Introduction - Review Korean Drama Where Stars Land / Fox Bride Star Episode 1 dan 2

Previous: Back to Blog, Back to Kang Eun Kyung's Drama *contains development of casting and story/title changes, also teasers

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (ndyra.blogspot.com) Posts to other site. Take out infos and link with credit. You're a good person.

Originally posted on October 25th


Awalnya mau langsung bikin review episode terbaru. Tapi udah kalah cepet jadi biarlah hahaha. 

Oke, kita mulai dari deskripsi drama ini. Asianwiki menulis kalau drama Where Stars Land (English title) atau Fox Bride Star (여우각시별) bercerita tentang orang-orang yang rajin bekerja di Bandara International Incheon. Di sana ada seorang pegawai di departmen Pelayanan Penumpang bernama Lee Soo Yeon (Lee Je Hoon). Lee Soo Yeon lulus dari kampus bergengsi KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) dan bertekad untuk bisa beradaptasi bekerja di Incheon International Airport selama 6 bulan. Ia pria misterius yang suka menjaga jarak dengan orang-orang.

Tapi itu tidak lama. Soo Yeon kemudian bertemu dengan pegawai baru Han Yeo Reum (Chae Soo Bin) yang ingin jadi  perfeksionis. Han Yeo Reum.. wanita biasa yang diharapkan akan banyak belajar dari kesalahan-kesalahan yang sering ia lakukan. 

Deskripsi lain dari Forumsoompi yang menerjemahkan sbs Where Stars Land / Fox Bride Star main page:
Seorang pria yang hanya ingin menjalani hidup normal tapi tak pernah bisa.
Aku tak  ingin hidup yang biasa, namun  akulah wanita yang paling biasa saja.
Dua orang yang pernah bertemu sebelumnya ini bertemu kembali di bandara. Sebagaimana kita bertemu dengan kejadian yang paling hebat dan berhasil melewatinya, Inilah kisah mengenai penyembuhan luka satu sama lain dan penemuan cinta..
Tidak ada hidup yang luar biasa sejak awal. Hal-hal besar yang ada di tiap hari rutinitas kita itu datang  dari penemuan kemampuan diri dan kebahagiaan.
Orang-orang yang berkompetisi dengan orang lain dan memilih tidak menang atasnya, mereka yang mengenali perbedaan satu dan lainnya, serta saling melengkapi kekurangan masing-masing.. menghubungkan dunia, menghubungkan orang-orang. Dan akhirnya melalui cerita pilu dan mendebarkan, di momen paling indah dan cemerlang, Aku ingin mengatakan padamu inilah waktuku. 
Untuk pergi, kembali, bertemu, berpisah, menunggu, merindukan, mengulang.. Tempat di mana banyak perjalanan hidup kita dimulai.. Ya.. di Bandara Incheon.. 
Poster drama ini bertuliskan, 'Aku bertemu denganmu yang mengingatku..'

Hal yang sering terjadi. 'Ga nyangka ketemu lagi. Kamu inget aku kan?' Hihihi.. Dari kata sederhana ini saya udah suka dan kalau ga salah poster kedua (mereka hanya punya 2 poster utama) kalimatnya, 'Kau yang sedang berdiri di sana'.

Keduanya nyambung sekali dan familiar. Bertemu dengan mereka yang berjodoh di waktu dan tempat yang tidak bisa tertebak. Semua sungguh bukan kebetulan. Sama seperti di teasernya, ada alasan untuk itu.

Drama ini pasnya juga mengambil latar tempat bandara di mana banyak orang berlalu lalang, pergi dan datang, menjauh atau kembali, bertemu yang mereka kenal maupun tidak. Hihihi tidak ada yang tahu berapa banyak hubungan antar manusia yang bisa terjadi di sini. Entah hubungan pertemanan masa lalu atau pertemanan yang akan datang, keluarga lampau atau keluarga masa depan wkwkwk. Seperti miniaturnya dunia yang luas, bandara.. tempat yang sesuai untuk cerita ini. Maaf, saya ga bisa ga kagum sama idenya 😂 Di luar jangkauan.

Episode 1 pun bahkan memiliki judul: 'Akibat Angin Pasat'? Yang jelas menggambarkan kejadian yang sama sekali di luar kehendak kita. Hal yang bisa terjadi kapan saja, di mana saja, untuk siapa saja tak pandang bulu.

Saya suka bagaimana judul ini tertuang sebagai makna denotatif dan konotatif. Mereka menceritakan sedikit salah satu alasan delay keberangkatan pesawat. Juga bagaimana judul ini punya makna yang saya sebut sebelumnya. Kejadian tak terduga.

Review Where Stars Land / Fox Bride Star Episode 1 & 2

Pagi di hari pertamanya bekerja, Han Yeo Reum tergesa bangun setelah ditelepon temannya, Go Eun Seob (so sweet banget wkwkwk). Ia yang sudah diperingatkan untuk membawa payung karena diperkirakan akan datang hujan, malah lupa dan kehujanan, hingga berteduh di sebuah kafe. Kafe yang saat itu juga tempat seorang pria berteduh, menunggu taksi menjemputnya.

Akankah mereka berakhir berdiri bersebelahan saja di sana? Tidak. Satu keganjilan terjadi. Ketika sang pria berusaha mengeringkan percikan air, yang tak sengaja 'ditularkan' Han Yeo Reum (namanya ini juga berarti musim panas dalam bahasa Korea), kompas Han Yeo Reum yang terkalung di lehernya menempel di lengan bawah pria tersebut. Seperti magnet. Posisi mereka walhasil jadi aneh. Keduanya sama-sama heran. Apalagi saat Yeo Reum tak bisa menarik kembali kompas tersebut.

Sang pria, Lee Soo Yeon, lalu membantunya dan berlalu. Taksi yang ia pesan telah datang. Hahaha timingnya.. Namanya juga drama.

Begitulah. Siapa sangka keduanya akan menjadi teman kerja satu kantor! Wkwkwkwk. Pertemuan pertama yang mengesankan. Mmm atau ini bukan pertemuan pertama mereka?

*bintang.. kompas.. magnet.. bandara.. arah..
Ada waktu-waktu di mana aku tersesat. Di dunia ini jika kau tersesat, kau akan lebih tertinggal. Karena itu aku berlari sekarang agar tak tersesat.. Atau lebih tepatnya agar tak ada yang mengenaliku sebagai orang hilang -Yeo Reum
Semua saling berhubungan 👏 plus lagu OST (terbaru) Gravity of Love. Gaya tarik menarik.. (OST pertama sudah bicara soal 'it's you. Seperti pertemuan cinta yang telah ditentukan) 

Han Yeo Reum yang menaiki bus menuju bandara setelahnya tetap terlambat dan menambah kesan buruk di hadapan atasannya. Ia pernah cukup sering berkata dan berlaku kasar pada beberapa penumpang saat bekerja di departemennya yang dulu. Lalu kali ini ia terlambat di hari pertama bekerja pula..

Han Yeo Reum diketahui memiliki keinginan kuat untuk bekerja di bandara  Incheon. Ia sudah mencoba 3 kali dan ketika wawancara terakhir ia bahkan sempat mengalami kecelakan dan pingsan di tempat. Woa..

Sayangnya di hari pertamanya, ia mendapatkan tugas yang lumayan, menenangkan penumpang yang mengacau di lokasi pengecekan tiket mandiri. Ugh! Menyebalkan. Penumpang tersebut sampai menjatuhkan 3 mesin dengan semena-mena meski sudah coba ia tenangkan. Untunglah ketika penumpang pria ini hendak menamparnya setelah terprovokasi kalimat mau-mengumpat Yeo Reum, Soo Yeon yang ditugaskan mengawasi Yeo Reum, sigap menahan tangan beliau itu. Soo Yeon juga memperingatkan soal sanksi yang akan didapat si penumpang yang telah berbuat onar dan merusak fasilitas bandara. K-O.

Btw ada yang mengkritisi adegan ini, petugas keamanannya tidak cepat datang. Hehe. Lanjut ke review ya. Kebablas karena perkenalan nih,

Ya.. Drama ini dari awal sudah mengundang kritik. Termasuk bagaimana bisa ada seorang skizofrenia liburan sendirian tanpa pendamping. Beberapa juga berkomentar langsung di board sbs (CMIIW ini saya dapat dari terjemahan kasar google. Please yang bisa bahasa korea meluruskan), mereka jadi lebih tak enak karena drama Where Stars Land menceritakan penderita gangguan mental dengan image kasar, memukul orang yang tak bersalah. Menanggapi ini SBS pada tanggal 12 kemarin, menyatakan permintaan maaf pada media. Mereka juga menyebutkan kalau sebelumnya memang ada kisah nyata seorang pembunuh yang tidak meminum obatnya dan pergi ke luar negeri. Namun mereka tidak ingin mengadaptasi langsung cerita ini (dan memilih sedikit mengubahnya menjadi kasus skizofrenia) agar tidak menimbulkan ketakutan masyarakat. Mereka tak lupa berusaha untuk menemui kelompok skizofrenia (untuk bisa menampilkan kisah yang sesungguhnya). Credit to @idk_anymore11 twitter yang telah membantu menerjemahkan sepenggal paragraf dari Media Today. Love.

Saya jadi lebih positif terhadap drama ini di tengah-tengah kritik orang-orang mengenai ketidak-realitasan cerita, ketidakmampuan penulis meneliti profesi dan situasi. Mereka bisa memberikan alasan atas apa yang mereka lakukan (ceritakan di drama).

Credit: SBS

Di samping itu saya suka drama ini memiliki pengambilan gambar, sinematografi dan musik latar plus OST (Chunghaaaaaaaaa, O.Wheeeeeeeeeen) yang cantik. Ditambah opening yang tidak disangka galaxy Denali hihihi (check this out: https://youtu.be/CEpqBP02A9Y) Betah nontonnya. Apalagi akting mereka juga 👍 (Kim Won Hae ahjussiiiiii) semua cocok dengan peran masing-masing. Sehingga masih terasa nyata buat saya pekerjaan yang mereka lakukan. Tak lupa ♥ buat profesi baru yang diangkat ini. Mereka syuting di tempat yang sesungguhnya, bandara Incheon. (Presscon juga dilaksanakan di sana dan pertama kalinya saya dengar ostnya juga dari sana wkwk) 

Saya personal sih sangat relate dengan karakter Yeo Reum yang clumsy dan sering tersesat (bukan yang tanya sama atasannya kenapa dia dimentori oleh newbie). Makin terharu ketika mereka mengungkapkan sedikit alasannya di episode terbaru. Huhu.. Bener banget itu saya 😭

Oh ya, dari awal mereka sudah menyebut soal disabilitas. Meski tak gamblang antara disabilitas sosial atau fisik. Kekuatan tak biasa Lee Soo Yeon juga bukan mistis seperti yang ditebak beberapa penonton yang melihat judulnya, Fox Bride Star. Lee Soo Yeon memperlihatkan kartu yang menjelaskan kenapa tangan kanannya berbunyi saat dideteksi metal detektor.

Update
Credit to tvreport (October 27th). Kejadian yang terjadi di episode ini seperti perusakan fasilitas dan seorang yang melapor kehilangan anak berusia 31 tahun, pernah terjadi. Bahkan mereka menggunakan mesin cek tiket mandiri yang memang rusak sebagai properti dalam adegan ini.

Sumber:
Asianwiki, Forumsoompi Where Stars Land

Next: Today's Where Stars Land News - New OSTs

0 Response to "Introduction - Review Korean Drama Where Stars Land / Fox Bride Star Episode 1 dan 2"

Post a Comment

I talked about my thought the most because I dont know the others mind^^ You can share your own here.

thank you very much for your comment. :)
Hope you can come back!!!

*Pssssst I'd like you to join my little survey here, wanna know from what fanbase you come.. so "who's your favorite actor/es from this drama?"