Review Jdorama Mother (2010) - Compared to Kdrama Call Me Mother (2018) Episode 1 Part 1

Sebelumnya: Upcoming Korean Drama Remake JDrama Mother - Strong Female Casts

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) posts to other site. Take out info and link with credit. 

Ini pertama kalinya saya bikin review perbandingan dengan menonton keduanya berbarengan. Bagus euy! Terpampang jelas bedanya dan tetep suka keduanya. Meski ya, kalau selera saya emang lebih suka versi orinya^^. Dalem seperti biasa. Lebih emosional juga.

Catatan: Saya sudah menonton keseluruhan drama ori meski ada beberapa bagian yang masih saya skip. Jadi mungkin akan ada spoiler episode berikutnya yang terikut dalam review pertama ini. SANGAT TIDAK DISARANKAN untuk yang tidak suka SPOILER.

Credit: NTV and tvN

Review JDrama Mother Episode 1

Pembukaan episode 1 versi orinya memperlihatkan Rena, memegang sehelai bulu yang kemudian terbang dibawa angin. Ia menoleh, mengikuti arah terbang bulu tersebut. Di sini ia tampak sedikit terkejut bulunya dibawa angin. Baru setelah itu ada adegan polisi dan penyelamat yang berkerumun di dekat pantai. Saya lebih suka pencarian yang diperlihatkan di versi Jepangnya. Lebih dramatis dengan badai salju wkwk. 

Seorang paman bernama Goto terlihat berjongkok. Lemas berjalan lama? Ia dihampiri paman yang lain, digoncangkan dan ditanyai, benarkah ia melihat anak perempuan itu jatuh ke laut? Paman Goto tak menjawab seperti tak percaya pula.

Di Korea nggak ada part ini dan karena itu saya lebih suka versi Jepangnya. Kelihatan lebih emosional. Saya tahu mereka nggak mungkin meniru semua adegan. Sebagai ganti, mereka membuat kilasan cepat hal-hal yang disukai Hye Na dalam catatan kecilnya. Termasuk close up bulu putih yang ia pegang saat ia berdiri di pinggir laut pelabuhan. Menengadah menutup mata selepas menatap langit luas bersama deburan ombak dan angin kuat menemaninya. Kalau di versi Korea saya suka bagian pengganti ini.

Sigh. Terlalu detail ya? Saya melihat ada sehelai bulu di atas salju yang diinjak para penyelamat. Seorang ibu melihat para penyelamat itu pergi ke arah pantai, sementara ia sendiri dibawa ke sebuah tempat. Tempat para nelayan berkumpul? Karena saya sudah melihat episode 1 Korean versionnya, saya menebak demikian.

Di versi Korea hanya diperlihatkan sang Ibu sudah duduk di sana. Sama berhadapan dengan penghangat karena memang cuaca dingin. Bersalju di luar. Hanya ekspresi dan lightingnya yang berbeda. Saya suka bagaimana kedua versi ini punya perbedaan seperti ini. WUHU! Di versi Korea, Ibu tampak cemas (atau takut) di ruangan yang cukup terang.

Ibu ini diam di tempat yang cukup gelap. Ia menatap kosong ke arah penghangat di sana sambil duduk, sebelum paman Goto bertanya dengan keras, apakah Ibu mengenal syal biru muda Rena  yang ada darahnya (eh?). Begitu mendapat kepastian dari ibu Rena itu milik putri kecilnya, paman Goto bersimpuh, bersujud dalam-dalam, memegangi kepalanya yang sudah menyentuh lantai. Syal itu  pun masih ia pegang. Sementara Pak detektif di versi Korea menanyakan soal tas yang bernamakan Hye Na dengan biasa. Apik.   

Burung-burung yang berkoloni dishoot dari jarak dekat. Menampakkan kesan kuat buat saya.  Hitam dan bergerombol banyak. Baru kemudian terbang di angkasa berlatar langit musim dingin biru kekuningan yang memadu indah. Sementara versi Koreanya lebih ngambil warna-warna oranye-coklat untuk latarnya. Plus penambahan musiknya yang cantik sekali. Haha saya SUKA kedua versi. Bagus semua xD 

Pemandangan (hamparan putih bersalju di dekat danau tempat burung biasanya singgah) ini diperlihatkan untuk mengenalkan profesi(?) Suzuhara Nao sebagai peneliti burung yang suka memotret mereka. Versi Korea, ada Soo Jin yang memotretnya dengan kecanggihan kamera sekarang dari sebuah gubuk buatan sepertinya khusus untuk memperhatikan burung-burung tersebut. Awalnya saya kira itu kastil tua lho. LOL karena ngeshootnya dari bawah, jadi terlihat besar. Adegan yang lebih mirip versi ori ada di part 4, artinya menit ke 40.an versi remake. Soo Jin melihat dari pinggir danau. Ia sampai pergi ke pelabuhan mengikuti arah terbang burung tadi. Pelabuhan yang sama dengan tempat Rena terakhir terlihat. Di versi Korea bagian ini tidak ada dan diganti dengan kepergian Soo Jin ke kantor penelitiannya. Mendetailkan mengenai Soo Jin yang melihat pergerakan burung dari komputer miliknya, juga mengenai Soo Jin yang hidup sendirian seperti burung-burung tersebut yang tak harus punya pendamping untuk terus hidup.

Berikutnya ada adegan Nao ke sekolah. Ia disapa oleh murid-muridnya yang masih SD. Di belakangnya Rena sempat terhenti karena menemukan sebuah topi rajut terjatuh. Ia memungutnya dan membersihkan dari tanah. Aw. Bakal tersentuh banget kalau sudah tahu itu untuk apa dan siapa. Di Korea version nggak ada ini dan diganti adegan bagaimana Soo Jin mengajar. Ilmiah penjelasannya. Tapi saya suka Lee Bo Young bisa menggambar di sini hihi. Ia juga dikerjai siswanya. Heo Yool sama seperti Rena!!! Ia mengenakan jaket merah! WAH. Tapi Rena melepasnya saat di kelas.

Nao dengan masih mengenakan jas labnya diminta menjadi wali kelas menggantikan guru yang sedang sakit. Setidaknya hanya untuk semester ketiga. Guru wanita lain menyarankannya menugaskan anak-anak menulis untuk bebek peliharaan mereka yang sudah mati, Hai/Salam/Yang tersayang (Gomen-ne, saya udah lupa bahasa Jepang dan hurufnya TT.TT) Bebek di Surga. Guru wanita itu bahkan sampai tersedu saking sedihnya (Saya agak bingung dengan ekspresinya. Segitunyakah bu Guru?). Nao melihat dari dalam, kuburan bebek yang ada di luar. Di Korea version lebih  jelas dipaparkan kalau Soo Jin adalah guru IPA sebelumnya. Ia menggantikan guru yang cuti melahirkan. Karena murid-murid juga akan liburan habis ini, jadi Soo Jin cukup menggantikan untuk 3 minggu saja. Guru Song ditugaskan membantunya. Guru Song sudah merancang rencana belajar mengajar dan memberi tugas yang sama. Menulis surat untuk bebek peliharaan mereka yang sudah mati kemarin sebagai sarana pengungkapan perasaan anak-anak. Surat untuk Oh Cheol-nama bebek tersebut. Saya lebih suka guru Song karena penceritaan karakternya lebih dalam dan ia terihat penyayang. Maklum, Mother korean version punya 16 episode, 5 episode lebih banyak dari versi orinya.

Nao memperhatikan bagaimana mereka mengerjakan tugasnya. Ada anak yang meneteskan air mata pula. Sementara ia melihat Michiki Rena malah memainkan kertasnya. Kertasnya kosong. Rena menghampirinya. Sedikit berjongkok di depan meja Rena yang memang lebih rendah darinya. Mengingatkan Rena kalau waktunya tinggal 10 menit.

Rena jadi bertanya, haruskah ia menulisnya? (Imut beneran deh ni anak haha. Saya langsung suka!) Nao bingung, memangnya ada alasan untuk tak menulisnya? Rena menjawab lugas, bebek itu tak bisa membaca karena sudah mati. Ia aslinya juga nggak bisa membaca (saat masih hidup).

Mendengarnya, yang lain bersuara. Kasihan, bebek... Kau jahat! Iya, kau jahat!

Setelah dikondusifkan, Rena bertanya kembali dengan sopan. Aku punya pertanyaan. Apa surga itu ada? Apakah itu di dalam tanah? Nao menanggapi dengan mengambil kertas Rena. Jika Rena memang tak ingin menulis ya sudah. Toh pak pos juga tak bisa mengantarkannya ke surga.

Nao menghapus penugasan di papan tulis. Rena seperti menatapnya sedih? Tapi seketika ia berubah tersenyum sangaaaaaaaaat manis saat Nao berbalik melihatnya. Sigh, anak ini...

Soo Jin melihat Hye Na yang malah mencorat coret kertas kosongnya. Saat ditanya apa ia tak akan menulis, Hye Na menjawab yang mati tak bisa membaca surat. Ia juga berkata sebenarnya tak ada pula yang namanya surga. Reaksi anak lain kurang lebih sama. Merasa kasihan pada Oh Cehol. Berceletuk bebek memang tak bisa membaca bahkan buang air besar. Soo Jin mendiamkan mereka yang tertawa . Menjelaskan ketika kau mati, kau memang tak bisa bernafas, makan, dan buang air besar. Jadi ia yakin Oh Cehol juga tak bisa membaca surat. Tapi Oh Cheol adalah bebek yang mereka rawat dari kecil, jadi mungkin mendapatinya mati membuat mereka semua sedih dan merindukannya. Soo Jin meminta mereka menulis yang seperti itu dalam surat mereka untuk meringankan kesedihan dan sakit yang mungkin mereka rasakan sebelumnya. Ia pun menegaskan untuk tak menulis jika tak ingin karena Oh Cheol juga tak bisa membacanya. Di sini Hye Na menatap gurunya kagum. Hye Na tampak lebih dewasa. Senyumnya tipis sekali tapi cantik. Saya lebih menerima alasan senyum Hye Na daripada Rena hehe. Mungkin karena Ashida Mana masih lebih muda juga. 

Di ruang guru, guru lain yang memberi tugas tadi melihat kertas kosong Rena dan bercerita, Rena memang agak berbeda mungkin karena ayahnya meninggal muda. Tapi dia juga kadang mengatakan hal-hal aneh. Guru pria (atau Kepsek) yang tadi meminta Nao menjadi wali kelas, mengambil kertas kosong tersebut. Ia sepertinya menganggap Rena tak patuh. Sikap yang tak layak dari seorang anak kecil.

Nao biasa saja dan malah bertanya, apa yang akan ia lakukan dengan tugas itu. Apakah mereka meminta bebek mati membacanya? Kelihatan kan bagaimana Nao itu.

Di luar kantor ternyata Rena telah menunggunya untuk memberikan topi rajut yang ia temukan sebelumnya sebagai rasa terimakasih katanya. Dan menurutnya itu cocok untuk Nao. nao heran.

Sepulangnya dari sekolah, ia  menyempatkan berbelanja bahan makanan. Di lantai bawah, ia melihat ada surat di kotak pos apartemennya. Segera ia menyalakan pemanas saat sampai. Melepas kuncirannya dan menyadari ada bagian botak di belakang kepalanya. Ia langsung mengambil cermin memastikan. Dan tentu saja teringat topi yang diberi Rena. HEOL. Anak macam apa Rena ini wkwk.

Rena keluar dari kelas diikuti anak-anak berlarian pulang dengan riang mengucapkan salam perpisahan. Tapi dua orang siswa yang tadi menjahilinya menabraknya dan memujinya cantik. Soo Jin mendesah. Tak lama, Hye Na berjalan mendekatinya, memberinya selembar kertas kecil. Hye Na hanya tersenyum saat ditanya itu apa. Soo Jin membukanya saat Hye Na meninggalkannya. Di dalam sana ada rahasia kematian Oh Cheol (kuburannya diperlihatkan). Kedua anak yang menjahilinya tadi ternyata juga pernah menjahili si bebek. Tak ada bagian pemberian topi.

Rena berjalan di jalan mendaki menuju rumahnya. Ia melihat ibunya meletakkan bukunya dan beberapa barangnya yang lain di luar rumah sekalian pergi berangkat kerja. Rena memanggilnya Mama. Mama berkata, Rena tak memerlukannya lagi kan. Rena membenarkan. Rena juga tersenyum ceria mengucapkan, sampai bertemu nanti pada Mama. Tapi wajahnya berubah saat menatap sepatu sandal hitam di luar pintu.

Rena masuk membawa beberapa barang yang tadi dibuang. Ia tertegun melihat seorang pria menatap layar komputer. Ia menyapanya juga dengan ceria. Tak lupa hamsternya yang ia namakan Suzu ia beri makan. Namun pria tadi memanggil Rena, mendekatinya dan melepas topi rajutnya. Gelap. Ia menatap Rena. Menyamakan tinggi pandangannya dengan anak perempuan itu.

Bagian ini belum ada di sepuluh menit pertama versi Korea. Mereka memperlihatkan percakapan Soo Jin dan sunbaenya mengenai lamaran Soo Jin untuk mengikuti program di Cina, Islandia, dan Kanada. Soo Jin tak berencana kembali ke Korea kali ini. Ia juga tak memperlihatkan ketertarikannya dengan lingkungan sosial, tinggal di satu tempat, menemukan jodoh, dan memiliki anak (Soo Jin soalnya diumpamakan seperi burung. Saya beneran suka sama analoginya. Bener banget! Selalu berpindah-pindah. Ide cerita ini) 

Adegan lain yang ditunjukkan lebih awal adalah adegan seorang wanita paruh baya yang keluar dari ruang dokter dan menyuruh seorang pria menemukan Soo Jin, putrinya yang sudah 10 tahun hilang kontak. Ia memilihnya sebagai orang pertama yang akan mendengar ceritanya.

Ada lagi adegan meja Hye Na diberi sampah dan dijauhi-tak mau makan dekat Hye Na karena kuku Hye Na kotor (karena itu Soo Jin diperlihatkan membeli gunting kuku untuk Hye Na setelahnya). Hye Na juga ditempeli kertas bertuliskan tempat sampah. Soo Jin menegur anak-anak itu, termasuk pada kedua anak yang meracuni Oh Cheol. Ia mengancam akan melaporkan perbuatan mereka tapi dengan syarat anak-anak itu tak boleh mengasari hewan, perempuan, atau siapapun yang lebih lemah dari mereka. Sebuah pesan yang sangat tepat untuk drama ini >.< Apalagi pengajaran dini untuk mereka anak laki-laki. Really good job SWnim! 

Oh ya, pembuka versi Korea adalah instrumen Twinkle Little Star yang diulang 2 kali. Bagus banget. Mereka pakai pic pembuka Hye Na dan Soo Jin duduk bersebelahan berselimut memandang laut. untuk episode pertama ini. Dengan landscape sendu, biru abu-abu. 

Oke. Terlalu panjang tanpa pic. Saya sampai nggak bisa capture saking detailnya cerita drama ini. Mungkin lain kali akan saya bandingkan dan lanjutkan. Atau akan digantikan pihak lain hehe. Tapi sebelum itu, saya berikan saja garis besarnya.

Saya belum menonton epsiode 5 dan 6 versi Korea. Apalagi episode minggu ini. Jadi ini saja yang bisa saya berikan. Garis besar perbedaannya.


Jepang (original version)
Korea (remake version)
Sebagian besar pemain utama adalah wanita
Masih ada pemain utama pria
-          Nao tidak punya teman pria
-          Soo Jin dikenalkan dengan dokter (pria) yang menangani ibu angkatnya (?)
-          Satu-satunya karakter pria menonjol adalah reporter
-          Karakter pria menonjol ada dokter pria di atas, pak detektif, sunbae Soo Jin (?), dan manager ibu angkat Soo Jin (?)
Ibu kandung Nao dari awal diperlihatkan sebagai orang yang hangat
Ibu kandung Soo Jin dari awal diperlihatkan sebagai orang yang dingin
Ibu angkat Nao sehat
Ibu angkat Soo Jin sakit kanker
Ibu angkat Nao seorang pemilik perusahaan
Ibu angkat Soo Jin adalah seorang aktris veteran dan memiliki seorang manager (?)
Saudara tiri Nao yang tertua hamil, yang lebih muda sedang mencari pekerjaan
Saudara tiri Soo Jin yang tertua sudah punya anak kembar, yang lebih muda bekerja sebagai reporter
Nao ditinggalkan saat bermain sendiri
Soo Jin ditinggalkan di depan panti
Ibu angkat Nao bertemu ibu kandung Nao dengan baik-baik
Ibu angkat Soo Jin sampai menampar ibu kandung Soo Jin?

2 Responses to "Review Jdorama Mother (2010) - Compared to Kdrama Call Me Mother (2018) Episode 1 Part 1"

  1. Owh jadi pengen nonton versi ori nya ^^
    Ga heran remake korea episode nya lebih banyak karakternya juga lebih banyak dan lebih ribet dari versi ori
    Aahh thank dira udah review drama ini dari sisi yg berbeda 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya eon... kebagusan versi orinya juga kan yang bikin korea tertarik meremakenya
      sip sip. sama-sama :)
      terimakasih sudah mampir^^

      Delete

I talked about my thought the most because I dont know the others mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!

*Pssssst I'd like you to join my little survey here, wanna know from what fanbase you come.. so "who's your favorite actor/es from this drama?"