Review Korean Drama Just Between Lovers/Rain Or Shine Episode 1

Not allowed to copy and repost these Little Thing's (nydra.blogspot.com) to other site



Credit: jtbc

Jadi drama ini tuh durasinya 64 menitan untuk episode 1 dan 2. Vesi viki katanya dipotong sampai 65 menitan saja. Walhasil, sub yang beredar untuk viki ya tak bisa merangkum full satu video. RuoXi, salah satu english uploader subber (dan dia juga ngasih tahu tempat download viki) berkata sudah mencoba untuk menerjemahkan beberapa tapi tidak semua. Saya belum tahu siapa yang dengan senang hati menerjemahkannya😎.

Drama ini sedikit banyak mengingatkan saya dengan drama Lee Kyung Hee SWnim, Will It Snow for Christmas. Drama di mana sang Ibu kehilangan salah satu anak kesayangannya, meski anak yang lain berada di tempat yang sama waktu kejadian, dan anaknya yang lain itu jadi mengalami kesedihan tersendiri. Sang Ibu mengalami suatu trauma bertahun-tahun yang juga berpengaruh pada anaknya yang lain. Berat. Hahahahaha. Buat saya ini jelas bikin emosi. Makanya nggak perlu panjang-panjang reviewnya. Lebih banyak nanyanya wkwk.
Itu kesalahan orang tua jika anaknya pergi duluan. Jika aku hidup dengan baik, mereka akan berkata aku hidup dengan baik... Jika aku menghancurkan diriku mereka akan berkata aku tidak bisa sadar bahkan setelah membiarkan anakku pergi. Jika aku tertawa atau menangis, mereka akan menunjukku (rasanya tak ada apapun hal benar yang ia lakukan sepeninggal putrinya bagi orang-orang). Karena itu, meski aku minum-minum dan mengamuk...jangan terlalu membenciku.
Kalau OST drama ini seperti OST drama Memory. Halus tapi ngena haha. Cast Memory juga pas reunian dengan drama ini, Nam Da Reum cameo episode 1 dan 2, Lee Ki Woo, dan Junho. BGM juga feelnya seperti Nice Guy. PDnim sama sih ya. Joong Ki sampai ngirim food truck ke lokasi.

Seorang Moon Soo remaja sebelum kejadian mengaku ingin bertemu seseorang. Entah siapa. Apakah Joo Won atau orang lain saya tidak tahu hehe. Bagian Moon Soo, Yun Soo, dan ibunya turun dari taksi tidak ada terjemahnya, berarti bagian ini tercut. Moon Soo lalu sempat mengancam adiknya itu untuk tak mengikutinya. Ia berkata, Yun Soo akan mati kalau mengikutinya. Padahal singkat cerita Yun Soo mati meski tanpa mengikutinya. Stylenya Lee Kyung Hee Swnim juga yang beginian. Agak ngeri (halmeoni mengatakan hati-hati dengan obatnya, minum sedikit saja kalau tak mau livermu sakit. Haha belum-belum firasat jelek duluan. Kang Doo selalu mimpi buruk hingga ia sering meminta obat tidur kayaknya) 😁 Eh, ini versi mimpi sih. Bisa jadi PDnim punya versi flashbacknya yang beneran mengingat katanya itgirl forumsoompi bisa jadi Moon Soo kehilangan ingatannya. Kang Doo sempat menanyakan ini pada halmeoni tapi kata halmeoni tak perlu diingatkan.

Btw mall tempat Moon Soo dan Yoon Soo berada saat itu baru grand opening (ayah Kang Doo juga diperlihatkan masih punya pekerjaan pula di daerah itu. Ngelas...). Kenapa Moon Soo tetap mengipas-ngipas meski sudah berada dalam mall. Apakah tak ada ACnya?

Oh ya, kedai es krim tempat Moon Soo bercermin (cerminnya satu arah, hanya Kang Doo di dalam kedai yang bisa melihat ke luar) bernama Rainy Shine. Hihi sesuai judul internasional drama ini: Rain or Shine. Sebelum kaca etalase es krim dipukul oleh Kang Doo, sebenarnya Moon Soo sudah merasakan angin aneh (apakah ini angin yang dimaksud di poster dramanya?). Ia melihat sekitar namun tak menemukan hal janggal. Moon Soo kemudian terkejut dengan kaca yang bergetar dipukul Kang Doo (SPOILER. bagian ini di episode 1 belum diceritain sebenernya. Adegannya terasa sekali terpotong. Ternyata memang ada yang miss dan baru ditampilin di episode 2). Permainan yang tak lucu tentunya karena setelah itu, seluruh mall benar-benar terguncang hebat. Kaca itu pecah berkeping-keping dan membuat Moon Soo dan Kang Doo dapat saling melihat.

Adegan beralih ke tempat sauna yang dijalankan ibu Moon Soo. Saya baru ini nonton drama yang settingnya pekerja sauna 😊 Mengisi bak mandi, mengepel lantai kayu, menyikat lantai kamar mandi melipat handuk, merapikan botol minuman... Saya suka bagian cover pic untuk drama ini di tiap episodenya. Itu yang ditampilin kredit tim produksi bukan? Episode 1 kali ini memperlihatkan sisa-sisa bangunan yang telah runtuh. Apik.

Bentar...bentar...jangan bilang ini terinspirasi kisah nyata bangunan runtuh di Korsel?

Dua belas tahun berlalu, Kang Doo sudah tampak sangat berbeda buat saya. Ia yang terlihat pendiam saat kecil, seperti jadi orang yang lantang ketika dewasa. Mirip berandal, tapi tidak terlalu kasar dan masih dalam kategori baik. Apakah akan ada flashbacknya? Setidaknya deskripsi karakter menceritakan banyak tentang kejadian setelah kecelakaan itu.

Sementara Moon Soo yang agak cerewet saat remaja malah terkesan lebih kalem dewasanya. Ia menjadi seorang arsitek huhuuuuuuu. Karena kejadian itu? TT.TT Won Jin Ah ini selain mirip Soo Ae, mirip juga sama Ji Se Yeon ya kalau dilihat dari samping?

Bagian kedua yang dicut kayaknya bagian Kang Doo dan ‘adik laki-laki’ berjalan melewati lokasi prostitusi? Nggak ada sub juga bagian ini.

Saya sempat baca sinop sebelum nonton dan saya nggak ngerti bagian Kang Doo yang mendatangi CEO perusahaan hanya untuk memeras (?) uang, beralasan mereka (salah satu pria yang bekerja di peusahaannya) memukuli adiknya. Setelah saya tonton, saya mulai paham kalau itu memang pekerjaan Kang Doo sepertinya. Adik perempuan yang luka-luka dan ia akui itu kayaknya merupakan salah pekerja untuk klub. Kang Doo memenuhi permintaan klub untuk meminta ganti rugi ke mereka dengan mengatakan ia adalah kakaknya. Ini nyambung ke adegan di mana CEO berkata balik ke Kang Doo, kalau Kang Doo tuh dibayar untuk membantu para pekerja klub. Termasuk melakukan apapun yang disuruh pelanggan klub. Ckck.
Orang bilang, anak itu hanya mewariskan rupa, bukan pemikiran. Aku tidak bisa membaca pikiranmu.
Karena itu eomma...bicara dari hati ke hati tetap perlu...Sudah berapa lama, eomma seperti ini pada Moon Soo?
Melihat dari ketinggian seperti ini. Tidakkah orang-orang terlihat seperti orang bagimu?
Aiiiiiiiiiih...bener...Mereka terlihat lebih kecil. Perumpamaan yang bagus^^

O.ow. Bagian Moon Soo bercakap-cakap pertama kali dengan salah satu bawahan Joo Won untuk project Bio Town juga nggak ada subnya. -.-

Hehe, saya kebanyakan mikir kalau nonton drama ini. Istilah arsitektur...blueprintnya...dan kecepatan berpikirnya. LOL. Bener juga ya, bagaimana Kang Doo penampilan berandal begitu bisa masuk kantor CEO kalau nggak ngaku orang lain yang ingin diemui direktur. Ini drama punya  dialog-dialog mikir kayak gini atau masih ada yang belum ditampilin sih adegannya?

Beneran nggak habis pikir pula Moon Soo (dan Kang Doo? Ia bilang juga nggak suka tempat pengap tanpa jendela. Ia pun bertemu Moon Soo di tangga darurat dan penonton hanya diperlihatkan ia yang menekuk lutut serta jemari kakinya setelah keluar dari gedung) naik tangga sampai lantai 16 karena nggak nyaman dengan lift karena terganggu (seakan sesak?) tak bisa melhat keluar. Ngeliatnya aja rasanya mau nangis...udah nggak berasa mungkin kakinya saat sampai di tempat Joo Won. OST di sini bagus. Bahasa Inggris? Kayak lagi nonton film luar yang melo.

Mmmm, skinship drama ini lumayan mainstream. Pelukan karena si wanita mau jatuh dari tangga, si cowok megang tangan cewek yang mau memegang wajahnya...

Satu lagi yang bikin penasaran sebenarnya adalah Kang Doo yang seperti bisa memprediksi hujan. Padahal cuaca sangat cerah, tapi ia sengaja membeli payung karena selanjutnya memang turun hujan. Rain or Shine sepertinya bukan sekedar judul... Efek mantan pemain bola? Anak teknisi? Ngaco.

Ah...yang membuat Joo Won punya kebiasaan meminta maaf ternyata memang masalah rubuhnya mall itu. Keluarganya Yoon Ji dan ia punya hubungan kerja di masa lalu hingga sekarang. Katanya kakaknya Yoon Ji, ayah Joo Won yang berbuat salah dan ayahnya yang harus ‘membersihkan’ masalahnya. Ayah Joo Won sudah meninggal (bunuh diri -itgirl forumsoompi. Awwwww saya ngeliat dia di thread apa ya dulu. Informatif banget. Lupa antara rdtk atau aohy) dan entah bagaimana ibu Joo Won menjadi istri kedua ayah Yoon Ji (sekaligus merawatnya yang sudah tua) sehingga Joo Won dibiayai segala macemnya sampai bisa sukses seperti sekarang. CMIIW.

LOL. Saya habis lihat ada gantungan baju di salah satu kamar klub.

Saya kira Moon Soo udah nggak punya Ayah, ngeliat relationship chartnya, tapi ternyata ia sempat punya dan kedua ortunya mau cerai.

Zaman sekarang, orang-orang jahat hidup dengan nyaman. Apa-apaan ini?

Motel tempat Kang Doo tinggal bernama Milky Way (eunhayu). SWnim menyiratkan apa?

Adegan terakhir yang tak disub adalah ketika Kang Doo berjalan menuju lokasi Bio Town. Ia ingin melamar pekerjaan. Dan bagian rapat Moon Soo pertama kali.

Drama ini adalah drama pertama JTBC yang tayang di slot Senin-Selasa. Rating episode 1 lebih tinggi dibanding episode 2 menandakan adanya penurunan jumlah penonton. Karena alur yang agak lambat? Sayang...padahal saya suka castnya. Termasuk pemeran bos klubnya. Udah terkesan sejak dulu ngeliat dia di Kang Chi the Begining. Elegan.

Selanjutnya: Just Between Lovers Episode 2 +spoiler from highlight teaser 

Artikel terkait

Comments