Teka-teki Suspicious Partner (Looking Through SWnim Previous Drama: I Remember You/Hello Monster)

Tentang sciptwriter lain: Kang Eun Kyung dan Teka-tekinya untuk Romantic Doctor Teacher Kim

Kenapa bandinginnya sama drama I Remember You/Hello Monster? Karena emang drama SWnim yang itu yang saya tonton dan kayaknya agak mirip dengan drama ini hehe. Dan pas banget kalau di drama sebelumnya yang main Seo In Guk, drama terbaru SWnim ini pun menggaet temen deketnya, Ji Chang Wook LOL. Direkomendasiin temen atau SWnim sendiri nih yang milih castnya :P

Oke. Lanjut. Perkenalkan dulu, SWnim Suspicious Partner ini adalah Kwon Ki Young. Seperti yang saya sebut di atas, sebelum drama Suspicious Partner tepatnya tahun 2015, SWnim punya drama berjudul I Remember You. Selain itu di tahun 2013, dan 2011 SWnim membuat All About My Romance dan Protect The Boss. Jadi kelihatan polanya ya? Tiap 2 tahun SWnim ini comeback ternyata. Jadi kalau Suspicious Partner bisa memuaskan penontonnya seperti dulu saat I Remember You tamat, SWnim akan ditunggu 2 tahun dari sekarang. Atau lebih cepat ^^”

Setahu saya sih, Cuma I Remember You yang unsur komedinya nggak ngocok banget. Drama itu lebih terkesan melo. Beda sama All About My Romance dan Protect The Boss yang lebih mirip Suspicious Partner mungkin (tentang komedi romantis yang bikin baper. Saya cuma lihat dari sinopsis singkat dan reaksi penontonnya. ...). Jadi jujur waktu nonton Suspicious Partner dan ketemu campuran misteri dan komedi-romantisnya SWnim, saya nggak bisa nggak inget sama karya-karyanya yang sudah-sudah, khususnya I Remember You/Hello Monster.


.Judul: Why Are Suspicious?
Saya tahunya drama ini punya judul Beware of This Woman sebelum berganti jadi Suspicious Partner. Waktu itu mbayanginnya karena karakter cewek akan sekuat Bong Soon yang digambarkan pemegang sabuk hitam taekwondo. Tapi setelah ditonton sampai episode 16 kemarin, sepertinya itu berhubungan dengan takdir ya. Diceritakan, Ji Wook kecil pernah dibilangin seorang biksu akan ada seorang perempuan yang membuat hidupnya kacau. Jadi Ji Wook harus hati-hati dengannya.

Trus kenapa harus diganti jadi Suspicious Partner? Kesannya kan jadi lebih dalem menurut saya. Bukan soal masa depan atau sekedar membuat kacau hidup Ji Wook, sepertinya partner ini juga punya rahasia masa lalu yang tidak Ji Wook ketahui. Aiiiiiiiiiiiih kecurigaan ini akan makin kelihatan kalau melihat aspek lain. Apalagi judul I Remember You dan Hello Monster beneran dapet maksudnya. Drama tersebut memang bercerita mengenai seseorang yang kembali mengingat orang di masa lalunya yang diumpamakan seorang monster...

.Amnesia, The Important Memory?
SWnim kembali mengangkat amnesia di cerita misterinya. Yang ini nih yang bikin gemes. Di I Remember You penonton soalnya tahunya cuma ada sekali amnesia, padahal kenyataannya 2. Jelas nggak nyangka makanya.

Nah, kalau di Suspicious Partner malah berasa nggak ada amnesianya. Padahal di premis cerita ada. Makanya udah siap sih kalau amnesia pelaku kali ini bakal ngagetin juga dan mungkin jadi rahasia penting drama Suspcious Partner seperti drama I Remember You. Hmmm meski nggak terlalu yakin karena bukan pemeran utama yang ngalamin ini.

.Stalking, Who Are You?
Di I Remember You, lead femalenya nguntit lead male karena dia penasaran mulai kecil. Di Supicious Partner begitu juga, tapi pas si cewek udah gede. Trus saya jadi penasaran karena Ji Wook bilang dia familiar sama Bong Hee kecil di foto. Apa waktu kecil Bong Hee dan Ji Wook juga pernah bertemu?

Eits! Di I remember You nggak Cuma ceweknya yang stalking. Ada pembunuh yang juga ngikutin perkembangan karakter utama lho. Dan meski nggak kelihatan siapa orangnya di awal-awal episode, berasa banget pokoknya kalau ada kebetulan yang terjadi berkali-kali.

Nah, di Suspicious Partner selain pembunuh, ada kepala jaksa sih yang kelihatan memata-matai. Dan dia tahu masa lalu Ji Wook. Jadi waktu dia ngeliatin Yoo Jung yang notabene temen kecil Ji Wook, auranya berasa serem. Ini Bapak siapa sebenernya???

.Penjara, The Real Story
Ayah Lead female I Remember You pernah jadi penjaga penjara yang dituduh membantu kabur narapidana pembunuhan. Kisah ketidakbersalahannya baru terungkap menjelang ending. Sementara ayah Bong Hee yang mungkin juga pernah dipenjara (sempat disebut tapi tidak jelas) sampai sekarang nggak pernah nongol di cerita nggak tahu kenapa. Ckckck terlalu banyak misteri dan nggak tahu akan diungkap atau nggak.

Jadinya saya hanya menerka ini itu. Membayangkan kalau Bong Hee nggak bisa menjatuhkan hukuman untuk seseorang layaknya jaksa, karena dulu ayahnya pernah dapat perlakuan serupa. Ini bisa jadi dorongannya menjadi pengacara sehingga seseorang yang dibelanya bisa dapat hukuman yang pantas sama seperti ayahnya. Bertolak belakang dengan Ji Wook yang ingin menjadi jaksa karena ayahnya dan dia sendiri kehilangan anggota keluarga karena penjahat. Jika mereka berdua memang pernah bertemu saat kecil, ada kemungkinan itu karena kasus kedua orang tua mereka yang berhubungan.

Sama seperti kisah lead character di I Remember You yang saling berhubungan. Mereka punya musuh yang sama.

Secara garis besar, Suspicious Partner sampai episode ke 16nya masih punya kepingan puzzle yang belum diperlihatkan. Saya sendiri nggak bisa ngelihat gambar atau cerita yang mau disampaikan SWnim di drama ini. Apa masa lalu ayah Ji Wook, ayah Bong Hee, kepala jaksa, Hyun Soo si pembunuh, CSI Chan Ho si asisten Hyun Soo? Bagaimana keterkaitan semuanya serta bagaimana jadinya hubungan persahabatan Yoo Jung-Ji Wook-Yoo Jung?

Yang jelas, kalau pakai formula misteri I Remember You. Lead male yang punya insomnia dan dibantu lead female di sampingnya memiliki kenangan buruk masa lalu yang jadi kunci drama. Orang tua lead male dan female dihubungkan oleh suatu kasus. Dan soal motif pembunuh masih ada kaitannya dengan trauma yang dialami sewaktu kecil. Gambaran sedikit, di I Remember You pembunuh alias musuh karakter utama membunuh seseorang itu karena sikap korbannya yang mengabaikan anak-anak. Dan petinggi yang mengetahui rahasia penting drama ini berakhir mati di tangannya. Woah. Langsung keinget kepala jaksa...

Selanjutnya: Sciptwriter Lee Kyung Hee

Comments