Kang Eun Kyung Writernim – Her Dramas

Sambil menanti drama So Hyun Kyung writernim yang baru, saya ternyata malah nonton drama Kang Eun Kyung SWnim lagi. Drama terakhirnya yang saya tonton What Happen with This Family kayaknya dan itupun nggak ngeh juga siapa yang nulis awalnya. Trus kejadian lagi sama drama Romantic Doctor Teacher Kim. Padahal saya suka lho Baker King Kim Tak Goo. Meski banyak episodenya tapi nyaman aja ngikutin setiap lika-liku ceritanya. Cuma setelah itu, nggak ngikutin lagi dramanya termasuk Glory Jane.  Gu Family Book aja kebetulan ada yang nyinop dan mau nyoba ngikutin. Kebanyakan karena faktor pemain dan cerita, apalagi romancenya yang kurang cocok.

Tapi setelah Seo Hyun Jin memutuskan main drama ini dan pertama kalinya flashback ke beberapa drama SWnim sebelumnya yang saya tonton, baru ngerti kalau SWnim memang punya track record yang bagus.


Glass Shoes/Glass Slipper
Drama inilah drama pertama SWnim yang pertama kali saya tonton sebenarnya sebelum Baker King tayang di tv hampir bersamaan dengan di Korea. Selain Glass Shoes, kayaknya yang terkenal ada Hotelier ya? Tapi saya nggak tahu hahahaha.

Cerita Glass Shoes kurang lebih sama seperti Baker King Kim Tak Goo. Makjang tentang rahasia kelahiran. Disinyalir diadaptasi serial Liontin. Dua anak perempuan keluarga konglomerat yang ditinggal mati orang tuanya terpisah ketika kecil. Sang adik yang hilang ingatan singkatnya sudah ditemukan Kakek dan akan dibawa pulang ke rumah. Sayang, sebelum sempat menjemput, kalau nggak salah Kakek kecelakaan sehingga kakak dan adik ini tidak bisa bertemu. Bertahun-tahun berlalu, si adik dewasa yang diperankan aktris bekerja perusahaan sang kakak. Namun ada masalah cinta segitiga yang membuat mereka tidak akrab. Pria yang disukai kakak ternyata memiliki hubungan asmara dengan adik.

Butuh waktu yang cukup lama sampai kakak mengetahui identitas adiknya dan mereka berdua memiliki pasangan masing-masing. Masih inget saya gimana ada adegan keren So Ji Sub sebagai pasangan menyelamatkannya dari sanderaan siapa gitu. Hahaha beneran saya kayaknya suka Kim Joo Hyuk, So Ji Sub, dan makjangnya SWnim mulai drama ini deh. Bagus banget dulu rasanya. Sebagus judulnya yang saya nggak tahu apa hubungannya dengan cerita ^^

Di halaman profilnya dari Dramawiki, drama korea yang paling lawas yang SWnim tulis itu tayang pada tahun 1998. Usianya sendiri mungkin 27 tahun dengan pengalaman kuliah di universitas California jurusan broadcast. Selain Glass Shoes dan Hotelier yang saya nggak tahu mencapai rating berapa waktu itu, ada judul Dalja’s Spring dibintangi Chae Rim yang tercatat punya rating di atas 20 menjelang endingnya. Namun setelahnya drama SWnim dan Chae Rim berikutnya berjudul Rival/Powerful Opponent ternyata tidak mampu mengikuti kesuksesan yang sama.

Dan setelah dua tahun rehat, SWnim kembali dengan mengadaptasi kisah penjual roti yang sukses Baker King Kim Tak Goo.

Baker King Kim Tak Goo/Bread, Love, and Dreams
2010. Drama korea sudah jadi tontonan yang biasa di Indonesia. Pertama kalinya kenal Joo Won, Yoon Shi Yoon, Eugene, para aktor cilik sampai ahjumma-ahjumma yang langganan peran ibu-ibu, bapak-bapak itu lewat drama ini. Dan Park Sung Woong! LOL. Padahal perannya jadi pria misterius ya dan diduga pembunuh, tapi berkesan banget sampai ngikutin Remember: War of Son awalnya juga karena mau liat aktingnya lagi.

Waktu itu ngeliat Kim So Hyun biasa banget. Tapi sekarang udah terkenal dan ciamik aktingnya. Sama kayak Yoon Shi Yoon dan Joo Won yang dulu masih dipandang sebelah mata, sekarang udah dapet tawaran di mana-mana. Pokoknya tuh drama nggak pernah diprediksi bakal sukses (meski pemain katanya sudah memprediksi setelah membaca naskahnya yang bagus haha). Penulis bahkan sampai mempertahankan Shi Yoon meski banyak yang meragukannya jadi pemeran utama. Makanya nggak heran rasa haru pecah saat drama ini banyak diapresiasi.

(Bertahun-tahun setelah sukses, saya baru liat acara KBS Drama Award di mana tim Baker King kumpul udah kayak keluarga. Bahagia jelas terpancar dari semua pemain. Bahkan Eugene yang waktu itu baca pemenang penulis naskah terbaik. Awwwww wajahnya seolah bilang, yeoksi urri chakka-nim. Mereka memeluk, berjabat tangan dengan SWnim hangat, memberinya selamat.)

Errrrr zaman dulu rating gede udah biasa sih (inget The Great Queen Seondeok, 2009). Dan Baker King salah satunya. Jadi Cuma highlight aja di sini kalau SWnim orangnya gitu. Dari berita yang beredar, dia seakan punya kepercayaan yang besar buat timnya. Dia bangga Yoon Shi Yoon dapet penghargaan buat kemampuan aktingnya dan semua orang ikutan seneng melihat SWnim naik podium buat winning speech. Btw kalau nggak salah denger SWnim nyebut eonni di winning speechnya? Nggak ketemu interview atau yang membahas SWnim jadi nggak bisa ngulik.

Oya, OST drama yang masih nempel jelas lagunya Kyuhyun: Hope is A Dream That Doesnt Sleep. Judulnya aja udah nancep apalagi Kyuhyun yang nyanyi wkwkwkwk. Yoon Shi Yoon sama Joo Won juga ngisi OST btw.

Kalau mengingat drama ini selain makjangnya cerita di mana Tak Goo perlu waktu lama menemukan ibu dan ayah kandungnya, menemukan jalannya sebagai pembuat roti sampai diputusin orang yang ia sukai hanya karena uang...saya juga masih terkesan dengan nasihat di dramanya dari kakek Pal Bong. Guru yang mengajari Tak Goo dewasa. “Tunggu...sampai rotinya matang...” kata terakhirnya ini sulit dilupakan TT.TT Seolah menganalogikan dengan kematangan manusia. Mungkin mereka awalnya terlihat biasa dan nakal (seperti adonan roti?), tapi jika ada yang sabar membimbingnya, tinggal waktu yang akan membuatnya dewasa.

Guru Pal Bong mungkin hanya seorang pemilik toko roti kecil. Berbeda dengan muridnya, ayah Tak Goo yang memiliki perusahaan besar. Tapi di pemakamannya, kita bisa melihat banyak orang yang memberi penghormatan terakhir untuknya. Kebaikan hatinya ternyata sudah ia berikan untuk banyak orang itu.

Glory Jane/Man of Honor
2011. Dari tukang roti ke pemain baseball. Banyak yang menaruh ekspektasi buat drama ini setelah Baker King mampu. Meski saya nggak ngikutin drama ini, tapi mengetahui ratingnya tinggi (tidak sampai melampaui Baker King) udah nggak heran hehe. Nggak tahu SWnim bawa rahasia kelahiran atau nggak (sepertinya iya). Yang jelas, drama ini juga menarik banyak peminat walau tidak melibatkan artis ternama.

Sempet baca interview Park Min Young yang saya suka banget perannya di drama ini jadi suster keren (ehem cikal bakal suster berdedikasi di Romantic Docor Teacher Kim) tentang SWnim, “Aku tidak punya waktu istirahat yang cukup setelah City Hunter karena drama ini, tapi aku ingin tetap bermain karena aku sangat yakin dengan drama ini. Awalnya aku mempercayai Kang Eun Kyung SWnim. Hal yang paling kusukai saat pertama kali bertemu adalah bahwa dia tahu style aktingku dan merekomendasikan yang terbaik untuk karakter Jae In. Dia memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang dia inginkan mengenai bagaimana seharusnya seorang Jae In itu. Jadi aku pikir aku akan menjadi Jae In kalau aku mengikuti Jae In yang ada di pikiran SWnim.”

(Seo Hyun Jin juga memilih Romantic Doctor Teacher Kim meski cuma punya waktu senggang sedikit setelah syuting setelah Oh Hae Young Again karena SWnim dan PDnim. Banyak orang yang meyakinkannya untuk menerima RDTK. Di bawah akan muncul lagi pernyataan serupa.)

OST yang saya suka adalah dari Hyorin, Because It’s You.

Hmmmm Jane di sini Jae In? Tapi Man of Honor-nya merujuk ke pemain basebal? Ah SWnim mah gitu. Dari judulnya aja banyak ceritanya.

Gu Family Book/Kang Chi The Beginning
2013. Di Baker King Kim Tak Goo, ada Joo Won dan Tak Goo yang digodok jadi orang besar oleh Guru Pal Bong. Di Glory Jane juga ada dua pria yang digodok jadi pemain basebal. Jadi nggak heran kalau di sini tema serupa juga diangkat. Kali ini seorang gumiho yang diberi pelajaran menjadi manusia hihihi. Mulai dari sini saya ngerasain konsistennya SWnim buat ngasih wejangan di tiap dramanya. Selalu ada guru karismatik yang membantu pembentukan karakter utama (buat saya itu Lee Soon Shin!!!). Meski ya, selalu aja ada karakter antagonis yang nggak nguatin banget. Nggak bisa saya terima sih kalau di drama ini LOL.

OSTnya bagus bagus semua. Suzy, Choi Jin Hyuk, dan Lee Seung Gi juga ngisi. Tapi ada yang paling manis, lagu dari Shin Jae, Will You Be My Love Rain :D

What Happen with This Family
2014. Di sini ada tokoh ayah tunggal yang membesarkan ketiga anaknya. Kim Hyun Joo main lagi bareng SWnim, jadi anak cewek sulung, sekretaris pekerja keras nan perfeksionis di perusahaan besar. Ada putra kedua, seorang dokter yang harus kerja keras karena tidak punya koneksi di rumah sakit. Dan seorang cowok bungsu yang merasa rendah diri karena selalu membuat masalah. Park Hyung Sik dipilih memerankan ini, walau saya nggak tahu yang milih siapa hahahaha. Ia dipasangkan dengan Nam Ji Hyun yang seneng banget ditawari peran ini. (Hyung Sik/agensi juga nerima karena melihat karya SWnim sebelumnya).

Sama dengan drama-drama sebelumnya, drama ini juga kentara memberikan pesan buat para tokohnya. Apalagi ini langsung dari sosok Bapak. Hadu kalau udah ngasih nasihat ke anak-anaknya dengan nada yang lembut, langsung jleb. Nggak Cuma Bapak sih yang ngomong, Bibi juga kalau ngomel persis kayak ngomelnya Tante sendiri :P

Pokoknya drama ini pun berkesan karena tanpa antagonis yang nyebelin. Meski awalnya Cuma suka ngeliat romance si bungsu aja yang polos ala anak muda. Tapi kalau diperhatiin semua cerita punya sisi menarik sendiri-sendiri. Ada yang dari manja jadi sederhana. Ada yang loyo jadi semangat. Ada yang selalu bawa aura positif. Ada yang egois jadi pengertian dan sebagainya. Dan seperti guru Pal Bong, SPOILER Ayah meninggal dengan bangga melihat perubahan anak-anaknya :’)

OST dari Yozoh, penyanyi Indie cewek I Told You manis banget. Ngedengernya kayak Ayah versi cewek yang ngomong hehe. Kalau di drama sih ada Seo Wool yang seperti Ayah ini.

Ah ya dan SWnim kembali memenangkan Best WriterKBS Drama Award lewat drama ini. Hyung Sik juga. Eaaaa jangan jangan bener the next Yoon Shi Yoon yang dibawa SWnim.

Romantic Doctor Teacher Kim
2016. Denger judulnya aja rasanya kok aneh ya. Dokter romantis? Romance medical drama? Kok tentang guru-guru gitu? Nggak paham maksud romantisnya...

Makanya waktu Im So Jung nggak bisa main di sini nggak terlalu kecewa. Mungkin ada drama yang lebih bagus, meski itu artinya nggak tahu kapan lagi bisa liat aktingnya (saya suka liat dia di Finding Mr. Destiny, Time Renegade, Perfect Proposal). Tapi begitu Seo Hyun Jin nerima...HA! Ini drama apa??? LOL.

Maklum ya, Seo Hyun Jin itu baru populer lewat Another Oh Hae Young, kalau drama berikutnya gagal bisa ketebak lah gimana kecewanya penggemarnya. Tapi kekhawatiran itu nggak beralasan hahahaha. Drama ini lagi-lagi sukses merebut rating 20% di tengah krisis rating yang melanda pertelevisian SBS. Kim Sa-bu sukses menjadi ikon guru buat banyak orang. Berasa gebrakan baru aja nih karena selama beberapa waktu tokoh guru di drama SWnim selalu terselip di balik karakter Ayah, atau Master Baking, atau Master Basebal, atau Jenderal Perang...tapi di drama ini akhirnya jadi judul! Teacher Kim, entah sampai kapan tokoh ikonik ini akan terkenang.

Meski kali ini pun terselip di balik karakter Dokter, tapi di drama RDTK memang Kim Sa-bu sentralnya. Beda dengan drama What Happen yang walau Ayah juga tokoh utama tapi belum begitu kerasa sentralnya, di RDTK penonton akan selalu menanti Kim Sa-bu dan apalagi yang akan dikatakannya. Guru yang kayak gini ini yang dicari murid seperti Seo Jung, Dong Joo dan mungkin banyak junior di luar sana.

Drama ini juga diapresiasi persatuan perawat Korea yang mengirimi tim produksi food truck (juga dokter yang merasa disentil sama Kim Sa-bu, mengingatkan alasan pertama kali mereka yang ingin jadi dokter). Sigh, SWnim buat saya sudah mencapai puncaknya dengan membuat drama ini. Ia mengangkat tema bukan keluarga (jadi agak kurang sih) dan menggantinya dengan kekeluargaan di tempat kerja. Hubungan senior dan junior yang bahkan bisa terasa di tempat syuting. Hehe, ada Yang Se Jong, Seo Eun Soo, Kim Min Jae, dan seniornya Yoo Yeon Seok-Seo Hyun Jin, dengan artis yang lebih senior lagi, Han Seok Kyu. Drama yang jelas juga tak terlupakan untuk mereka yang punya passion akting. Tempat saling berbagi pengalaman dan pelajaran. Bikin yang lain iri pingin juga punya tempat kerja begini. Hangat dengan partner dan orang yang dilayani (pasien).

Karena itulah, Kang Eun Kyung mungkin akan saya ikuti lagi karyanya. Dibilangin apa lagi sama beliau di drama berikutnya. Profesi apa lagi yang akan diangkat. Karena bahkan perempuan-perempuan di dramanya pun tangguh. Di Bread Love and Dreams, Yeo Kyung mungkin miskin tapi dia berani menjawab tantangan Ma Joon untuk masuk keluarga chaebol yang mengerikan untuk naik ke status yang lebih tinggi. Di Glory Jane juga sama. Jae In tidak pernah gentar menghadapi halangan. Di Gu Family Book, ada Yeo Wol yang tomboy, pintar beladiri. Di What Happen ada Seo Wol yang selalu ceria, kakak sulung yang tak pantang menyerah dengan semua pekerjaan berat. Juga Seo Jung dan suster Oh di RDTK yang berhasil mengatasi trauma dan bekerja profesional :)

But it will take 2 years later it think

Selanjutnya: Looking Trough Kwon In Young Dramas

Artikel terkait

Comments