Romantic Doctor Teacher Kim 2 Episode Spesial: 3 Years After (Part 1)

adsense 336x280
Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to other site. Take out infos and link with credit. You're a good person.

sebelumnya: what's new?  Korean drama romantic doctor teacher Kim 2

Sebelum season baru dimulai, romantic Doctor teacher Kim mereview kembali cerita season 1 yang mungkin sudah dilupa sejak 3 tahun lalu pemutarannya. Bagus banget buat yang belum nonton season 1 tapi mau langsung mulai nonton season 2. Recommended. Pssst nggak ada bahasan romance otp di sini.

Credit: SBS dan S-ONE

"Episode spesial ini dibuat dengan sentiment gaya lama" hehe

"Harapan, Cinta, Pelayanan"

Itu motto RS Doldam, RS dinding batu yang berdiri di suatu pelosok.

"Di musim dingin 2016, nama yang membuat hati kita bergetar.."

Yap. Kim.. sa.. bu..

"Ketika mereka ke sini, selamatkan. Kita akan menyelamatkan mereka apapun yang terjadi."

Yang pertama melakukan interview adalah Han seokkyu sebagai Kim sabu sendiri. Ia bercerita, romantic doctor teacher Kim pastinya bicara tentang kemanusiaan. Itu yang terpenting.

Muncul throwback ketika Kang dongjoo (Yoo yeonseok) kesal pada Kim sabu. "Anda tidak tahu secuilpun tentang saya!" Tapi seorang Kim sabu malah membalas bahwa  saat dongjoo seusia dirinya nanti, ia akan bisa melihat mana yang palsu dan tidak. O.oh. Ini soal dokter beneran dan bukan. Waktu itu Dongjoo memang belum setulus yang episode-episode selanjutnya. 

Han seokyyu melanjutkan kalau romantic doctor teacher Kim season 2 temanya adalah, siapa saya (sebagai Kim sabu). Kim sabu adalah seorang pria yang membantu staf juniornya mendefinisikan tujuan-tujuan dan mimpi mereka, di mana mereka belum yakin soal itu, lalu membantu mereka menggapainya.

"Pada akhirnya, orang tua bergaya lama dan anak muda yang selalu bersemangat harus bekerja sama untuk dunia, kemanusiaan, dan masa depannya."

Chapter 1 Pengenalan Romantic doctor teacher Kim: Lahirnya romansa 

Dimulai di rumah sakit tua di Jeongseon, propinsi Gangwon-do dan pria misterius yang menjaga Doldam (tetap ada) selama 10 tahun. Romantic doctor teacher Kim.

Throwback saat Dongjoo melihat kerennya kemampuan Kim sabu mengoperasi. Tak seperti penampilannya yang biasa (?) seperti preman (?).

Empat belas tahun sebelumnya, Kim sabu bukan di Doldam. Ia merupakan dokter bedah terkenal RS Universitas Geosan, satu-satunya dengan 3 sertifikasi (kalau nggak salah, kardio, neuro, sama bedah umum) dengan kemungkinan berhasil operasi 97%.  Ia bahkan dikenal bisa membangkitkan orang mati. Sebenarnya nama aslinya: Boo Yongjoo. 

Demi dioperasi olehnya, banyak yang mengantri dan membawakannya aneka macam imbalan. Tapi ia pernah menolak mengoperasi tokoh penting dan memilih yang mengantri lama untuk operasinya dan membuatnya tidak disukai. Kepala RS mengizinkan dokter lain (Song Hyeoncheol) mengoperasi muridnya, meski yang tertulis sebagai dokter bedah adalah dirinya.. 

Kematian Sang murid di meja operasi yang tak sempat ia selamatkan memicunya memukul dokter Hyeoncheol setelahnya, bertanya siapa yang memberi izin. Begitu tahu kepala RS, dokter Do Yoonwan di baliknya dan mengancam keselamatan staffnya (tidak akan dipecat) bila mereka tidak diam dan Yongjoo tidak keluar dari RS, ia kemudian memilih pergi dari RS tersebut dengan menanggung fitnah/ tuduhan atasnya. 

Lagu Jim Croce - Time in a bottle diputar Kim sabu dalam mobilnya saat ia membaca surat peninggalan muridnya, Jang Hyunjoo (diperankan Kim Hyejoon yang juga berakting sebagai ratu di Kingdom 👏)  sebelum operasi.
Jika aku dapat menyimpan waktu dalam botol, hal pertama yang akan kulakukan adalah menyimpan 'setiap hari' sampai kekekalan tiada.. Agar aku dapat menghabiskannya denganmu. 
Hal yang paling Kim sabu banggakan adalah meninggalkan identitasnya sebagai dokter Bu Yongjoo, yang melepaskannya dari beban ('membunuh muridnya sendiri? Hyunjoo memanggilnya, sabu), juga tekanan kesuksesan.. Ia mendapatkan kebebasan.

Setidaknya hingga tiba di kantornya,  pemilik kasino terkemuka sekaligus  pendiri dan direktur RS Geodae, Shin Myeongho, yang mengeluh baterai jantungnya sudah saatnya diganti. Ia sulit bernafas bahkan saat tak melakukan apa-apa. 

Kenapa Kim sabu? Bukankah banyak dokter bertalenta di luar sana selainnya? 

Dir. Shin datang jauh-jauh ke Doldam, RS kecil tempat Kim sabu berada, setelah melihat rekaman CCTV di mana Kim sabu menyelamatkan para koki bertubuh gempal bertato terjebak kebakaran. Menurut direktur Shin, Kim sabu seperti mengorbankan nyawa, bersedia masuk ke dalam api untuk menolong mereka agar tak terluka lebih parah, sementara dokter lain bisa jadi hanya membantu pasien menyembuhkan lukanya. Direktur Shin percaya dengan dokter seperti itu. Dokter yang sesungguhnya. 

Haha. Kim sabu yang nggak tahu siapa direktur Shin awalnya, tertawa nggak percaya saat tahu beliau direktur Geodae. Dia diberitahu dokter Song lho soal ini 😂 (spoiler: di rdtk 2 dia juga yang memberitahu soal rencana kepala Do. Mereka ini temenan dasar). Katanya kepala Do nggak akan tinggal diam membiarkan Kim sabu mengoperasi beliau. 

Benar saja, dalam rangka menghalangi operasi oleh Kim sabu, kepala Do mengutus orang-orangnya ke Doldam. Ada dokter Song, Do Inbeom, putranya, juga dokter dan sunbae Dongjoo serta Seojung, dokter Jung Insoo.

Oops, nggak hanya itu, dengan info yang salah pula, kepala Do mengirim auditor yang mendatangi Kim sabu untuk memberitakan larangan melakukan tindakan medis terhadapnya. Larangan yang akhirnya tidak dijalankan oleh baik Kim sabu maupun auditor sendiri. Sebab putri kesayangan auditor yang mengalami kecelakaan waktu itu hanya bisa dioperasi Kim sabu. Sedangkan Kim sabu di Doldam meminta para suster menyiapkan c-line, poly, dan intubasi.

Throwback kecelakaan beruntun. Dongjoo melapor dari tempat kejadian bahwa ada yang meninggal karena pecah pembuluh arteri. Korban lain ada 40 dan Kim sabu memintanya mendahulukan yang hamil, anak-anak, dan yang mengalami perdarahan.

"Menjalankan protokol dengan menolak realita adalah tirani."

Auditor semula mencegah Kim sabu bertindak sebagai dokter. Padahal pasien sudah akan datang dan dokter lain masih di lapangan. Realitanya ia sedang sangat dibutuhkan. Kalau protokol tetap dijalankan, bagaimana dengan pasien. Kim sabu menyebutnya sebagai tindakan tirani.

Kim sabu memilih mengoperasi putri auditor yang ternyata memang berniat mengunjungi ayahnya huhuuuu. "Saya akan melakukan pekerjaan saya, dan Anda silahkan lakukan pekerjaan anda. Saya akan mengoperasinya."
Memang bagus kalau bekerja keras, tapi mari kita lakukan apa yang seharusnya. Kita sebaiknya ingat untuk apa kita hidup.
Begitulah. Auditor nggak jadi menghalangi Kim sabu. Putrinya selamat.

"Kau pikir dengan mengganti namamu kau bisa menyembunyikan masa lalumu?"

"Bukan menyembunyikan, ini penebusan kesalahan.. Aku terbiasa di bawah mantra/pengaruh kalian. Aku bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kalian punya. Aku ingin menebus salahku untuk itu."

Usaha selanjutnya adalah dengan mengabarkan operasi ini ke putri direktur Shin yang dulu juga bersekongkol untuk mengeluarkan Kim sabu. Namun setelah sang putri mengetahui bahwa ayahnya juga menderita kanker paru stadium akhir, ia seolah tak punya pilihan selain mengizinkan ayahnya dioperasi Kim sabu di Doldam.

"Aku orang yang selalu berusaha untuk bertahan dan kau orang berusaha keras menyelamatkan orang lain. Bahkan jika aku mati di bawah pisaumu, setidaknya aku tak akan menyesal.

Adegan presdir aka dir shin memegang tangan Kim sabu dan berterimakasih itu mengharukan ❤ Kakek.. Tanpa semua uang dan jabatan itu, ia terlihat hanyalah kakek biasa yang ingin hidup lebih lama.

"Pertarungan dokter yang mengejar uang dan kekuasaan vs dokter yang mementingkan pasiennya." (tema writernim banget. Villain vs hero. Bad vs good)

Tahu segala usahanya mental, langkah terakhir kepala Do ialah mengusulkan live surgery yang bisa ditonton dari luar ruang operasi. Ia berharap ada kesalahan operasi? Hehe ujungnya pun dia gagal.. Mereka yang menonton justru terkesima akan kecepatan, ketangkasan, dan baiknya operasi pertama kalinya penggantian jantung buatan tersebut.

"Kim sabu membuktikan jalan yang ia pilih sudah benar dan berharga."

Belum berhenti, berikutnya Kepala Do mengaku pada khalayak lewat media kalau dialah yang melakukan operasi di Geodae. Pengakuan palsu yang memancing seorang reporter menyelidiki kebenaran 14 tahun lalu. Ia mendatangi suster yang ikut dalam operasi Hyunjoo. Suster kim(?) membenarkan bahwa sebenarnya yang memerintahkan operasi di bawah dokter Song adalah wakil kepala kala itu, atau dokter Do Yoonwan.

Dulu Kim sabu mengaku pengecut, melarikan diri. Menurut reporter, dia hanya tidak tahu cara menang dan memilih tak membuat alasan untuk bertanggungjawab atas segalanya. Reporter Oh ini kemudian mengirimkan Kim sabu daftar penanggungjawab operasi yang palsu dan yang aslinya. Bukti kebohongan Kepala Do yang Kim sabu bisa menggunakannya untuk melawan Kepala Do.

Kepala Do yang mengetahui Kim sabu punya senjata mematikan tersebut, langsung mendatangi Presdir Shin, bersimpuh dan berkata kalau daftar operasi (dengan penanggungjawab) palsu yang disampaikan Kim sabu merupakan fitnah. Daftar itu bahkan tidak berkekuatan hukum. Presdir Shin yang mendengarnya bingung. Kim sabu tak mengatakan apa-apa padanya.. Jadi apa Kepala Do memang sudah melakukan kejahatan?

Ending review kisah Kim sabu berakhir  dengan membahas mengapa seorang berbakat seperti Kim sabu menghabiskan waktunya di RS kecil itu? Kim sabu mulai memaparkan betapa banyak pasien yang meninggal dalam perjalanan ke RS. Kebanyakannya ialah orang tak mampu.

Kepala Do mengerti dan menyebutnya indah dalam teori. Sayangnya tindakan satu orang saja tak akan mengubah dunia. Namun Kim sabu membalasnya, siapa yang mau mengubah dunia? Dia hanya melakukannya untuk mencoba menyelamatkan orang lain. Kepala Do tidak percaya Kim sabu bermimpi (tak realistis) begini di usianya yang sekarang.

"Ck.. Begitulah orang-orang menyebut 'mencoba menjadi orang keren' atau dalam bahasa yang lebih bagus.. huh.. Romantis.." (ia mengucapkan ini di season 2 dengan gaya yang persis seperti season 1)
Romantis bukan soal bertahan, tapi itu dimulai saat kau hidup
Berikutnya: Romantic doctor teacher Kim episode spesial after 3 years Part 2
adsense 336x280

0 Response to "Romantic Doctor Teacher Kim 2 Episode Spesial: 3 Years After (Part 1)"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the other's mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!