(updated) Some of KDrama Production Companies

Sebelumnya: Review Jdorama Mother (2010) - Compared to Kdrama Call Me Mother (2018) Episode 1 Part 1

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) posts to other site. Take out infos and links with credit.

Originally posted on October, 30th 2018

Semakin lama, production company kdrama semakin bertambah. Kayaknya dulu saya tahunya cuma HB entertainment sama JS pictures yang bikin drama favorit saya. Tapi sekarang, drama favorit saya malah datang dari rumah produksi lain hihihi. Jadi postingan ini sekalian buat mempermudah saya juga bagaimana nama-nama ini pernah memproduksi dramanya dulu.


Keterangan mengenai ini saya dapat dari dramawiki dan wikipedia yang biasanya mencantumkannya. Saya di sini hanya berniat mereview mereka bikin drama apa aja. Bukan mendalami mengenai keahlian mereka. Seperti biasa, komentar saya bersifat subjektif. 

.Pan Entertainment
Setahu saya, Pan ini seperti pengganti HB Entertainment buat saya. Yang dulu sering bikin drama berkualitas. Terbukti sih dari penulis yang direkrut Pan adalah Ha Myung Hee, penerima penghargaan Best Content dari Departement Budaya Korea. Drama-drama mereka memang biasanya fokus pada konten yang bermakna dan mengharukan. Eh. 

Pan sudah mulai memproduksi drama sejak tahun 2009 lewat Shining Inheritance. Kemudian secara rutin setiap tahun sampai tahun ini. The Duo, The Moon that Embrace The Sun, Bridal Mask, Equator Man, My Love Madam Butterfly, A Hundred Year Inheritance, Passionate Love, Golden Cross, Gap Dong, Mama, Legendary Witches, Kill Me Heal Me (lagi tayang di RTV kalau mau tahu^^), Laurel Three Tailors, Doctors, Marriage Contract, Fight My Way, Whisper (drama ini sebelumnya mau dibikin medical atau police drama, kebayang apa pesan yang mau mereka angkat?) adalah beberapa drama yang saya tahu diproduksi rumah produksi ini. Dan yang sudah nonton pasti tahu bagaimana kualitasnya. Meski saya juga nggak nonton semuanya. 

Drama Pan punya ciri khas sendiri dan beberapa memang dapet apresiasi yang bagus. Tapi nggak semuanya mengalami nasib sama. 

Oh ya, saya baru tahu kalau selain penulis Ha Myung Hee yang bergabung dalam rumah produksi dan nanti akan mengeluarkan karyanya lewat Pan juga, berjudul Temperature of Love, Yoon Sun Joo  dan Jin Soo Wan Scriptwriternim ternyata telah bergabung pula lho. Karya Yoon Sun Joo sebelumnya, Secret Door sempat saya singgung pernah mau diproduksi HB Entertainment setelah akhirnya diambil alih Paulownia. Kalau sekarang dipikir-pikir penulis cocok sih masuk Pan. Genrenya kurang lebih sama.

Ngomong-ngomong drama Rumour that Heard Through Grapevine yang digarap Paulownia juga diproduksi bareng Pan. Awwwww...sentilan buat kalangan atas yang dibungkus black comedy.

Jin Soo Wan SWnim, penulis Kill Me Heal Me juga sealiran kalau nulis drama. Makanya nggak heran beliau pun masuk rumah produksi ini. Kill Me Heal Me kali ya, berperan sebagai penghubung kedua pihak? 😏 Ah, dan masih banyak lagi rupanya yang sudah bergabung. Penulis Marriage Contract, penulis Laurel Three Tailor, PDnim Fight for My Way, 

Cukup banyak yang saya dapat setelah ngubek-ngubek profil rumah produksi ini. Wah wah makin besar rasanya kalau dilihat-lihat dulu nggak serajin sekarang produksi dramanya. Dan penulis plus PDnim yang direkrut itu. Bisa jadi the next succesfull company production.

Terbaru: My Husband Ok Jak Doo, What's the Problem Poong Sang (kerja sama dengan Chorokbaem Media)Love Affairs in the Afternoon (Park Ha Sun, Lee Sang Yeob), when camellia blooms (gong hyo jin, kang ha neul)

. JS Pictures
Apa saya aja yang akhirnya jarang nonton drama dari rumah produksi ini. Saya kenal JS Pictures yang sering bikin drama action. Seperti Two Weeks, Moorim School, Strong Woman Do Bong Soon juga Woman of Dignity (dengan Drama House dan J Content Hub), dan Three Musketeers (dengan Chorokbaem Media). Selain itu ada pula Love Story in Harvard (dengan Logos Film), Obstetrics and Gynecology Doctors,  Giant, Midas, Heartstrings, I Need Romance series, Incarnation of Money, The Virus, A New Leaf, Trot Lovers, Discovery of Love, Ex Girlfriend Club, Twenty Again, termasuk Avengers Social Club, Hwayuki, Tale of Fairy, dan He is Psychometric yang bekerja sama dengan Studio Dragon.  Oh ya, yang terbaru ada Spring Night yang akan dimainkan Jung Hae In dan Han ji min serta Melted Me oleh Ji Chang Wook, Won Jin Ah, dan Yoon Se Ah, undercover teacher (Yoon Kyun Sang).

Dilihat secara general sebagian besar ambil tema cinta dan profesional. Tapi rata-rata kurang dapet gregetnya. Walaupun ada pula yang menuai sukses belakangan ini hehe.

.Chorokbaem Media
Berganti nama menjadi Sementara Chorokbaem Media memiliki cabang SH Entertainment Group yang di antaranya terdiri dari Kim Jong Hak Production, A9 Media, Power M ENT co. Ltd.,  Dan TN Entertainment. Pemiliknya salah satunya adalah IOK Company (nama agensi juga?). Tercatat memproduseri My Fair Lady, All In,  High Kick Through the Roof, Question Sera Sera, Ultimate, The Kingdom of The Winds, The Slave Hunters, Ojakgyo Brothers, Salamander Guru and The Shadows, Standby, Queen and I, Jeon Woo Chi, Nine Time Travels dan The Three Musketeers (dengan JS Pictures), High School King of Savvy, Heart to Heart (dengan Mega Monster), Oh My Ghost, W, Another Miss Oh (dengan Studio Dragon), Big Hit (dengan Hit the Top S.P.C. serta Monster Union) dan Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (btw banyak sageuk ya).

Terbaru: Duel, Mistress, My Mister, Knowing Wife, Memories of Alhambra (dengan Studio Dragon), What's the Problem Poong Sang (kerja sama dengan Pan Entertainment), Rookie Historian Goo Hae Ryung yang akan dimainkan Cha Eun Woo dan Shin Se Kyung

.Studio Dragon
Rumah produksi ini paling berkesan buat saya karena mereka yang produksi drama yang bikin Seo Hyun Jin akhirnya populer banget. Apalagi pergantian logo mereka itu terjadi saat drama ini masih syuting. Buat saya itu pertanda, drama ini juga yang bikin mereka besar. 

Sebagai rumah produksi, Studio Dragon pertama kali membuat Another Miss Oh (dengan Chorokbaem Media). Tidak sendiri alias independen sih. Tapi sejak itu Studio Dragon mulai memperkenalkan diri sebagai rumah yang menggarap drama. Setelah AMO, mereka kemudian lanjut menggarap Dear My Friends dan 38 Squad Team yang juga tidak sendiri. Studio Dragon baru dengan PD memproduksi sendiri itu drama The Good Wife, On The Way to The Airport, Woman with A Suitcase dan Entourage. Sementara Legend of The Blue Sea, Goblin, dan Circle dikerjakan bersama dengan produser yang bekerjasama dengannya. Project terAKHIR mereka di 2017 My Golden Life juga digarap sendiri lagi. Sedangkan di tahun 2018 mereka mengerjakan Mr. Sunshine kembali bersama Hwa&Dam Pictures.

Studio Dragon terkenal dengan efek sinematografinya yang cantik banget. Udah disinggung sejak AMO. Dan makin dipuji sama penontonnya OTW to Airport. Legend of Blue Sea dan Goblin yang populer pula semakin memperkenalkan rumah produksi ini ke banyak penonton drama. 

Oh ya, selain sebagai rumah produksi, studio dragon rupanya juga berada di balik layar sebagai konseptor dan pengembang banyak drama tv kabel tvn dan ocn seperti Let's Fight Ghost, Cinderella and Four Knight, The K2, Voice, Introverted Boss, Tomorrow with You, The Liar and His Lovers, Tunnel, Chicago Typewriter, Duel, Stranger, The Bride of Habaek, Criminal Minds, Save Me, Live Up to Your Name, Argon, Black, undercover teacher, www. Project terbaru yang lain ada Bad Guys, Revenge Social Club (Lee Yo Won), Live (Lee Kwang Soo), Mother (Lee Bo Young), Revolutionary Love (Siwon), dan this Life is Our First (Jung So Min). Ckckckck produktif sekali. 

Nggak heran ya namanya sudah besar padahal masih baru karena kayaknya ini pecahannya CJ E&M (plus masih ada relasi dengan JS Pictures & Kakao M). Dan agensi serta PH lain di bawah naungan mereka itu Culture Depot (Claudia Kim, Jun ji hyun, Seo ji hye, producer director Kim won seok, Lee eung bok, Lee na jeong, Lee yoon jeong, dan penulis Park ji eun. Jo jung suk dan Park min yeong pernah di agensi ini juga tapi sudah pindah), Hwa&Dam Pictures (Penulis Kim Eun Sook), KJP (penulis Kim Young Hyun dan Park Sang Yeon), Gt:st (producer director Kim kyu tae, Hong jong chan, penulis Noh hee kyung).

Others: God Quiz season 5, Drama stage Chief B and The Love Letter (dengan The Unicorn), Children of a Lesser God, 100 Days My Prince, My Ahjussi, The Guest, Asdal chronicles (kerja sama dengan KJP Production dan Samhwa Networks), Her Private Life (bekerja sama dengan Bon Factory) yang akan dimainkan Kim Jae Wook dan Park Min Young, Confession (drama Junho 2PM) bekerja sama dengan Culture Depot 

.Hwa&Dam Pictures
Sudah masuk cabang Studio Dragon juga?Saya tahunya rumah produksi ini tuh yang biasanya produksi dramanya Kim Eun Sook (DOTS, Goblin) dan drama-drama sejenis chaebol. Karena butuh properti yang mahal-mahal kayaknya haha. Saya lihatnya sih cuma dari drama Goblin, The Heirs, Cheongdamdong Scandal, dan A Gentlemans Dignity. Padahal rumah produksi ini juga yang menggarap Bubblegum dan One Sunny Day.

Di 2018, tim ini kembali menggebrak KDrama dengan drama preproduced berjudul Mr. Sunshine karya Kim Eun Sook Swnim lagi. Kerjasama dengan Studio Dragon.

Terbaru: www search engine (planner Studio Dragon) 

.Mega Monster (kerjasama kakao M dan Studio Dragon): Children of Nobody, Heart to Heart (dengan Chorokbaem Media)

.AStory (pemiliknya salah satunya Studio Dragon): 100 Days My Prince, Because it's my first love Netflix dramaKingdom (Kim Eun Sook SWnim again), Miracle that We Met, Queen of Mystery Series, Signal, Fantastic, Five Enough, My Lovely Girl, Who Are You?, Medical Top Team, Twenty Again, Air City, Cinderella's Sister, Protect The Boss, Scent of A Woman, Baby Faced Beauty, Scent of A Woman, The King's Doctor, You're The Best

.Story and Pictures Media(dari salah satu produser astory): Misty, Romance Supplement, Yeon Nom/ a bitch and a prank

.Samhwa Networks
Mirip Pan Entertainment kadang, tapi nggak semua dramanya serupa. Dari beberapa dramanya, saya suka dan kebetulan ratingnya juga bagus: Baker King Kim Tak Goo, Gu Family Book, Romantic Doctor Teacher Kim, What Happens with this Family yang kesemuanya ditulis Kang Eun Kyung SWnim haha. Ada juga sih Postman to Heaven, atau Wonderful Days dan Uncontrollably Fond yang ditulis Lee Kyung Hee SWnim. Responnya juga cukup baik. Family drama lain soalnya saya nggak nonton meski ada juga yang ditulis oleh penulis kesayangan korea seperti Childless Comfort, Father I'll Take Care of You, Goddess Marriage, My Too Perfect Sons, My Heart Twinkle Twinkle, dan Yeah Thats How It Is. Drama Divorce Lawyer in Love yang dimainin Yeon Woo Jin nggak saya tonton juga. Begitupula dengan drama komedi Ms. Temper Nam Jung Gi yang katanya bagus nyentil keadaan sosial meski agak blak-blakan. 

Drama terbaru yang akan mereka garap berikutnya adalah drama comebacknya Choi Siwon dan Kang So Ra dari penulis Ms Temper Nam Jung Gi di tvN. Drama ini akan disutradari PD Song Hyun Wook yang mengarahkan Another Miss Oh dan Introverted Boss, judulnya Revolutionary Love.

Others: Where Stars Land (bekerja sama dengan Kim Jong Hak Production), The Fiery Priest, Asdal chronicles (kerja sama dengan Studio Dragon dan KJP Production), Nature of Melo/Be melodramatic/Melo suits me

0 Response to "(updated) Some of KDrama Production Companies"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the others mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!

*Pssssst I'd like you to join my little survey here, wanna know from what fanbase you come.. so "who's your favorite actor/es from this drama?"