Review Korean Drama Wise Prison Life Episode 16 (Final)

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) posts to other site. Take out info or link with credit.


Credit: tvN

Wise Prison Life Episode 16 (Final)

Sampai juga di penghujung cerita. Sengaja college pic untuk kover episode kali ini saya buat demikian. Jae Hyuk sebagai centernya dan ada pose Petugas Paeng yang di akhir seperti ditiru oleh Joon Ho. Karena saya juga jarang pake picnya Ddolman khusus episode terakhir, saya berikan tempat khusus untuknya hihi. Ada spoiler kunjungan pertama dan terakhir juga dari Jae Hee, adik Jae Hyuk ke penjara... Petugas Paeng dan kepala penjara tambah manis^^

-Bbeobja atau jailbird, julukan untuk orang yang sering masuk penjara
Oh ya, sebenarnya di tiap episode terakhir drama ini selalu diberi kejutan baru, petunjuk episode berikutnya. Tapi karena drama ini baru keluar sub seminggu kemudian jadi nggak berasa tegangnya dan sengaja nggak saya tulis. Seperti di Wise Prison Life episode 15 kemarin, episode berakhir dengan kabar bbeobja yang dijebak pihak ketua Yeom. Bbeobja dikurung di sel hukuman karena kedapatan menerima narkoba. Padahal mah dapet uang dari mana haha. Dia sering dimasukkan penjara setelah mencuri, mau nerima narkoba gimana. Hhhhhh.

Di sel hukuman, Bbeobja tak mengeluh. Ia mengerjakan pekerjaan membuat amplop atau melipat tas kertas belanja dengan semangat tinggi. Joon Ho sampai kagum dan memberinya makanan. Hadiah dari Jae Hyuk katanya. Tak hanya itu, di hari sebelum Bbeobja bebas pun, Jae Hyuk memberinya nomor telepon. Jae Hyuk bilang akan merekrutnya nanti. Bbeobja dimintanya untuk belajar TOEIC, syarat pengukuran kemampuan bahasa Inggris. Awwwwww. Bbeobja sangat terharu. Ia diberi kepercayaan sebesar ini oleh Jae Hyuk. Ketika kebaikan berbalas kebaikan. Efek episode 1 yang  masih ada hingga episode terakhir. 

Singkat cerita Bbeobja menjadi manager (?) Jae Hyuk. Diperlihatkan ia menjadi sopir Jae Hyuk, menjemputnya di apartemen dan mengantarnya ke tempat pertandingan. Ketika mereka akan memasuki terowongan yang sama pula dengan episode 1, saat pengacara Jae Hyuk dulu mengantar ke persidangan, Bbeobja berpesan agar Jae Hyuk mengatakan permintaannya sambil menahan nafas. Kejadian berulang dengan orang yang berbeda di samping Jae Hyuk. Tapi kali ini Jae Hyuk tak setegang waktu itu. Ia justru sangat rileks dan tersenyum. Sepertinya dia tidak membuat permohonan apa-apa sementara Bbeobja mengoceh ia ingin hyungnya mencetak lemparan terbaiknya (di pertandingan pertamanya setelah kembali penjara? hihi).

Oh ya, Joon Ho bela-belain dateng bertugas saat fajar (ia ketiduran di kantor jadinya) karena ingin mengantar Bbeobja keluar penjara (bebas). Hihi udah kelihatan seberapa akrabnya mereka. 

-Kim Min Chul ahjussi
Setelah Han Yang, yang dijadwalkan bebas lebih dulu adalah ahjussi. Ia sudah dapat remisi kan ceritanya😎 Dan ia sangat bersemangat menceritakan rencana bisnisnya yang ternyata sangat panjang. Hari itu sampai malam ia bercerita setelah selesai mengemas barangnya haha. Tapi sayang, rencana bisnis tersebut sudah nggak zaman wkwkwkwkwk. Hidup di dalam penjara selama 22 tahun tanpa ada yang mengunjunginya, membuatnya tak tahu perkembangan dunia luar. Miris. Sampai bertanya-tanya apa ada tahanan sepolos Kim Mn Chul ahjussi?

Dari ide jualan tteokpokki di pusat keramaian, bikin food truck, bikin kacamata 4D haha... semuanya udah ada yang mulai. Min Chul ahjussi bahkan melorot (setelah berdiri menyampaikan ceritanya) hingga memukul kepala botak Ddolman tak percaya dengan ide-idenya yang sudah digunakan. Padahal Ddolman sudah dengan sabar mendngarnya di kala Jae Hyuk dan Jung Woo lebih memilih tidur hihi. Ddolman kan anak patuh.😊

Lucunya ketika Min Chul ahjussi bebas, ia juga hanya mengelus kepala Ddolman sementara Jae Hyuk dan Jung Woo dipeluk dengan hangat. Plus ucapan terima kasih dan keharuan. Ddolman sampai nangis tapi ya gitu deh tanpa sepatah kata kayaknya setelah semalem mengungkap ada kacamat 4D yang membuat orang bisa merasakan siraman air dan angin saat menonton LOL. 

Min Chul ahjussi keluar penjara diantar Petugas Paeng tentunya. Kalau Min Chul ahjussi berterimakasih pada Jae Hyuk yang sudah menganggapnya seperti kakak, ia berterimakasih kepada petuagas Paeng yang baginya adalah orang yang paling ia cintai di seluruh dunia. Errrrr, setelah putrinya deh. Kalau nggak salah namanya Kim Eun Seok (mirip penulis drama Goblin haha). Petugas Paeng jelas kaget Min Chul ahjussi ternyata punya putri. Min Chul ahjussi bilang akan cerita nanti. Petunjuk cameo season 2? 

-Yoo Jung Woo
Kebaikan selalu berbuah kebaikan. Petisi persidangan ulang Jung Woo akhirnya diterima. Menurut Jung Woo langkah itu sudah besar karena selanjutnya hanya menyidangkannya. Bukti dan saksi sudah diterima. Ia merasa lebih ringan sekarang. Ekspresinya menerima putusan kejaksaan tersebut menangis. Berbeda dengan yang lain yang bersorak kegirangan haha. Saya bakal kangen kebersamaan ini T.T

Ibu kopral Park yang mengetahui putusan tersebut lalu mendatangi kakak Jung Woo. Memberinya buku tabungan dan uang untuk dipergunakan selama persidangan. Kakak Jung Woo sempat menolak, ahjumma sampai memintanya membeli jaket baru untuk menghangatkannya di cuaca dingin menusuk begini. Dua kali mereka bertemu, ibu kopral Park melihat kakak Jung Woo masih menggunakan jaket yang sama. Ia sedih😭😭😭 Terharuuuuuuuu... ibu bilang kopral Park, putranya pasti menginginkan ini juga. Di episode sebelumnya ibu bercerita bahwa putranya ingin menjadi seperti Jung Woo, ia menulisnya di jurnalnya. Kisah ini hangat sekali. 

Di akhir kita bisa melihat bagaimana tanpa Jae Hyuk dan Min Chul ahjussi di sel, Jung Woo  gantian disemangati oleh Joon Ho. Bromance never ends!!!

-Wakil Na
Ada yang menduga wakil Na punya sesuatu yang membuatnya patuh sekali pada aturan seperti sekarang? Haha. Nggak. Udah dari kecil dia begitu hahahahahaha. Ia yang mengingatkan gurunya kalau ada tugas yang harusnya dikumpulkan. Ia yang mengingatkan pula soal tes. Ia yang nggak menghitung sit up kalau tak sesuai tata cara sit up yang benar. Pokoknya gitu deh dari dulu. Sampai selalu saja teman sebangkunya gemas dan mereka bertengkar. Tapi ya hanya itu teman wakil Na yang bertahan sampai sekarang. πŸ˜‰

-Kim Jae Hyuk
Cerita Jae Hyuk dihabiskan di episode ini. Dua bulan sebelum kebebasannya, ada saja yang bisa digunakan ketua Yeom Sang Jae untuk memeras Jae Hyuk. Ketua Yeom tahu bagaimana sikap Jae Hyuk jika orang di sekelilingnya diancam. Tas pekerja milik Min Chul ahjussi dimasukkan bungkus rokok tepat dengan hari sidak. Sebelum petisi Jung Woo dikabulkan, Jung Woo diberitahu surat kakaknya kalau ada yang mengancam saksi hingga ketakutan. Dari sana Jae Hyuk sudah tahu itu perbuatan ketua Yeom karena tak ada untungnya ketua Oh ('pembunuh' kopral Park) melakukannya.

Malamnya lha kok Ddolman datang ke sel dengan luka-luka di wajah dan tangannya. Ngeri saat tahu itu perbuatan bos ketua Yeom yang memaksanya 'menghancurkan' Jae Hyuk lagi. Ddolman dipukuli tanpa balas. Ddolman beralasan, Jae Hyuk sudah melarangnya berkelahi. I cant stop crying. Seorang preman seperti Ddolman yang setia dengan bosnya bisa berubah baik kalau bertemu orang yang tepat. 

Jae Hyuk nggak habis pikir. Apalagi ketua Yeom sampai menyebut resto tempat adiknya bekerja. Malam itu setelah ia dengan bantuan Joon Ho mengatur kebohongan transferan Jae Hyuk ke ketua Yeom, ia menemui ketua Yeom untuk mengakhiri semuanya. Ia bahkan sempat bertanya pada Ji Ho, Ji Ho akan tetap bersamanya meski ia tak main baseball kan? Jae Hyuk ingin menghajar habis ketua Yeom walau karirnya jadi korban. 

Ini ada di awal episode dan di pertengahan baru diberitahu maksud Jae Hyuk mengatakan ini. Dengan barbel di tangan, ia menemui ketua Yeom di malam gulita dekat tempat pembakaran sampah. Jae Hyuk sudah akan memukul ketua Yeom saat itu sebelum harabeoji yang ditolongnya tempo hari mendahuluinya memukuli ketua Yeom. Haha banyak meweknya di episode ini. 

Harabeoji bilang, dengan cara ini ia membalas Jae Hyuk. Ia belum bilang terima kasih waktu itu, karena ia juga ingin mati sebenarnya :')

Tiba hari pembebasan Jae Hyuk, Ddolman membungkuk 90 derajat ke arahnya. Berterima kasih telah memperlakukannya sebagai manusia. Ini pertama kali bagi Ddolman. Jae Hyuk memeluknya dan tersenyum. Sigh...this is the real ending

Jae Hyuk berjalan keluar penjara dengan diiringin sorakan tahanan lain yang mengepalkan tangannya dari dalam. Kim Jae Hyuk...Kim jae Hyuk...Kim Jae Hyuk...

Eh, kelupaan. Jae Hyuk punya sesi wawancara terakhir sebelum kebebasannya. Dalam kesempatan itu ia mengucapkan terimakasih untuk orang-orang di penjara yang selama ini telah membantunya. Kepala penjara (?) Kim Yeong Cheol, petugas Song Ki Doong (nama karakternya di Tomorrow with You juga sama Ki Doong haha), Wakil Na Hyeong Soo, kepala CRPT (petugas pengamanan yang biasanya bagian melakukan sidak. Saya kagum Jae Hyuk menyebutnya), Kim Do Yun, dokter Jang Yoon Hwan (inget saat-saat Jae Hyuk banyak berkonsultasi dengannya waktu stres dan bahu terluka), petugas Sim Woo Gyeong...serta tak terkecuali terutama untuk orang yang membantu penyesuaiannya dengan penjara, terimakasih banyak untuk petugas Paeng Se Yoon... Terima kasiiiiiiiiiih πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Hihi Joon Ho kelupaan disebut. Ia jadi ill feel dengan Jae Hyuk dan meminta Jae Hyuk jangan marah padanya karena mereka impas. Ia akhirnya bercerita kalau ia berpacaran dengan Jae Hee. Haha. Jae Hyuk kesal sesuatu berpura-pura hendak memukul Joon Ho dengan itu. Padahal dia tersenyum saat tak terlihat oleh Joon Ho. Sebelumnya Jae Hee sudah cerita dan ia bilang pada adiknya, ia senang karena itu Joon Ho. Ia mungkin marah kalau orang lain yang pacaran dengan adiknya, tapi ia lega itu sahabatnya sendiri. Sweet!

Akhir adegan Jae Hyuk juga seolah mengulang adegan di epsiode awal ketika pelatihnya di Nexen memberinya bola, tanda sudah giliran Jae Hyuk masuk lapangan. Nomor punggung Jae Hyuk terlihat jelas berlatarkan lapangan hijau di hadapannya. Kim Jae Hyuk - 25. Ini poster teaser pertama kali yang saya lihat dan terlihat juga di episode pertama. 

Stadion riuh. Membahana lagu Bravo My Life menandai kembalinya Jae Hyuk ke lapangan. Kabarnya kak putitrighthere_ lagu ini dinyanyikan oleh Kaist Jung. Min Chul ahjussi dan Go baksa dulu pernah berkata akan mendukung Jae Hyuk di lapangan. Tapi bukan mereka ya yang nyanyi hehe.

Auranya dapet banget waktu scene ini. Rasanya hilang sudah lelah perjalanan 16 episode ini. Meski setelahnya kita tahu Jae Hyuk kalah. Kali ini ia tak mengurung diri dari pacarnya, Jae Hee. 

-Petugas Paeng dan Joon Ho
Balik ke ketua Yeom yang babak belur dibawa ke klinik. Di sana Jae Hyuk memberi petugas Paeng ponselnya yang merekam ancaman ketua Yeom agar Jae Hyuk mentransfer sejumlah uang ke rekeningnya. LOL. Petugas Paeng jelas heran kok bisa Jae Hyuk merekam pakai ponselnya (kan tahanan nggak boleh bawa ponsel tanpa izin). Tapi udah tahu semualah ya, bagaimana kebaikan petugas Paeng. Ia juga yang mengantar Jae Hyuk ke sel hukuman Bbeobja. Walau hal ini rasanya tak bisa dibenarkan pula hahahaha. 

Petugas Paeng cuma bantu yang beginian aja kok. Kalau sama tahanan yang kurang diajar ya, umpatannya yang kasar udah keluar berkali-kali. Pun saat tahanan itu mengancam berbuat jahat pada keluarganya. Joon Ho yang mendengar cerita ini tak dapat meredam emosi pula dan nggak lama menghajar si tahanan jahat itu. 

Petugas Paeng jadi terharu apalagi saat Joon Ho membersihkan telinga petugas Paeng agar melupakan perkataan jahat tahanan tadi. Petugas Paeng lalu mencari sesuatu di dalam jaketnya untuk diberikan pada Joon Ho dan ta-da!!! Keluarlah finger heart meski petugas Paeng menunduk malu memberikannya HAHA! Joon Ho merinding hihi. Ia sudah pergi saat petugas Paeng mau memberi bentuk hati yang ia buat dengan memutar tangannya. Tangan kanan di sebelah kiri dan sebaliknya, membentuk hati... Sulit. Wkwk. Petugas Paeng tersenyum.

Setelah Jae Hyuk berterimakasih padanya di hadapan para petinggi penjara dan reporter, penonton jadi tahu petugas Paeng lebih percaya diri menjadi guru spesial di kelas putrinya. Awalnya ia tak mau. Mau cerita apa ia di kelas 'parents-as-special-teacher'? Namun sepertinya ia ingin mengenalkan profesinya yang cukup heroik. Membuat tahanan sadar kesalahannya dan berubah lebih baik. Mmmm plus tentu menangkap penjahat. Hehe, ia sempat mempraktikkan cara mengikat penjahat dengan tali. Saking kuatnya ia menali, biar penjahatnya nggak kabur gitu maksudnya, ia lupa kalau yang membantunya mendemokan itu adalah anak-anak yang kesakitan kalau ditali ebgitu kencang. Elah...appa...wkwk

Paling ngena tuh scene Joon Ho di ending. Dia seperti petugas Paeng yang mengawasi setiap sel. Mengetuk-ngetuk terali dengan tongkatnya, mengingatkan setiap tahanan yang belum tidur dan masih bandel dengan sebutan kasar. Haha. Padahal Joon Ho nggak suka cara petugas Paeng yang ini. Bicara saja dengan baisa, tak usah menghiraukan mereka. Namun petugas Paeng bilang, lihat saja beberapa tahun lagi haha. Kejadian bener. Dan Joon Ho gagah banget dengan gaya laporannya usai berpatroli malam. Pintu penjara di belakanganya terbuka otomatis dan ia pun keluar. 

Tertutupnya pintu penjara berterali itu kemudian diiringin suara langkah sepatu yang keras. Tok...tok...tok...Awal suara BGM yang selalu mengakhiri setiap episode drama ini. WUHUUUUUUUUUUUU!!!!! Kangen,,, denger BGMnya tuh kayak bgm drama sageuk. Semangat.

***

Dalam wawancara dengan Shin Won Ho PDnim yang diterjemahkan kak putitrighthere_ dan pigletcloud, PDnim ingin menyampaikan harapan lewat drama ini tanpa membuat kejahatan itu terlihat cantik meski berlatar belakang penjara.

Semua bisa berpendapat berbeda soal ini. Dan buat saya harapan yang dimaksud PDnim adalah harapan untuk masa depan yang lebih baik setelah melakukan kesalahan. Harapan masih adanya orang-orang baik dan membantu untuk tujuan kebaikan di manapun itu. Walau memang, penjara tentu bukan tempat orang-orang yang baik saja. Tapi tak dipungkiri di sana tidak semuanya salah. Bisa jadi mereka salah di masa lalu, di masa sekarang, atau tak mau berubah. Banyak macamnya.

Karenanya, ending Han Yang diperlihatkan seperti itu. PDnim bilang pernah menanyakan pada para residivis narkoba. Begitu sulitnya mereka berusaha pulih memang benar adanya. PDnim ingin memperlihatkan hal ini dan sekaligus membuat tak semua ending berakhir bahagia bin manis. CMIIW.

Selesai. Dan terulang lagi siklusnya. Tahun lalu saya juga mengakhiri postingan di awal tahun (dengan review Romantic Doctor Teacher Kim) sebelum hiatus beberapa bulan. Begitu pula tahun ini. Drama yang sudah saya sebut di sini sudah ada yang membuat sinopsisnya dan bahkan sudah tamat. Drama baru pun sudah saya buat postingannya. Tinggal update sana-sini aja sih. 

Terima kasih untuk readers dan partner yang masih memakai link blog saya untuk beberapa drama, meski punya saya berantakan dan tanpa gambar. Hasil traffic tinggi yang saya peroleh untuk beberapa post jelas bukan karena usaha saya saja. Termasuk untuk Return. Lagi pas selera saya sama dengan banyak pembaca. Bagaimanapun saya ngajakin atau promosi, kalau mereka nggak cocok, nggak akan ada tulisan sinopsis atau review. 

Menulis karena suka. Suka menulis sinopsis atau review atau apapun itu kembali ke masing-masing individu. Kalau nggak ada tulisan yang disukai di tempat lain? Bisa tuh mulai nyoba bikin sendiri 😁  

Artikel terkait

Comments

  1. Plg sedih itu itu endingnya Han Yang. Kenapa dia gitu pdhl dia udh berbulan bisa tahan, pdhl tinggal dikiiiit lg dia bisa ketemu Ji won keluarganya... Kesellllll...

    Yg plg sy tunggu di dram ini, scene nya joon ho sama je hee. Tp cuman dikiiiiitttt... Pdhl gemes bgd liat mereka... Beruntung bgd je hee bisa sama cowok impiannya sejak smp...
    Overall kurang puas sm endingnya. Kayak ada yg blm tuntas. Berharap mrk ketemu lagi kayak ending defendant yg mrl semua ketemu lagi stlh bebas... Mdh2an ada season 2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gemesnya di timing. kayak mereka lagi nungguin han yang keluar buat ngejebak dia lagi. keliatan niat banget ngejebak dia atau entah mungkin ada dendam..
      lee kyu hyung (pemeran han yang) sendiri udah ngasih clue kalau dia bersedia dan berpikir bisa jadi karakternya akan muncul sebagai cameo di season berikutnya yang menurut pd lee akan dipertimbangkan meski ga pakai pemain yang sama lagi (seperti reply series). karena buat pdnim (dan saya juga) cerita mereka udah selesai (kalau ketemu lagi ya seneng, kalau nggak pun bisa dimengerti) :)

      Delete
    2. sprtinya sy terdistraksi krn banyak cast-nya. Lupa kalo drama ini sebenernya ttg jae hyeok... lol...

      Delete

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the other's mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!