Korean Drama Romantic Doctor Teacher Kim 1 vs 2 Episode 1 & 2

adsense 336x280
Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to other site. Take out infos and link with credit. You're a good person.

sebelumnya: Romantic Doctor Teacher Kim 2 Episode Spesial: 3 Years After (Part 5 - End)

Credit: SBS

Di sini saya tetap pakai format 1 episode 1 jam ya. Episode 1 dan 2 berarti episode 1 sampai 4 dalam format 30 menitan.

Pemberitahuan sebelumnya atau kalau dilihat di deskripsi namuwiki.kr drama ini berdurasi total 70 menit, mungkin termasuk kredit pembuka? Ya pokoknya drama ini lebih dari 60 menit. Tidak seperti drama channel publik Korea pada umumnya.

Permulaan cerita bagus ya. Kesan misteriusnya dapet di ruang konferensi yang mempertontonkan operasi itu sebagai salah satu pelajaran yang bisa diambil banyak pihak. Saya jujur kagum sama Kim sabu (teacher Kim) yang masih sempat-sempatnya nonton ini seksama dan bahkan menolong pasien RS Geodae. 

Diketahui ternyata Kim sabu ke sana sebenarnya bermaksud mencari pengganti dokter-dokter muda yang sudah pindah dari RS Doldam untuk waktu tertentu. Kang Dongjoo, Yoon Seojung, wkwkwk di spesial episode season 1 katanya kalau Dongjoo pindah, dia pingin bawa Seojung juga. Tapi apa daya ya, di season 2 ini ternyata dia malah terbongkar belum wamil hihi. Dan pasangan tersebut berpisah beberapa bulan lalu.

Saya bingung btw kenapa Do Inbum kembali ke Geodae? Paksaan? Apa kepindahan kedua rekannya merupakan rencana orang lain pula? Hmmm..

Yang jelas 3 tahun berlalu, RS Doldam kembali berbenah dengan fasilitas dan dokter baru, meski ujungnya didatengin musuh lama hahahahaha. Yup, setelah kematian bos Shin, pemilik yayasan Geodae, ada pihak yang membantu direktur Do menggantikan posisi beliau sebagai bos yayasan. Heu. Penulis Kang eunkyung benar-benar nggak mau cerita, alasan apa di balik keinginan direktur Do yang menggebu ini? 

Bicara soal perbedaan kedua season. Pemeran utama dokter kita di sini kelahiran 90.an ya. Berbeda dengan dokter bedah season 1 (terkecuali Inbum) yang lahir di tahun 80.an hehe. Mereka selalu dijuluki muda.

Di season 2 ini saya suka bagaimana mereka memperlihatkan Seo Woojin dalam menganalisis pasien yang memberontak di stasiun subway. Tak, tak, tak, tahap demi tahap, ia lihat tanda-tanda yang ada pada pasien hingga sampai ke suatu diagnosa 👍

Saya juga suka bagaimana kompleksnya karakter utama baru di sini. Cha Eunjae yang sudah 2 tahun di bagian bedah kardio, siapa sangka masih menggunakan obat untuk menekan kepanikannya di ruang operasi. Entah apa yang membuatnya begitu bersikeras menjadi seorang dokter dengan kesulitan yang cukup besar tersebut.

Seo Woojin. Ditinggal kedua orangtuanya, bunuh diri karena depresi? Ia pun tak mengalah pada keadaan finansial yang serba kurang dan mau kuliah kedokteran. Apa latar belakang mereka? Apakah Eunjae juga hanya tinggal bersama ibunya? Ia diperlihatkan sering menelepon ibunya di setiap kesempatan. 

Credit: SBS

Tidak asing.. Penonton romantic doctor teacher Kim 1 sebelumnya ditunjukkan cerita serupa. Yoon Seojung kehilangan ibunya, satu-satunya orang tua yang ia punya, yang bunuh diri dan kemudian diangkat anak oleh direktur Geodae, Do Yoonwan. Sedangkan Kang Dongjoo, sepeninggal ayahnya di waktu remaja pula, ia hanya memiliki seorang ibu yang selalu rajin meneleponnya. 

Hal cantik lain dari Romantic doctor teacher Kim 2 adalah bagaimana penonton bisa melihat kebaikan Kim sabu yang ingin mengajak kedua dokter bedah muda tersebut terlepas dari kekurangan mereka yang ia ketahui. Woojin termasuk yang sulit didekati. Ia tidak mudah bergaul tapi sepertinya penonton tahu ada seorang wanita di hatinya ecie. Adegan dia menggendong Eunjae yang pingsan di episode 1 itu cantik sekali. Meski kebayang capeknya nurunin tangga segitu banyak sambil nggendong 😬

Melihat Woojin datang ke RS Doldam penuh luka dan tampak kesakitan memegang perutnya (akibat dihajar penagih utang?), Kim sabu meminta tolong dokter Jung Insoo dan Bae Mungjoon memberikan perawatan dan memeriksanya. 

Kim sabu sendiri mengetahui potensi kedua dokter bedah muda ini. Walau keras ucapannya, ia hanya ingin mereka belajar dan mengembangkan diri. Itu hanya salah satu caranya sebagai yang berpengalaman. Jangan berpura-pura Eunjae. Akui kelemahan. Penonton tahu Eunjae tidak ingin diremehkan mengingat ia juga wanita. Ke depannya, seperti Seojung di season 1 yang bisa mengatasi ptsd dan tidak pernah mencoba bunuh diri lagi, semoga Eunjae pun dapat mengatasinya. 

Woojin, coba lihat lebih dekat. Kim sabu mencoba menyelamatkan pasien, menteri itu dengan mempercepat operasi, melewatkan ct scan, setelah ia mencari tahu riwayat pasien dan setiap malam bergelut mempelajari banyak hal demi menunjang keberhasilan operasinya. Siapa yang tahu, pengetahuannya soal sebab dan letak keparahan pasien yang terlewat karena tak melakukan ct scan, ia dapat dari hasil belajar kerasnya selama ini.

Mohon dicatat. Drama adalah dramatisasi. Han seokkyu pemeran Kim sabu sendiri mengatakan di promosi season sebelumnya bahwa mustahil rasanya Kim sabu bisa pandai dalam banyak hal. Bahkan ahli dalam 3 spesialisasi bedah. Jadi jangan heran ya. Penulis Kang eunkyung suka pula membuat konsep macam pahlawan super. Kejahatan lawan kebaikan seperti itulah..

Di romantic doctor teacher Kim season 1, penceritaan karakter buat saya kurang kuat. Dongjoo jadi seolah pesimis dengan hidupnya setelah melihat bagaimana dunia melihat ia dan ayahnya. Anak direktur akan selalu mendapat perlakuan yang berbeda. Orang berada selalu diistimewakan.

Trauma Yoon seojung.. Sayang sekali tidak diperdalam bagaimana rasa kehilangan kedua orang terdekatnya menghantuinya. Membuatnya menyalahkan diri sendiri.

Credit: SBS

Oh ya, ada beberapa adegan pengulangan juga di season 2. Berteduh di bawah hujan di depan RS geodae, condong mendekati pemeran utama wanita, kekaguman terhadap kecepatan/skill doldam avengers.

Mereka masih menggunakan bgm season 1 dan bikin makin kangen plus nostalgic 😍 bgm season 2 pun nggak kalah bagus (timnya masih sama dengan tim rdtk 1 termasuk illustrator gambar tiap judul chapter. Ig pensiero0724, jojinjoo0000). Di season 2 ini bedanya ostnya dinyanyikan para penyanyi hallyu dan produsernya pernah menciptakan lagu ost terkenal untuk goblin, descendants of the Sun, it's okay it's love, serta hotel Del Luna. Saya sih mencium promosi berlebih sebab drama ini bukan drama romansa. Tapi ya, namanya juga nyari untung.

Eh saya suka juga akhirnya saya ngeliat apa poin pembeda seorang bedah umum dan bedah kardio melihat luka dalam pasiennya.

Perbedaan lain rupanya ada di narasi ya. Romantic doctor teacher Kim 2 nggak dibuka dengan narasi (saya sebelumnya sudah membicarakannya di halfway to go).

Credit: SBS

Playlist Kim sabu season 2 sudah ada knocking on heavens door. Terus di spesial episode adegan Ahreum bersepeda diputarkan lagu are you going to Scarborough fair. Lagunya pas banget buat dia. Misterius juga kayak selalu ceria dan ditunjukkan mengulum lollipop. Seperti simbol gadis yang tak punya kesusahan. Benarkah?

Rating episode 1 cukup tinggi bisa jadi diakibatkan antisipasi yang tinggi dari penonton. Sangat di luar dugaan 14% dengan puncak 18%. Padahal penonton merasa tidak puas untuk beberapa hal, tapi episode 2 rating justru naik menjadi 18% dengan puncak 22%.

Romantic doctor teacher Kim 1 behind the scene on Kutudrama
adsense 336x280

0 Response to "Korean Drama Romantic Doctor Teacher Kim 1 vs 2 Episode 1 & 2"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the other's mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!