My Golden Life – New Korean Drama from So Hyun Kyung about Twins' Family and Dad’s Struggle

Waktu saya bilang mau ngikutin drama ini, Lia sempet tanya. Heran kali ya saya ngikutin weekend drama. Haha. Fasnnya Shin Hye Sun? Park Shi Hoo? Bukan. Saya mau tahu aja kali ini gimana dramanya So Hyun Kyung, penulis naskah terbaik APAN Star Awards 2013 atas dramanya My Daughter Seo Young dan Two Weeks. Apalagi weekend drama.

Udah lama soalnya dan bahkan pernah ngobrol bareng mbak Dee yang suka rerun Seo Young kalau penulis ini bikin drama makjang lagi, bakal melo lagi kayaknya. Eh, kok beneran. Tahun ini Scriptwriternim balik ke KBS dengan tema yang kurang lebih sama. Mimpi seorang gadis untuk meningkatkan statusnya tapi malah jatuh dan menyadari adanya kebahagiaan di sana. Ia tumbuh dengan mengalami kesulitan-kesulitan yang membuatnya menjauh dari sang Ayah yang hanya bisa menonton dan hidup dengan kepahitan dan kesendiriannya sebagai seorang kepala rumah tangga. 

Kalau dilihat sih, cerita ini nggak bakal jauh dari cerita Seo Young. Tentu minus dengan kebohongan Seo Young soal nggak punya ayah itu. Di sini, karakter lead female yang diperankan Shin Hye Sun sepertinya juga tidak akan terlalu menyalahkan sang Ayah. Karena di cerita ini Ayah mungkin nggak sampai berjudi untuk menutupi hutangnya. Atau ikut investasi bodong sana sini. Dari segi Ayah-center saja sudah berbeda. Apalagi kisah anak-anaknya nanti.


Seo Ji Ahn (Shin Hye Sun) akan lebih berani dan bersemangat. Ia anak kedua dari empat bersaudara. Ia juga memiliki saudara kembar. Satu yang berbeda dengan My Daughter Seo Young, kembarannya di sini perempuan diperankan Seo Eun Seo (urri Yeo Hwa di Romantic Doctor Teacher Kim), Seo Ji Soo. Cuma dia lahir duluan. Ji Ahn punya kakak laki-laki yang diperankan Lee Tae Sung, bernama Seo Ji Soo dan seorang adik laki-laki bernama Seo Ji Ho (Shin Hyun Soo, awwww urri bolpoint sunbae di Age of Youth).

Kita bahas satu-satu sebelum ke keluarga sebelah. Ji Ahn, karakter sorotan drama ini. Gadis pegawai kontrak di bagian marketing sebuah perusahaan yang berkepribadian menyenangkan, semangat, dan pekerja keras, bahkan juga suka berolahraga. Hingga tahun pertama sekolah menengahnya, hidup terasa menyenangkan. Tapi keadaan berbalik saat ayahnya bangkrut dan itulah awal senyumnya seakan ia paksakan hadir di tengah-tengah perjuangan karirnya sebagai pegawai tetap tanpa uang, keberuntungan, atau backing dari seseorang.

Oke, bagaimana SWnim menggambarkannya sebagai seorang pecinta olahraga? Kayaknya di drama-drama beliau sebelumnya, Cuma tenis sih yang diperlihatkan. Seo Young dan Woo Jae pernah main bareng. Mulai dari Shining Inheritance, Prosecutor Princess, 49 Days, My Daughter Seo Young, Two Weeks, Twenty Again kayaknya itu aja kali ya?

Lalu untuk meninggalkan ayah, mungkin dalam rangka mencari karir itu, pekerjaannya bisa jadi mengharuskannya berpisah. Tidak tinggal serumah lagi dengan keluarga. Nggak seekstrim Seo Young. Kalau sama, kurang greget nih haha. Cerita Seo Young udah kayak trademarknya So Hyun Kyung writernim, isu sensitif sebab di Korea juga nggak boleh sih anak cewek nikah tanpa Bapaknya. CMIIW. Makanya Lee Bo Young waktu nerima peran Seo Young udah siap dibenci LOL.

Kembali ke keluarga Ji Ahn. Adik kembarnya dulu ya. Dia beda sama Ji Ahn. Cenderung nggak punya tujuan khusus dalam pekerjaan dan bener-bener punya jiwa bebas tanpa komplain. Dia sendiri bekerja di toko roti yang ia sukai. Kelihatan bertolak belakang sekali, jadi nggak bisa prediksi sih keterkaitan batinnya. Beda sama Seo Young-Sang Woo yang kelihatan mirip sama-sama punya passion jadi dokter. Hmmm keluarga di sini cukup gede dan saya belum bisa nebak gimana chemistry karakter-karakternya. Di My Daughter Seo Young agak renggang karena semuanya kerja dan jarang kumpul. Nggak begitu terasa kayak di What Happen (beda penulis, karya Kang Eun Kyung SWnim) yang tengkar melulu hahahaha.

Kalau ngomongin kakak tertuanya Ji Ahn, dia udah cukup umur untuk nikah tapi nggak percaya sama pernikahan. Nah lho? Apa ngeliat keluarganya yang belum stabil ya? Nggak mau terbebani dengan rumah tangga? Menarik ngeliat siapa yang akan menarik hatinya nanti. Apalagi Lee Tae Sung yang main. Saya sama sekali belum pernah ngeliat dia dengan peran anak baik, cool, dan bertanggung jawab macam kakak tertua begini. Jadi jelas penasaran wkwk. Nggak tahu nih yang main di drama SWnim kali ini nggak ketebak kecuali ayah sama ibunya Ji Ahn. Mereka emang jadi ibu dan ayah polos di My Daughter Seo Young. Pantes banget kalau main lagi di sini.

Beda sama orang tua sebelah, keluarga Choi, calon besan buat Ji Ahn sepertinya. Banyak drama mereka menjadikan mereka berkelas. Seperti apa mereka mendidik anak-anaknya? We’ll see...

Ohya, adik bungsu Ji Ahn, Ji Ho, juga pekerja keras. Bahkan sejak usianya lebih muda dia sudah berada dalam budaya “semua untuk uang”. Mungkin karena dia anak laki-laki kedua di keluarganya, merasa bertanggung jawab juga. Pas banget menurut saya sama Hyun Soo. Akan mantengin dia di sini aja lebih enak. Pasangannya siapa ya?

Sementara ini karakter lain yang ditunjukkan adalah keluarga Choi sebagai pemilik perusahaan tempat Ji Ahn bekerja dan Seon Woo Hyuk (Lee tae Hwan), designer sahabat karib Ji Ahn di sekolah.

Oke, kita punya cewek yang bekerja di toko roti mirip di 49 Days, designer furniture di untuk sebuah shopping mall (mirip karakter arsitektur di 49 days juga-suka gambar), seorang chaebol, dan boleh saya tebak bakal ada pengacara atau jaksa lagi di drama ini? Hahahaha di 49 Days sama Twenty Again nggak ada sih. Tapi boleh kan nebak-nebak berhadiah? Apalagi anak chaebol perempuan keluarga Choi juga suka musik sama kayak Choi Ho Jung di My Daughter Seo Young hehe. Formula cewek polosnya kepake lagi kayaknya di drama SWnim kali ini. Dan saudara kembar kita bisa jadi terlibat cinta segitiga sama Woo Hyuk eaaaa. Di teaser diliatin Ji Soo mandang Woo Hyuk beda :P Wah...wah...

Saya merasa mainstream sebenarnya sama drama ini. Tapi karena saya nggak pernah ngerasa mainstream sama drama-drama penulis sebelumnya, ada scheduler-lah, anak yang mau buktiin ketidak-bersalahan ortu dengan ngedeketin jaksa-lah, anak yang ninggalin ortu-lah, ayah yang mau nyelamaetin anaknya malah dituduh pembunuh-lah, ortu yang baru mulai kuliah-lah, saya jatuhnya makin kepo sama My Golden Life.

Termasuk soal Park Shi Hoo ya. Heran banget lah siapa yang masukin aktor yang pernah kena skandal ini dalam drama weekend yang notabene heartwarming buat keluarga di sana? Apa yang bikin tim produksi yakin dia nggak bikin penonton ragu nonton? Memang SWnim terkenal dengan karakter cowok suami-able, tapi belum kepikiran aja kalau Park Shi Hoo yang mainin seperti apa jadinya.

Di Prosecutor Princess jelas bagus banget. Sayangnya itu sebelum orang mengecap dia sebagai orang lain seperti sekarang. Pingin tahu cerita di balik layar nih. Sama kayak waktu Lee Jun Ki dibujuk main peran Ayah. Jangan-jangan SWnim juga ada niatan pingin ngubah imej aktor ini? Entah. Kemungkinan lain, memang ada backing...

Saya belum tahu rumah produksi mana yang akan memproduksi drama ini. My Daughter Seo Young, weekend drama KBS 5 tahun lalu dan 49 Days dibikin sama HB entertainment. Tapi drama SWnim berikutnya dibuat JS pictures. Saya pesimis drama ini bakal diproduksi HB karena drama produksi mereka akhir-akhir ini nggak seperti dulu. Lebih underrated dan kurang manis buat saya. Saya bakal lebih prefer SWnim kerja sama dengan Samhwa yang memproduksi Romantic Doctor Teacher Kim, What Happen with This Family dan melodrama Uncontrollably Fond. Lebih pas ^^

Pssst di teasernya ada bocoran birth secret alias rahasia kelahiran. Di antara keluarga besar itu ada yang bukan anak kandung? Atau loveline mereka ada yang saudaraan? Wkwkwk.

Buat pengantar terakhir, Cuma ngasih tahu sebenarnya yang ditawari untuk lead female drama ini pertamanya UEE. Saya tahu itu karena jam terbangnya sebagai lead female. Sayang, UEE memilih drama lain dan jadilah Shin Hye Sun, aktor yang tergolong belum terlalu populer yang main. Secara pemain, drama ini nggak punya kandidat kuat penggaet penonton dengan akting yang wah atau kepopuleran yang besar. Saya nggak tahu kenapa padahal drama-drama sebelumnya nggak gini-gini amat. Pengalaman yang kayak gini bikin dejavu sama Prosecutor Princess yang ratingnya bisa dibilang paling bontot di jam tayangnya. Tapi sekali lagi, drama ini belum tayang dan dengan pemain-pemain baru serta cerita yang agak mainstream masih ada harapan bakal ada yang baru lagi dari SWnim, beda dengan biasanya. Twenty Again udah cukup jadi kejutan karena dramanya nggak menguras air mata dan makjang. Mungkin SWnim bakal bikin versi panjangnya dengan drama ini...


Tayang mulai tanggal 2 September menggantikan Father is Strange. Another Strong Father and his family will come to you :)

Selanjutnya: Promo Stuff My Golden Life

Artikel terkait

Comments