill Me Heal Me kali ya, berperan sebagai penghubung kedua pihak? 😏 Ah, dan masih banyak lagi rupanya yang sudah bergabung. Penulis Marriage Contract, penulis Laurel Three Tailor, PDnim Fight for My Way, 

Cukup banyak yang saya dapat setelah ngubek-ngubek profil rumah produksi ini. Wah wah makin besar rasanya kalau dilihat-lihat dulu nggak serajin sekarang produksi dramanya. Dan penulis plus PDnim yang direkrut itu. Bisa jadi the next succesfull company production.

Terbaru: My Husband Ok Jak Doo

. JS Pictures
Apa saya aja yang akhirnya jarang nonton drama dari rumah produksi ini. Saya kenal JS Pictures yang sering bikin drama action. Seperti Two Weeks, Moorim School, Strong Woman Do Bong Soon, dan Three Musketeers. Selain itu ada pula Love Story in Harvard, Obstetrics and Gynecology Doctors, Heartstrings, I Need Romance series, Incarnation of Money, A New Leaf, Trot Lovers, Discovery of Love, Ex Girlfriend Club, Twenty Again, dan Big Hit. Dilihat secara general sebagian besar ambil tema cinta dan profesional. Tapi rata-rata kurang dapet gregetnya. Walaupun ada pula yang menuai sukses belakangan ini hehe.

Terbaru: Woman of Dignity, Avengers School Club, Hwayuki, Tale of Greryeong Fairy

.Studio Dragon
Rumah produksi ini paling berkesan buat saya karena mereka yang produksi drama yang bikin Seo Hyun Jin akhirnya populer banget. Apalagi pergantian logo mereka itu terjadi saat drama ini masih syuting. Buat saya itu pertanda, drama ini juga yang bikin mereka besar. 

Sebagai rumah produksi, Studio Dragon pertama kali membuat Another Miss Oh. Tidak sendiri alias independen sih. Tapi sejak itu Studio Dragon mulai memperkenalkan diri sebagai rumah yang menggarap drama. Setelah AMO, mereka kemudian lanjut menggarap Dear My Friends dan 38 Squad Team yang juga tidak sendiri. Studio Dragon baru dengan PD memproduksi sendiri itu drama The Good Wife, On The Way to The Airport, Woman with A Suitcase dan Entourage. Sementara Legend of The Blue Sea, Goblin, dan Circle dikerjakan bersama dengan produser yang bekerjasama dengannya. Project terbaru mereka My Golden Life rencananya akan digarap sendiri lagi. Sedangkan di tahun 2018 mereka akan mengerjakan Mr. Sunshine kembali bersama Hwa&Dam Pictures.

Studio Dragon terkenal dengan efek sinematografinya yang cantik banget. Udah disinggung sejak AMO. Dan makin dipuji sama penontonnya OTW to Airport. Legend of Blue Sea dan Goblin yang populer pula semakin memperkenalkan rumah produksi ini ke banyak penonton drama. 

Oh ya, selain sebagai rumah produksi, studio dragon rupanya juga berada di balik layar sebagai konseptor dan pengembang banyak drama tv kabel seperti Let's Fight Ghost, Cinderella and Four Knight, The K2, Voice, Introverted Boss, Tomorrow with You, The Liar and His Lovers, Tunnel, Chicago Typewriter, Duel, Stranger, The Bride of Habaek, Criminal Minds, Save Me, Live Up to Your Name, Argon, Black. Project terbaru mereka yang baru mulai syuting kayaknya ada Bad Guys, Revenge Social Club (Lee Yo Won), Live (Lee Kwang Soo), Mother (Lee Bo Young), Revolutionary Love (Siwon), dan this Life is Our First (Jung So Min). Ckckckck produktif sekali. 

Nggak heran ya namanya sudah besar padahal masih baru karena aktor yang di bawah naungan mereka itu Jo Jung Suk, Jun Ji Hyun, Park Min Young yang memang udah punya nama di kdrama. Penulis Kim Eun Sook (Goblin, DOTS), Park Ji Eun (Legend of Blue Sea, You Who Came from The Star), serta Kim Young Hyun dan Park Sang Yeon (Six Flying Dragon, Tree with Deep Root) udah ada di bawah naungan mereka. Wuih...

.Samhwa Networks
Mirip Pan Entertainment kadang, tapi nggak semua dramanya serupa. Dari beberapa dramanya, saya suka dan kebetulan ratingnya juga bagus: Baker King Kim Tak Goo, Gu Family Book, Romantic Doctor Teacher Kim, What Happens with this Family yang kesemuanya ditulis Kang Eun Kyung SWnim haha. Ada juga sih Postman to Heaven, atau Wonderful Days dan Uncontrollably Fond yang ditulis Lee Kyung Hee SWnim. Responnya juga cukup baik. Family drama lain soalnya saya nggak nonton meski ada juga yang ditulis oleh penulis kesayangan korea seperti Childless Comfort, Father I'll Take Care of You, Goddess Marriage, My Too Perfect Sons, My Heart Twinkle Twinkle, dan Yeah Thats How It Is. Drama Divorce Lawyer in Love yang dimainin Yeon Woo Jin nggak saya tonton juga. Begitupula dengan drama komedi Ms. Temper Nam Jung Gi yang katanya bagus nyentil keadaan sosial meski agak blak-blakan. 

Drama terbaru yang akan mereka garap berikutnya adalah drama comebacknya Choi Siwon dan Kang So Ra dari penulis Ms Temper Nam Jung Gi di tvN. Drama ini akan disutradari PD SOng Hyun Wook yang mengarahkan Another Miss Oh dan Introverted Boss. 

.Hwa&Dam Pictures
Saya tahunya rumah produksi ini tuh yang biasanya produksi dramanya Kim Eun Sook (DOTS, Goblin) dan drama-drama sejenis chaebol. Karena butuh properti yang mahal-mahal kayaknya haha. Saya lihatnys ih cuma dari drama Goblin, The Heirs, Cheongdamdong Scandal, dan A Gentlemans Dignity. Padahal rumah produksi ini juga yang menggarap Bubblegum dan One Sunny Day.

Di 2018, tim ini akan kembali menggebrak KDrama dengan drama preproduced berjudul Mr. Sunshine karya Kim Eun Sook Swnim lagi. Kerjasama dengan Studio Dragon. 

Artikel terkait

Comments